Pasangan Mengaku Bayinya Sakit, Netizen Soroti Kejanggalan Ini

Sebuah postingan yang diunggah oleh pengguna akun jejaring sosial Facebook bernama Eris Riswandi mendadak viral.

Rendy Adrikni Sadikin
Senin, 16 April 2018 | 17:20 WIB
Netizen yang dituding pelaku penipuan/Facebook

Netizen yang dituding pelaku penipuan/Facebook

Hitekno.com - Sebuah postingan yang diunggah oleh pengguna akun jejaring sosial Facebook bernama Eris Riswandi mendadak viral.

Dalam unggahan tersebut, Eris Riswandi 'membongkar' modus dugaan penipuan yang dilakukan pasangan dengan minta sumbangan.

Tak tanggung-tanggung, Eris Riswandi menuliskan, pasangan itu menggunakan foto bayi yang sakit untuk melancarkan modusnya.

Di postingannya, pengguna akun Facebook bernama Dewi Artika tampak berada di Rumah Sakit Harapan Kita.

Dia mengaku bekerja sebagai ibu rumah tangga (IRT), sehari-hari bekerja sebagai tukang cuci, suaminya kerja sebagai tukang bangunan dan tidak memiliki tabungan sama sekali untuk biaya operasi anaknya.

"Saya baru saja melahirkan anak ketika, tapi Allaj memberi kami cobaan begitu berat setelah melahirkan anak saya dengan kondisi yang bisa dikatakan sangat buruk usus dan hatinya terburai keluar," tulis akun Dewi Artika.

Bukan cuma itu, dia juga meminta tolong, tak tanggung-tanggung, kepada Presiden Joko Widodo, DPR dan pejabat di Tanah Air.

"HATI HATI MODUS PENIPUAN, MENGAKU ANAKNYA SAKIT DI RS HARAPAN KITA. 100% PENIPU," tulis akun Eris Riswandi.

Eris mengatakan bahwa pasangan tersebut mengunggah sesuatu yang bikin iba, hal itu merupakan kebohongan.

"Dia ngepost sesuatu yang bikin orang iba, mengaku sebagai IRT, Tukang cuci pakaian tetangga, dan baru melahirkan anak ke 3 dengan kondisi usus terburai dan sedang dirawat di RS Harapan Kita. ITU BOHONG. Dia melakukan itu untuk menarik simpati orang orang agar mereka membantu dan mengirimkan uang," tulis akun Eris Riswandi.

Akun Eris merasa curiga, ada kejanggalan yang terlihat dalam foto-foto yang diunggah oleh pasangan tersebut.

Ternyata, foto bayi yang digunakan oleh pasangan tersebut diduga diambil dari mesin pencari Google dan sudah ada sejak Februari 2017.

"Saya udah curiga karena saya agak lupa lupa ingat kasus bayi yang usus nya terburai (maaf), pas saya cari di Google ternyata foto nya sama, dan kejadian aslinya itu Februari 2017," tulis akun Eris Riswandi.

Sempat pula, akun Eris Riswandi menanyakan perihal bayi tersebut kepada pasangan yang bersangkutan, namun jawabannya mengejutkan.

"Pas saya tanya juga di RS Harapan Kita kamar no berapa dan pasien atas nama siapa tapi gak jawab tuh. Pas orang mau bantu malah suruh inbox dia, hmmm modus banget," tulis akun Eris Riswandi.

Ternyata, bayi yang ada di foto tersebut diketahui merupakan Azahra Intan Khoirunnisa yang lahir di Boyolali, tapi sudah lama meninggal.

Berdasarkan penelusuran Hitekno.com, bayi tersebut meninggal sejak 25 Februari 2017 karena mengalami infeksi di bagian usus dan lambung.

Intan mengalami gastroschisis, yakni cacat lahir pada dinding perut, di mana usus bayi tergantung keluar tubuh tanpa lapisan pelindung melalui lubang di dekat pusar.

Selain usus, organ lain seperti hati dan lambung juga berada di luar tubuhnya.

Menjelang operasi tahap II, Tuhan berkehendak lain. Bayi yang lahir belum genap dua pekan lalu itu meninggal.

"Ngomong ngomong Bayi di gambar tersebut adalah Azahra Intan Khoirunnisa lahir di Boyolali, tetapi sudah lama meninggal (Innalillahi). Namun di manfaatkan oleh orang GAK PUNYA OTAK ini buat nipu di group group. Pokoknya WASPADA ya. TOLONGS EBARKAN KE SEMUA GROUP. Makasih," tulis akun Eris Riswandi.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak