Balada Pulpen yang Dipakai Jokowi saat Debat, Ini Hasil Kepo Warganet

Ketika pulpen menjadi kambing hitam dalam debat Pilpresn 2019 pada Minggu malam.

Rendy Adrikni Sadikin
Senin, 18 Februari 2019 | 18:19 WIB
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi memberi semangat kepada ribuan pengusaha Semarang. (Suara.com/Adam Iyasa)

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi memberi semangat kepada ribuan pengusaha Semarang. (Suara.com/Adam Iyasa)

Hitekno.com - Earpiece dan pulpen canggih tengah menjadi kambing hitam publik setelah debat Pemilihan Presiden, Minggu (18/2/2019) malam kemarin.

Ya, sebelumnya Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menuding calon presiden nomor 1 mengenakan alat earpiece.

Nggak cuma itu, gerak-gerik Jokowi juga mengusik BPN Prabowo - Sandiaga. Jokowi dinilai kerap memencet pulpen yang dia pegang dan memegang telinga.

Juru Bicara BPN Prabowo - Sandiaga, Andre Rosiade meminta kepada Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi - Maruf Amin, untuk segera klarifikasi soal isu penggunaan earpiece saat menjalankan debat kedua. Pasalnya dirinya tidak menginginkan isu tersebut malah menjadi fitnah untuk Jokowi.

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan seusai mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan seusai mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Andre memahami ada isu yang beredar di media sosial soal gerak-gerik Jokowi seolah-olah sedang mendengarkan bocoran menggunakan wireless earphone dan pulpen sebagai pengendali. Di dalam media sosial beredar sebuah foto Jokowi pada saat debat menekan salah satu telinganya kemudian foto dirinya saat memegang pulpen pun beredar di media sosial.

"Kami membaca dan mengikuti viral di medsos ada tuduhan kepada Pak Jokowi menggunakan semacam pulpen yang dipencet-pencet, padahal nggak ada kertas. Terus ada foto Pak Jokowi memencet-mencet kupingnya. Jadi seolah Pak Jokowi pakai earphone. Kayak pakai alat two way talking," kata Andre, Senin siang.

Bantahan Jokowi

Menanggapi isu pulpen dan earpiece itu, Jokowi membantah. Orang nomor satu di Indonesia tersebut merasa difitnah. Jokowi lalu menunjukkan pulpen yang dimaksud. Pun Jokowi meminta publik tidak menyebarkan isu yang berbuntut fitnah.

"Ada-ada saja. Itu fitnah. Fitnah seperti itu jangan diterusin-terusin. Ini pulpennya. Ya cek aja. Jadi nggak usah buat isu-isu yang fitnah begitulah," kata Jokowi saat kunjungan kerja ke Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019).

Warganet kepo

Semua berawal dari screenshot rekaman Jokowi ketika memegang telinga dan menekan pulpen yang dipegangnya. Screenshot ini sebar oleh pengguna akun jejaring sosial Twitter, @RajaPurwa.

Captionnya pun bernada provokatif. "Yuhuuuuu canggih bener om ntu gacoannya. Ahhhh Maluakutu," tulis akun Twitter @RajaPurwa.

Ada pula screenshot lain yang disebar oleh pengguna akun Twitter @Stakof. Dalam screenshot itu, terlihat postingan di grup aplikasi pesan singkat WhatsApp. Postingan itu menuding bahwa Jokowi mengenakan wireless earpiece dan pulpen sebagai alat komunikasi saat debat.

Untuk membuktikannya, ada akun bernama @PulpenJokowi yang memburu pulpen tersebut hingga ke sebuah toko buku dan alat tulis kantor terkenal di Indonesia. Akun tersebut juga akhirnya mendapatkan pulpen yang diduga persis dengan yang dimiliki Jokowi. Dia pun menyebut nama pulpen tersebut.

"Iniloh Pulpen Pakde @jokowi Merk Zebra F-301 Compact. Ada kok di @gramediadotcom .. Ga mahal kok," tulis akun @PulpenJokowi sambil menunjukkan foto pulpen tersebut. Di pulpen tersebut, tertera pula harganya: Rp 29 ribu.

Pulpen yang diduga dipakai Jokowi. [Twitter]
Pulpen yang diduga dipakai Jokowi. [Twitter]

Selanjutnya, akun tersebut terus mengunggah foto dan cuitan terkait pulpen tersebut, mulai dari sindiran hingga candaan.

"Inilah aku. Pulpen yang selalu menemani pakde. Itu telapak tangan Pakde @jokowi," tulisnya me-mention akun Twitter milik Jokowi.

Akun itu juga melontarkan kutipan terkenal dari film Dilan 1990 yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanessha Prescilla.

"Jadi pulpen pakde @jokowi itu berat. Biar saya saja," tulis akun @PulpenJokowi sambil mengunggah foto dengan doodle tulisan serupa.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak