Internet

Viral Monster Buaya Tertangkap, Terbesar dalam 10 Tahun Terakhir

Para peneliti memperkirakan buaya jantan ini berumur sekitar 60 tahun.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: CNN
Sumber: CNN

Hitekno.com - Selama hampir satu dekade, seekor buaya yang sangat besar (penduduk setempat memanggilnya monster buaya) akhirnya berhasil ditangkap. Otoritas satwa liar di Australia telah memburu monster itu selama beberapa tahun terakhir.

Tim penjaga hutan di Northern Territory akhirnya menangkap buaya air asin super besar. Desas-desus tentang sosok besar dan bayangan yang berenang di dekat jalur perahu Sungai Katherine telah lama membuat penjaga hutan kebingungan.

Tak hanya itu, keberadaan seekor monster buaya juga membuat khawatir penduduk setempat.

"Kami telah memburunya selama bertahun-tahun karena sangat sulit ditangkap," kata seorang petugas margasatwa senior yang bernama John Burke.

Sumber: Twitter.com/ @rfitz18
Sumber: Twitter.com/ @rfitz18

Petugas NT Parks & Wildlife mengatakan sangat jarang menangkap buaya dengan ukuran sangat besar di Sungai Katherine. Terlepas dari ukuran monster buaya yang cukup besar, para penjaga hutan itu nampaknya sedang dinaungi keberuntungan.

Setelah bertahun-tahun kesulitan mencari, sang monster buaya berjalan sendiri menuju perangkapnya. Sebuah perangkap dipasang beberapa minggu yang lalu di dekat sungai dengan harapan dapat menangkap sebuah monster buaya yang sering disebut "Big Fella" atau "Kawan Besar".

Dilansir dari iflscience, monster buaya ini berukuran panjang 4,7 meter dan beratnya mencapai 600 kilogram. Para peneliti memperkirakan buaya jantan ini berumur sekitar 60 tahun.

Sebuah posting dari halaman facebook Northern Territory Parks and Wildlife mengatakan bahwa buaya telah "dihapus" untuk mencegah interaksi dengan manusia di daerah padat penduduk.

Sumber: Facebook.com/ Northern Territory Parks and Wildlife
Sumber: Facebook.com/ Northern Territory Parks and Wildlife

Foto di facebook tersebut menunjukkan monster buaya yang diikat di sebuah trailer dengan selotip di sekitar rahang dan mata untuk meminimalkan stres.

Meskipun "Big Fella" terlihat besar namun ia bukanlah buaya terbesar yang pernah tertangkap di Australia. Pada 1974, sebuah buaya air asin sepanjang 6 meter ditangkap dengan sebuah jaring di Sungai Mary, Australia. Terlepas dari semua itu, sang monster buaya telah mendapatkan popularitas karena mendapatkan ribuan like dan postingannya dibagikan ribuan kali juga.

Berita Terkait