Internet

Ada Atta Halilintar, Ini Fenomena Diss Track di YouTube

Paling fenomenal ya Ericko Lim.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amelia Prisilia

YouTuber. (attahalilintar/erickolim/rapyourbae)
YouTuber. (attahalilintar/erickolim/rapyourbae)

Hitekno.com - Fenomena diss track di kalangan para YouTuber memang sedang marak dilakukan. Terbaru, Atta Halilintar membuat diss track berjudul Work Hard Pray Hard yang ditujukan untuk para haters.

Diss track adalah sebuah lagu yang menyindir, mengkritik, mengopini suatu hal atau bahkan sosok. Di luar negeri, diss track biasanya merupakan pendapat si penyanyi yang berdasarkan pada suatu kejadian atau momen dengan sosok tertentu.

Biasanya diss track ada di lagu-lagu dengan genre hip hop, rock, bahkan metal. Ketiga genre ini mewakili genre musik yang bebas.

Di dunia musik, Eminem menjadi salah satu penyanyi dengan banyak diss track. Baru-baru ini, rapper 45 tahun tersebut terlibat perseteruan dengan rapper Machine Gun Kelly (MGK). Dalam konflik itu, Eminem membuat diss track khusus untuk MGK.

Masalah keduanya bermula dari kicauan MGK pada 2012 lalu mengenai anak perempuan Eminem, Hailie. Untuk kamu yang penasaran dengan isi diss track ala Eminem, langsung dengarkan Killshot ya.

Selain terjadi di dunia selebriti, selebriti media sosial, termasuk para YouTuber juga, tidak lepas dari fenomena diss track ini.

Beberapa YouTuber Indonesia bahkan juga sering membuat diss track untuk beberapa sosok bahkan untuk televisi. Khusus untuk kamu, berikut tim HiTekno rangkum beberapa di antaranya.

1. Atta Halilintar

Pemilik 6 juta subscriber ini baru saja merilis diss track yang ia tujukan untuk para haters. Berkolaborasi dengan Eitaro dan DJ Leztey, Atta membuat diss track Work Hard Pray Hard.

Merasa punya banyak haters, Atta lalu merilis diss track ini. Dalam video, Atta pamer rumah mewah lengkap dengan berbagai mobil super mewah.

''Yang dulunya angkuh, sekarang ngemis collabs. Bantai mereka dengan juta juta subscribes. Silahkan ngomong di belakang, lo ga pantas di depan. Mereka cuma iri sebut gue riya, hidup mandiri bukan duit orangtua,'' kutip penggalan lirik diss track Atta Halilintar ini.

2. Axel Cj

Nama Axel Cj mungkin masih asing di telinga kamu, namun YouTuber 19 tahun ini sukses membuat diss track untuk YouTuber Skinnyfabs.

Uniknya, Axel Cj ini sengaja ditantang oleh Skinnyfabs untuk melakukan diss pada dirinya. Berani, ia lalu menerima tantangan YouTuber yang terkenal dengan aksen bahasa Inggrisnya ini. Dengan konsep Harry Potter, remaja 19 tahun ini melakukan diss track-nya dengan full bahasa Inggris.

Keduanya mengaku sama sekali tidak ada masalah, Axel Cj hanya menerima tantangan dari Skinnyfabs.

''Alright that's enough, i know my accent aint good, if i knew how to sound brit, i'd be more famous than you....'' ungkapnya menyindir aksen british milik Skinnyfabs.

3. Young Lex, Skinny Indonesian 24, Reza Oktovian, Kemal Palevi, Dycal

Perpaduan 6 YouTuber ini sukses melahirkan track dengan judul GGS alias Ganteng Ganteng Swag. Dalam keterangan video memang tidak disebutkan bahwa lagu ini merupakan diss track. Namun, isi lagu ini jelas mencoba menunjukkan bahwa YouTube benar-benar lebih dari TV.

''YouTube YouTube YouTube lebih dari TV,'' ungkap Jovialda Lopez.

Video tahun 2016 ini dibuat saat YouTube sedang naik daun. Beberapa YouTuber merasa bahwa YouTube benar-benar lebih dari TV. Isi lirik diss track ini bahkan begitu membangga-banggakan YouTube dan YouTuber.

''Berawal YouTuber cause now we doing better right?'' ungkap Young Lex.

4. Ericko Lim

Cek-cok antara Ericko Lim dan Reza Oktovian memang ramai diperbincangkan. Konflik ini dimulai saat Reza Oktovian atau yang disapa Reza Arap menuliskan komentarnya di video Ericko Lim. Dalam komentarnya, Reza Arap menganggap bahwa Ericko Lim tidak pantas untuk menangani YouTube Rewind tahun 2017 lalu.

Memanfaatkan momen saat Reza Arap menghapus channel YouTube-nya, Ericko Lim lalu merilis diss track yang sudah ditonton sebanyak 9.167.890 viewers ini.

''Bilang dukung semua orang nyatanya lo panik pas ini bukan era lo lagi. Sekarang bro, viewers YouTube lo turun, yang dulu lebat macam hutan, sekarang gurun. Loncat sana sini cari tenar, bikin grup DJ. Eka sama Billy paling jago elu yang gaje,'' ungkap Ericko Lim.

5. PRT

YouTuber dengan channel Pandu Winoto sekaligus stand up comedian, Pandu Winoto pernah membuat diss track untuk Kemal Palevi. Keduanya diketahui sama-sama merupakan stand up comedian.

Tidak diketahui konflik apa yang terjadi antara keduanya, namun Pandu sempat menyinggung mengenai beberapa konten Kemal Palevi yang sering kena berbagai kontroversi.

''Aduh aduh si kemal... Jangan maksa buat keliatan nakal... Aduh aduh si kemal... Ngerap pake musik susu murni nasional....,'' ungkap Pandu.

Diss track memang bisa menjadi wujud kreativitas pembuatnya. Namun, jelas diss track bukanlah solusi dari masalah atau konflik yang terjadi. Nah, kira-kira kamu punya rekomendasi diss track dari YouTuber lainnya?

Berita Terkait