Internet

#UninstallJokowi dan #ShutdownJokowi Trending Topik Dunia, Netizen Bingung

Banyak netizen bule yang nggak mengerti hashtag ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Twitter. (unsplash/Marten Bjork)
Ilustrasi Twitter. (unsplash/Marten Bjork)

Hitekno.com - Tweet CEO Bukalapak, Achmad Zaky ternyata berbuntut panjang. Hingga hashtag #UninstallJokowi dan #ShutdownJokowi jadi trending topik dunia di Twitter.

Berawal dari netizen Indonesia yang saling berdebat soal tweet CEO Bukalapak tersebut. Hingga berdampak pada Presiden Joko Widodo dibawa-bawa.

Banyak netizen menggunakan hashtag #UninstallJokowi dan #ShutdownJokowi hingga menjadi trending topik dunia di Twitter.

Alhasil, netizen dari negara lain yang tak mengerti persoalan ini dibuat bingung. Netizen bingung ada apa dengan #UninstallJokowi dan #ShutdownJokowi ini.

Kedua hashtag ini kebanyakan berisikan tweet dengan Bahasa Indonesia, tak heran banyak netizen dunia bingung dibuatnya.

Netizen dari negara lain pun akhirnya bertanya-tanya mengenai #UninstallJokowi dan #ShutdownJokowi ini. Kenapa bisa seramai ini di Twitter.

Netizen negara lain bingung #UninstallJokowi dan #ShutdownJokowi jadi trending topik dunia. (Twitter)
Netizen negara lain bingung #UninstallJokowi dan #ShutdownJokowi jadi trending topik dunia. (Twitter)

 

Hashtag #UninstallJokowi dan #ShutdownJokowi ini mulai muncul pada Jumat malam, 15 Februari 2019 dan menjadi trending topik dunia pada dini hari 16 Februari 2019.

Menurut pengembang aplikasi Drone Emprit, Ismail Fahmi, munculnya #UninstallJokowi ini karena menghilangnya #DukungBukaLapak yang menjadi pesaing #UninstalBukalapak.

Setelah itu barulah muncul hashtag #ShutdownJokowi yang mengikuti #UninstallJokowi jadi trending topik dunia di Twitter.

''Munculnya #UninstallJokowi itu sepertinya gara-gara #DukungBukaLapak tiba-tiba hilang dari Trending Topics. Kubu 02 pengin ada tagar tandingan #Uninstall BukaLapak tetap bertengger di TT,'' tulis Ismail Fahmi.

''Trending 24 jam terakhir. Setelah lama bertengger di puncak, akhirnya #UninstallJokowi turun digantikan #ShutDownJokowi,'' tulisnya dalam akun @ismailfahmi.

''Sementara #InstallPrabowo belum sempat di puncak, sudah mulai dikejar oleh #JokowiOrangnyaBaik.'' lanjutnya.

Menurut pantauan tim HiTekno.com, pada Sabtu sore (16/02/2019), #UninstallJokowi dan #ShutdownJokowi tidak lagi muncul di trending topik dunia maupun Indonesia.

Berita Terkait