Internet

Audio Laurel & Yanny Viral di Twitter, Ini Analisa John Mayer

Video yang dibagikan oleh akun Twitter bernama @CloeCouture ini sudah dibicarakan oleh lebih dari 35 ribu pengguna Twitter.

Rendy Adrikni Sadikin | Amelia Prisilia

Laurel Yanny/The Next Web
Laurel Yanny/The Next Web

Hitekno.com - Video yang viral dan masuk Trending Topic Worldwide di Twitter ini, berhasil memusingkan netizen yang mendengar Laurel atau Yenny.

Setelah pada tahun 2015 terjadi perdebatan mengenai sebuah gaun yang berwarna putih dengan emas atau biru dengan hitam, kali ini netizen kembali memperdebatkan mengenai sebuah rekaman suara yang menampilkan suara seorang wanita mengucapkan kata 'Laurel' atau 'Yanny'.

Untuk kamu yang belum mendengar video tersebut, simak video-nya di bawah ini ya.

Video yang dibagikan oleh akun Twitter bernama @CloeCouture ini sudah dibicarakan oleh lebih dari 35 ribu pengguna Twitter.

"Laurel" berhasil menempati urutan ke-3 dalam kolom Trending Topic Worldwide, sedangkan "#Yanny" sudah dicuitkan dalam 14 ribu lebih cuitan.

 Trending Worldwide Laurel Yanny/Twitter

Dilansir dari The Next Web (16/5), menurut ahli psikologi dan rekayasa audio, jawaban berbeda dari 1 file audio yang kita dengar, ternyata dipengaruhi oleh cara orang mendengar suara tersebut dan perbedaan frekuensi saat didengarkan.

Peneliti menjelaskan pada Quartz bahwa pola frekuensi audio dari kedua kata yang terdengar memang cukup mirip, jadi ada kemungkinan bahwa kedua kata tersebut akan terdengar sama.

Sedangkan menurut Brad Story, seorang profesor pidato, bahasa, dan ilmu pendengaran di Universitas Arizona, jika melihat pada bentuk noise atau suara pengganggu dari file audio tersebut, hampir pasti bahwa kata "Laurel" yang terdengar karena mengandung akustik utama huruf "i" dan "r".

Berbagai netizen ramai-ramai memperdebatkan mengenai kata apa yang berhasil mereka dengar.

Model dan istri John Legend, Christine Teigen juga ikut berkomentar nih, ia mengaku mendengar Laurel.

Youtuber kontroversial, Logan Paul juga mendengar Laurel lho.

Ellen DeGeneres juga mendengar Laurel, bahkan ia harus menghentikan taping show-nya untuk memastikan yang didengar penonton, Laurel atau Yanny.

Aktor John Mayer melalui Instagram-nya, menyampaikan analisanya mengenai perdebatan ini.

Menurut John, mengapa masing-masing mendengar nama yang berbeda ialah karena faktor usia.

Trending Worldwide Laurel Yanny/Twitter

Orang yang lebih tua akan mendengar kata "Laurel", sedangkan yang muda akan mendengar kata "Yanny".

John berpendapat bahwa file audio tersebut memiliki frekuensi suara yang tinggi sehingga kelompok orang dengan umur diatas 30 tahun, yang mulai kehilangan kemampuan mendengar suara dengan frekuensi tinggi, akan mendengar kata "Laurel".

Pendapat John Mayer ini bisa saja benar atau bahkan salah ya.

Nah, kalau kamu mendengar yang mana nih guys? Laurel atau Yanny?

Kita nantikan penjelasan ilmiahnya ya.

Hitekno.com/Amelia Prisilia

Berita Terkait