Baca, Ini 5 Dampak Negatif Media Sosial bagi Kehidupan

Media sosial seakan menjadi tempat kehidupan kedua bagi orang zaman sekarang. Hampir semua momen yang terjadi, pasti akan diunggah ke media sosial.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 27 Juli 2018 | 06:00 WIB
Ilustrasi pengguna smartphone [Pexels].

Ilustrasi pengguna smartphone [Pexels].

Hitekno.com - Di era digital sekarang ini, media sosial menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Namun tahukah kamu, ada dampak negatif media sosial bagi kehidupan.

Sekarang hampir semua orang mempunyai media sosial untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial. Termasuk kamu pastinya, media sosial apa yang kamu gunakan?

Media sosial seakan menjadi tempat kehidupan kedua bagi orang zaman sekarang. Hampir semua momen yang terjadi, pasti akan diunggah ke media sosial.

Baca Juga: 7 Benda Aneh yang Dijual Online Ini Dijamin Bikin Ngakak

Media sosial kerap membuat penggunanya terpaku berjam-jam untuk menelusuri apapun melalui dunia maya. Namun, berdasarkan penelitian, kebiasaan itu bisa memberikan dampak negatif buat kehidupan kita lho.

Berikut ini 5 dampak negatif media sosial seperti yang dilansir Dewiku.com. Semoga kamu bisa mencegah atau mengatasinya sebelum menjadi semakin parah.

1. Kecanduan

Baca Juga: Segini Tarif Iklan di Akun Instagram Cristiano Ronaldo

Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com
Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com

Setiap hari pasti kita membuka media sosial untuk menelusuri apa yang terjadi di dalamnya. Kita juga suka mem-posting kegiatan sehari-hari, lalu menunggu seperti apa respon dari netizen.

Namun, jika durasi bermain media sosialnya terlalu lama atau bahkan sudah banyak menyita waktumu dalam sehari, aktivitas kehidupan nyatamu akan terganggu kan? Bisa-bisa kamu lupa bahwa kamu juga mempunyai kehidupan nyata.

2. Perasaan yang nggak stabil

Baca Juga: Waspada, Ini 6 Tanaman Berbahaya di Sekitarmu

Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com
Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com

Semakin lama menggunakan media sosial, kita akan merasa ada sesuatu dalam diri kita yang nggak stabil. Kenapa sih bisa gitu?

Dengan terus menerus bermain media sosial, kamu akan merasakan kebahagiaan yang kamu dapat hanya sesaat. Kamu juga suka tidak merasa puas dalam pencapaian hidup, mengingat ada banyak hal yang terlihat lebih baik dari kamu di media sosial.

3. Membandingkan kehidupan dengan orang lain

Baca Juga: Harus Tahu, Ini 7 Fitur Google Search yang Memudahkan Harimu

Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com
Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com

Secara nggak sadar. media sosial membuatmu terisolasi karena adanya faktor kompetisi. Ketika sedang bermain media sosial, kamu akan melihat kehidupan orang lain, kemudian memberikan penilaian dan membandingkan kehidupanmu dengan orang-orang tersebut.

Ini bisa menyebabkan kamu berpikir kalau kehidupan orang lain lebih baik daripada hidupmu. Apa itu hal yang baik?

4. Menimbulkan kecemburuan

Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com
Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com

Membandingkan kehidupan kamu dengan orang lain akan menimbulkan kecemburuan sosial. Kamu akan merasa bahwa kamu tidak akan bisa menyaingi kehidupan orang tersebut.

Secara nggak langsung, kamu akan membuat kompetisi sendiri untuk bersaing dengan orang lain agar mereka juga bisa melihat bahwa kehidupanmu kelihatan lebih baik.

5. Depresi

Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com
Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com

Kecanduan media sosial ternyata juga bisa membuat kamu jadi stres berat dan depresi lho. Bahaya banget kan? Kamu nggak mau dong membuat dirimu depresi karena hal yang sebenarnya tidak nyata?

Guys, kita memang mesti pintar-pintar mengontrol diri dalam penggunaan media sosial. Ingat, kehidupan nyata lebih penting daripada kehidupan di dunia maya.

Tulisan ini sudah dimuat di Dewiku.com dengan judul 5 Dampak Negatif Media Sosial bagi Kehidupanmu.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak