Internet

Hardiknas, Ini Deretan Kisah Guru yang Sempat Viral di Media Sosial

Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi guru. (Pixabay/sasint)
Ilustrasi guru. (Pixabay/sasint)

Hitekno.com - Setiap tanggal 2 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Biasanya, Hardiknas dirayakan sambil mengingat jasa para guru. Sedikit throwback, berikut tim HiTekno rangkum deretan kisah guru yang sempat viral di media sosial.

Berbicara mengenai guru tentu tidak terlepas dari jasanya yang luar biasa dalam dunia pendidikan maupun di luar dunia pendidikan.

Sayangnya, kisah yang viral di media sosial mengenai para pahlawan tanpa tanda jasa ini tidak selamanya menyenangkan. Beberapa kasus yang melukai banyak hati juga pernah terjadi dan menimpa para guru ini.

Spesial untuk memperingati Hardiknas, dirangkum dari berbagai sumber, ini deretan kisah guru yang sempat viral di media sosial.

1. Guru jatuh cinta dengan murid

Muhammad Shamsul Bahari dan Intan Syazwani Mohd Hairizan. (Twitter/@shamsulbahari86)
Muhammad Shamsul Bahari dan Intan Syazwani Mohd Hairizan. (Twitter/@shamsulbahari86)

 

Bulan Agustus 2018 lalu, netizen dibuat heboh dengan kisah seorang guru asal Malaysia yang jatuh cinta dengan muridnya.

Bertemu sebagai guru dan murid di lembaga bimbingan belajar. Guru laki-laki bernama Muhammad Shamsul Bahari ini menjadi pengajar privat untuk Intan Syazwani Mohd Hairizan.

Setelah sempat terpisah, keduanya kembali dipertemukan melalui akun Instagram. Sepakat menjalani hubungan serius, keduanya lalu memutuskan untuk menikah pada 18 Agustus 2018 lalu. So sweet nggak?

2. Demi murid, guru rela renang sebrangi laut ke sekolah

Seorang guru rela berenang di lautan demi mengajar. (facebook/Kita Bisa)
Seorang guru rela berenang di lautan demi mengajar. (facebook/Kita Bisa)

 

Kisah guru yang viral lainnya datang dari seorang guru di Nusa Tenggara Timur. Demi bertemu dengan para murid di sekolah, guru ini rela bertaruh nyawa melawan arus laut dan derasnya ombak.

Hal ini karena minimnya sarana transportasi dan kondisi ekonomi yang ada di daerah tersebut. Menjadi viral di media sosial, kisah ini menyentuh banyak hati.

Beberapa netizen ramai-ramai mencoba melakukan donasi untuk membantu guru yang bertaruh nyawa demi mengajar di sekolah ini.

3. Sakit diabetes, guru ini tetap prioritaskan muridnya

Seorang guru yang tetap memprioritaskan muridnya. (twitter/nisxwxexrsi)
Seorang guru yang tetap memprioritaskan muridnya. (twitter/nisxwxexrsi)

 

Seorang guru asal Perak, Malaysia juga memberikan kisah viral di media sosial pada April 2019 lalu. Divonis sakit diabetes, guru ini tetap memprioritaskan muridnya.

Sedang dirawat di rumah sakit, guru ini terlihat masih semangat menandai kertas ujian milik muridnya. Komitmen tegas guru ini membuat siapa saja terharu dan salut dengan perjuangannya.

4. Menghibur para murid, guru kolaborasi goyang India bareng polisi

Polisi dan guru goyang India. (twitter/MurtadhaOne)
Polisi dan guru goyang India. (twitter/MurtadhaOne)

 

Dari awal tahun 2019, aksi seorang guru dan polisi yang asyik goyang India sukses menghibur para murid. Video keduanya lalu curi perhatian hingga menjadi viral di Twitter.

Dengan lantunan lagu Bole Chudiyan yang menjadi soundtrack film India, Kabhi Khushi Kabhie Gham, seorang polisi dan guru ini dengan sangat lentur menari bak aktor dan aktris di film India. Gemes banget nggak?

5. Sabar meski dilecehkan murid, guru ini dihadiahi umroh

Ilustrasi guru sedang mengajar. (Foto: Antara/Noveradika)
Ilustrasi guru sedang mengajar. (Foto: Antara/Noveradika)

 

Pada Februari 2019 lalu, sebuah video viral di Gresik yang menunjukan seorang murid SMP swasta yang menantang gurunya berkelahi sukses membuat siapa saja geram.

Walaupun dilecehkan oleh muridnya, guru bernama Nur Khalim ini tetap sabar dan tenang bahkan memaafkan tindakan muridnya tersebut.

Berkat kesabarannya tersebut, Nur Khalim mendapat hadiah umroh dari salah satu perusahaan. Bahkan Hotman Paris Hutapea juga turut berniat memberikan hadiah untuk guru super sabar ini.

Itu tadi deretan kisah guru yang sempat viral di media sosial. Semoga perayaan Hardiknas kali ini membuat banyak guru lebih dihargai sebagai pahlawan tanpa tanda jasa ya.

Berita Terkait