Internet

Balada Pulpen yang Dipakai Jokowi saat Debat, Ini Hasil Kepo Warganet

Ketika pulpen menjadi kambing hitam dalam debat Pilpresn 2019 pada Minggu malam.

Rendy Adrikni Sadikin

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi memberi semangat kepada ribuan pengusaha Semarang. (Suara.com/Adam Iyasa)
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi memberi semangat kepada ribuan pengusaha Semarang. (Suara.com/Adam Iyasa)

Hitekno.com - Earpiece dan pulpen canggih tengah menjadi kambing hitam publik setelah debat Pemilihan Presiden, Minggu (18/2/2019) malam kemarin.

Ya, sebelumnya Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menuding calon presiden nomor 1 mengenakan alat earpiece.

Nggak cuma itu, gerak-gerik Jokowi juga mengusik BPN Prabowo - Sandiaga. Jokowi dinilai kerap memencet pulpen yang dia pegang dan memegang telinga.

Juru Bicara BPN Prabowo - Sandiaga, Andre Rosiade meminta kepada Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi - Maruf Amin, untuk segera klarifikasi soal isu penggunaan earpiece saat menjalankan debat kedua. Pasalnya dirinya tidak menginginkan isu tersebut malah menjadi fitnah untuk Jokowi.

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan seusai mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan seusai mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

 

Andre memahami ada isu yang beredar di media sosial soal gerak-gerik Jokowi seolah-olah sedang mendengarkan bocoran menggunakan wireless earphone dan pulpen sebagai pengendali. Di dalam media sosial beredar sebuah foto Jokowi pada saat debat menekan salah satu telinganya kemudian foto dirinya saat memegang pulpen pun beredar di media sosial.

"Kami membaca dan mengikuti viral di medsos ada tuduhan kepada Pak Jokowi menggunakan semacam pulpen yang dipencet-pencet, padahal nggak ada kertas. Terus ada foto Pak Jokowi memencet-mencet kupingnya. Jadi seolah Pak Jokowi pakai earphone. Kayak pakai alat two way talking," kata Andre, Senin siang.

Bantahan Jokowi

Menanggapi isu pulpen dan earpiece itu, Jokowi membantah. Orang nomor satu di Indonesia tersebut merasa difitnah. Jokowi lalu menunjukkan pulpen yang dimaksud. Pun Jokowi meminta publik tidak menyebarkan isu yang berbuntut fitnah.

"Ada-ada saja. Itu fitnah. Fitnah seperti itu jangan diterusin-terusin. Ini pulpennya. Ya cek aja. Jadi nggak usah buat isu-isu yang fitnah begitulah," kata Jokowi saat kunjungan kerja ke Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019).

Warganet kepo

Semua berawal dari screenshot rekaman Jokowi ketika memegang telinga dan menekan pulpen yang dipegangnya. Screenshot ini sebar oleh pengguna akun jejaring sosial Twitter, @RajaPurwa.

Captionnya pun bernada provokatif. "Yuhuuuuu canggih bener om ntu gacoannya. Ahhhh Maluakutu," tulis akun Twitter @RajaPurwa.

Ada pula screenshot lain yang disebar oleh pengguna akun Twitter @Stakof. Dalam screenshot itu, terlihat postingan di grup aplikasi pesan singkat WhatsApp. Postingan itu menuding bahwa Jokowi mengenakan wireless earpiece dan pulpen sebagai alat komunikasi saat debat.

Untuk membuktikannya, ada akun bernama @PulpenJokowi yang memburu pulpen tersebut hingga ke sebuah toko buku dan alat tulis kantor terkenal di Indonesia. Akun tersebut juga akhirnya mendapatkan pulpen yang diduga persis dengan yang dimiliki Jokowi. Dia pun menyebut nama pulpen tersebut.

"Iniloh Pulpen Pakde @jokowi Merk Zebra F-301 Compact. Ada kok di @gramediadotcom .. Ga mahal kok," tulis akun @PulpenJokowi sambil menunjukkan foto pulpen tersebut. Di pulpen tersebut, tertera pula harganya: Rp 29 ribu.

Pulpen yang diduga dipakai Jokowi. [Twitter]
Pulpen yang diduga dipakai Jokowi. [Twitter]

 

Selanjutnya, akun tersebut terus mengunggah foto dan cuitan terkait pulpen tersebut, mulai dari sindiran hingga candaan.

"Inilah aku. Pulpen yang selalu menemani pakde. Itu telapak tangan Pakde @jokowi," tulisnya me-mention akun Twitter milik Jokowi.

Akun itu juga melontarkan kutipan terkenal dari film Dilan 1990 yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanessha Prescilla.

"Jadi pulpen pakde @jokowi itu berat. Biar saya saja," tulis akun @PulpenJokowi sambil mengunggah foto dengan doodle tulisan serupa.

Berita Terkait