Internet

Ini Alasan Grab Luncurkan Thinkubator Startup Competition di Indonesia

Untuk membuka Thinkubator Startup Competition ini, Grab menggandeng 5 kementrian dan badan pemerintahan.

Agung Pratnyawan

Jogja Grab Fest 2019. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)
Jogja Grab Fest 2019. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Hitekno.com - Grab telah meluncurkan Thinkubator Startup Competition di Jakarta hari ini, Kamis (28/3/2019). Untuk apa Grab membukanya di Indonesia?

Ternyatanya, alasan Grab adalah mencari startup decacorn di Indonesia. Untuk itu, Grab membuka Thinkubator Startup Competition.

Bekerjasama dengan lima kementerian dan badan pemerintahan (Kemenko Kemaritiman, Kepala Staf Presiden, Kominfo, BKPM, dan Bekraf), Indonesia menjadi negara pertama yang menyelenggarakan Thinkubator.

''Ini sangat spesial, karena Indonesia menjadi negara pertama yang menggelar Thinkubator. Nantinya, program ini akan dibawa ke negara-negara lainnya di kawasan ASEAN (Association of The South East Asia Nations),'' kata President Director of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.

Di luar dugaan, antusiasme masyarakat Indonesia untuk program tadi terbilang cukup besar. Grab mencatat, setidaknya ada 1.165 startup yang terdaftar di kompetisi ini. 

Lomba klasik 17 Agustusan balap karung bersama Grab. Sebagai ilustrasi [Dok. Grab].
Lomba klasik 17 Agustusan balap karung bersama Grab. Sebagai ilustrasi [Dok. Grab].

Dari ribuan peserta tadi, hanya 150 startup yang lolos ke babak berikutnya, dan 6 di antaranya akan masuk ke fase final.

Nantinya, pemenang dalam kompetisi ini berhak menerima investasi dari Grab dengan jumlah yang masih dirahasiakan.

''Jadi pemenang akan menerima funding dari kita. Jumlahnya rahasia. Yang jelas, kami berharap bisa menemukan startup Indonesia selanjutnya yang akan menyandang status decacorn,'' tutup Ridzki Kramadibrata.

Bisakah Grab menemukan startup decacorn di Indonesia dari Thinkubator Startup Competition ini? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait