Internet

Google Duplex: AI dengan Kemampuan Berbicara Menyerupai Manusia

AI yang terdapat pada Google Duplex diklaim mampu membuat percakapan layaknya manusia sungguhan.

Tinwarotul Fatonah | Amelia Prisilia

Google Duplex/The Verge
Google Duplex/The Verge

Hitekno.com - Google perkenalkan fitur asisten terbaru mereka yang dapat melakukan panggilan secara otomatis, bernama Google Duplex.

Pada event Google I/O pekan lalu, CEO Google, Sundar Pichai, memperkenalkan terobosan baru yang hadir dengan sistem kerja Artificial Intelligence atau AI.

Google Duplex ini merupakan hasil dari pengembangan selama bertahun-tahun.

AI yang terdapat pada Google Duplex diklaim mampu membuat percakapan layaknya manusia sungguhan. Ia bahkan mampu mengatakan "mmm hmmm" layaknya manusia ketika bergumam.

Google Duplex: AI dengan Kemampuan Berbicara Menyerupai Manusia - 1

Sumber foto: NDTV

Fitur dari asisten baru Google ini akan terdengar sangat natural dan luwes, hingga sangat jauh berbeda dengan suara robot yang kaku.

Kecerdasan buatan yang dimiliki oleh Google Duplex memang sudah "dilatih" sebelumnya, sehingga ia mampu melakukan hal-hal spesifik, seperti meminta informasi secara rinci.

Selain dilengkapi dengan sistem AI, Google juga menerapkan Recurrent Neural Network (RNN) yang dibangun dengan Framework Tensor Flow Extended, dan Automatic Speech Recognition yang dipakai untuk memahami kata-kata yang diucapkan lawan bicara.

Engine text to speech juga dipakai untuk mengontrol intonasi suara, penambahan gumaman, dan jeda antar kata, agar suara terdengar lebih natural seperti manusia sungguhan saat berbicara.

Google Duplex: AI dengan Kemampuan Berbicara Menyerupai Manusia - 2

Sumber foto: NYMag

Menurut rencana, Google Duplex akan diterapkan untuk pengguna umum dan bisnis, seperti customer service untuk menangani booking.

Sayangnya, untuk saat ini Google Duplex belum bisa dinikmati karena masih perlu pengembangan lebih lanjut.

"Kami masih mengembangkan teknologi ini dan kami ingin lebih baik lagi kedepannya," ungkap Sundar Pichai dalam presentasi produk ini.

Untuk mendengar ajaibnya fitur asisten ini, simak video uji coba Google Duplex milik CNET ini ya.

Pada pertengahan tahun ini, Google berencana untuk menguji Duplex dengan Google Assistant.

Kita nantikan ya.

Hitekno.com/Amelia Prisilia

Berita Terkait