Internet

Peringati Ulang Tahun, Google Doodle Pajang Maria Walanda Maramis

Masyarakat Minahasa memperingati setiap hari ualng tahunnya ini sebagai ''Hari Ibu Maria Walanda Maramis.''

Dinar Surya Oktarini

Google Doodle. (Google)
Google Doodle. (Google)

Hitekno.com - Awal bulan Desember, Google merilis gambar vector Google Doodle seorang perempuan yang bernama Maria Walanda Maramis.

Sosok perempuan yang lahir di Sulawesi Utara, 1 Desember 1872 silam ini merupakan sosok Pahlawan Nasional Indonesia mengembangkan keadaan wanita di Indonesia pada permulaan abad ke-20.

Seperti yang dikutip dari Wikipedia, perempuan yang memiliki nama asli Maria Josephine Catherine Maramis ini dianggap sebagai pendobrak adat, pejuang kemajuan dan emansipasi perempuan di dunia politik dan penididikan.

Maria Walanda Maramis dinobatkan sebagai salah satu perempuan teladan Minahasa yang memiliki ''bakat istimewa'' untuk menangkap mengenai apapun dan perkembangan daya pikirnya mudah menampung pengetahuan sehingga lebih sering maju daripada kaum lelaki.

Oleh karena itu, untuk memperingati perjuangan Maria Walanda Maramis, tepat di ulang tahunnya hari ini, Google Doodle membuatkan vector khusus gambaran beliau dalam nuansa biru keunguan dengan berbagai berbagai ornamen yang menghiasi dirinynya

Google Doodle. (Google)
Google Doodle. (Google)

Seperti ornamen cobek lengkap dengan ulekannya, anak bayi yang tampak sedang tidur di dalam gendongan, dan benang jahit.

Semua ornamen tersebut menggambarkan bahwa Maria Walanda Maramis seorang wanita serba bisa.

Namun nyatanya tidak hanya Google yang memperingati hari kelahirannya, tetapi masyarakat Minahasa juga memperingati setiap hari ualng tahunnya ini sebagai ''Hari Ibu Maria Walanda Maramis.''

Bahkan untuk memperingati jasanya, Patung Walanda Maramis dibangun di Kelurahan Komo Luar, Kecamatan Wenang, sekitar 15 menit dari pusat kota Manado.

Di patung tersebut didirkan, pengunjung dapat mengenal sejarah perjuangan seorang wanita asal Nyiur Melambai ini.

Sekitar patung Maria Walanda Maramis tersebut, kamu bisa menikmati pusat perbelanjaan juga lho.

Sosok pahlawan perempuan Maria Walanda Maramis ini meninggal pada tanggal 22 April 1924 pada usia 51 tahun.

Berita Terkait