Ramai KRL Anjlok, Lakukan Cara Ini Untuk Selamatkan Diri

Belajar dari musibah KRL 1722 yang anjlok, lakukan cara penyelamatan diri ini.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Senin, 11 Maret 2019 | 20:15 WIB
KRL anjlok di daerah Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/3/2019). (Suara.com/Rambiga)

KRL anjlok di daerah Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/3/2019). (Suara.com/Rambiga)

Hitekno.com - KRL 1722 tujuan Jakarta - Bogor pada Minggu (10/3/2019) tiba-tiba anjlok sekitar pukul 10.15 WIB. Dilansir dari Suara.com, sedikitnya ada 17 penumpang yang menjadi korban KRL anjlok ini. Sadar betul dengan bahayanya musibah ini, netizen dengan akun @_giiita mencoba membagikan cara selamatkan diri saat sedang berada di KRL.

Mengenai KRL anjlok ini, menurut kesaksian warga sekitar, dari kejauhan KRL terlihat oleng dan tiba-tiba keluar dari jalur dan menabrak tiga tiang listrik yang ada di dekat perlintasan.

Usai dilakukan evakuasi, para korban KRL anjlok ini berada dalam kondisi luka-luka dan langsung ditangani oleh pihak RS Salak, Bogor.

Baca Juga: Oppo Reno, Sub-brand Baru Setelah Realme

Untuk menghindari kejadian serupa, netizen dengan akun @_giiita ini mencoba memberikan pemahaman bagi netizen mengenai cara selamatkan diri saat sedang berada di KRL.

KRL 1722 yang anjlok. (Suara.com/Muhammad Yasir)
Proses evakuasi tiga gerbong kereta KA 1722 yang anjlok di Kebon Pedes, Kota Bogor.. (Suara.com/Muhammad Yasir)

''A Thread. Transportasi KRL Commuter Line. Banyak pengguna KRL tak tahu cara selamatkan diri saat darurat. Sekedar berbagi informasi. Semoga bermanfaat..'' tulis cuitan @_giiita.

Menurut netizen ini, kamu tidak perlu panik saat tidak menemukan palu pemecah kaca dalam situasi darurat yang biasanya terpasang di jendela KRL.

Baca Juga: Vivo X27 Pro akan Membawa Pop-up Selfie Jumbo, Ini Harga dan Kameranya

Pasalnya, rangkaian KRL di Jabodetabek saat ini sudah dilengkapi dengan alat keselamatan darurat yang lebih canggih.

KRL di Jabodetabek rata-rata merupakan produk yang diimpor dari Jepang. Sehingga standar keselamatan yang digunakan pun berstandar Jepang yang tentunya sudah lebih canggih dan diperhitungkan dengan matang.

Cara penyelamatan diri saat KRL anjlok. (twitter/_giiita)
Cara penyelamatan diri saat KRL anjlok. (twitter/_giiita)

Produsen Jepang menganggap bahwa penggunaan palu pemecah kaca dirasa lebih merugikan penggunanya, karena perlu menghabiskan banyak tenaga dan waktu.

Baca Juga: Mengenal Awan Lenticular yang Mirip UFO di Puncak Gunung Lawu

Karena itu, para produsen Jepang menciptakan katup pintu darurat yang penggunaannya hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik tanpa membutuhkan tenaga yang besar.

Katup pintu darurat ini biasanya ada 6 yang masing-masing terdiri dari 1 katup pintu sentral, dan 4 katup pintu individu, dan 1 katup sentral yang diletakkan di luar gerbong kereta.

Mengenai letaknya, netizen ini menjelaskan bahwa setiap kereta memiliki letak yang berbeda-beda. Namun, kamu bisa menemukannya di bagian bawah kursi KRL untuk katup pintu individu.

Baca Juga: Ini Harga iPhone 8 Plus, Apa Bedanya dengan iPhone 8 Biasa?

Sedangkan katup pintu sentral terletak di dinding atau sambungan antara gerbong kereta. Warna alat ini biasanya adalah merah.

Cara penyelamatan diri saat KRL anjlok. (twitter/_giiita)
Cara penyelamatan diri saat KRL anjlok. (twitter/_giiita)

Untuk katup pintu sentral berfungsi untuk membuang angin yang menekan seluruh pintu dalam 1 gerbong. Sedangkan katup pintu individu digunakan untuk membuang angin yang menekan 1 pintu saja.

Cara penggunaannya benar sangat mudah. Netizen ini menyarankan pengguna KRL untuk selalu mengamati letak katup pintu darurat sesaat setelah masuk ke KRL.

Sesaat setelah terjadi kecelakaan, kamu perlu membuka penutup katup tersebut dengan cara didorong, ditarik, atau melakukan gerakan kombinasi putar dan tarik. Hal ini tergantung pada jenis penutup katup.

Cara penyelamatan diri saat KRL anjlok. (twitter/_giiita)
Cara penyelamatan diri saat KRL anjlok. (twitter/_giiita)

Usai membuka katup, kamu akan mendengarkan suara angin yang terlepas pertanda pintu KRL dapat dibuka dengan manual. Yang perlu kamu lakukan kemudian adalah membuka pintu dan berlari keluar.

Netizen ini sangat tidak menyarankan metode penyelamatan diri melalui jendela. Pasalnya, kamu mungkin akan mengalami luka-luka karena harus melompat keluar dari KRL.

Gimana, cukup bermanfaat kan thread cara penyelamatan diri saat KRL anjlok ini?

Seolah setuju dengan manfaat thread ini, cuitan mengenai cara menyelamatkan diri saat KRL anjlok ini sudah mendapat 13.231 retweets dan 79 balasan dari netizen.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak