Uber, Riwayatmu Kini

Perjalanan Uber berliku-liku di Indonesia hingga pada akhirnya harus diakuisisi oleh pesaingnya, Grab.

Rendy Adrikni Sadikin
Rabu, 28 Maret 2018 | 12:48 WIB
Uber

Uber

Hitekno.com - Uber merupakan satu dari beberapa layanan taksi online yang masuk di Indonesia pada 13 Agustus 2014 dan memulai operasinya di beberapa Kawasan di Jakarta.

Cara pemesanannya pun tidak berbeda dari memesan taksi online pada umumnya.

Pengguna awalnya diminta untuk registrasi dengan memberikan data pribadi dan nomor kartu kredit jika menginginkan untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan non cash.

Untuk penggunaannya pun cukup dengan mengaktifkan fitur GPS, dan nama supir beserta nomor plat mobil pun dapat terlihat.

Namun pada awal kehadirannya di Jakarta, Uber mendapat protes keras dari Dishub DKI.

Menurutnya Uber tergolong taksi gelap.

Uber dianggap melanggar aturan, karena untuk menjadi angkutan umum, mobil-mobil Uber diharuskan menggunakan pelat kuning dan harus menjalani uji kir.

Gubernur DKI pada saat itu, yaitu Basuki Tjahaja Purnama pun meminta Uber untuk membayar pajak dan mengurus izin sesuai peraturan yang ada dan berlaku di Indonesia.

Selain dari pemerintah, kemunculan Uber pada awalnya juga ditolak oleh pengemudi taksi yang sebelumnya sudah ada di Indonesia.

Menanggapi rentetan protes dari berbagai pihak, Manajer Uber Kawasan Asia kemudian angkat bicara, menurutnya para supir Uber semuanya sudah terdaftar dan berlisensi.

“Kami juga menaati semua peraturan yang ada di Indonesia,” tutur Mike Brown, Manajer Uber Kawasan Asia.

Dilansir dari web resmi Uber, saat ini Uber sudah memiliki 16.000 karyawan, 40 juta penumpang, 2 juta mitra pengemudi, menempuh 5 miliar perjalanan yang terselesaikan, di 77 negara dan 616 kota di seluruh dunia, dan 10 juta perjalanan yang diselesaikan setiap harinya.

Kejatuhan Uber di Asia Tenggara?

Uber diketahui telah resmi di akuisisi oleh perusahaan pesaingnya: Grab, Senin (26/3/2018).

Uber memberikan 'lapaknya' di kawasan Asia Tenggara kepada Grab, untuk melakukan pembenahan bisnis dan persiapan untuk ikut ke dalam bursa tahun depan.

Grab menambahkan, kesepakatan ini merupakan kesepakatan terbesar yang pernah ada di Asia Tenggara.

Bisnis gabungan ini diharapkan dapat membuat Grab menjadi platform seluler nomor satu di Asia Tenggara.

Operasi Uber di beberapa negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Kamboja, Indonesia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam secara otomatis di ambil alih oleh Grab.

Menurut Anthony Tan, Grup CEO dan pendiri Grab, “Akuisisi hari ini menandai awal dari era baru. Bisnis gabungan ini menjadikan platform ini menjadi yang pertama, dan memberikan efisiensi biaya.”

Aplikasi Uber akan terus beroperasi selama dua minggu hingga 8 April 2018.

Setelah waktu yang ditetapkan tersebut, pengendara Uber harus mengunduh aplikasi Grab dan mendaftar untuk dapat menggunakan layanan tersebut.

Data pelanggan yang sebelumnya dibuat di Uber juga akan ditransfer ke Grab setelahnya.

Nasib pengemudi

Grab menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Uber untuk melakukan migrasi penumpang serta pelanggan, rekanan merchant maupun rekanan pengantaran Uber Eats ke platform Grab.

"Aplikasi Uber akan tetap beroperasi selama dua minggu ke depan untuk memastikan stabilitas para mitra Uber, di mana mereka dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai persyaratan pendaftaran mitra Grab secara online," jelas Grab.

Sementara menurut Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, akan ada proses transisi untuk para pengemudi Uber "agar dapat dengan mudah terintegrasi dengan platfor" Grab.

"Kami secara aktif melakukan proses penerimaan mitra pengemudi Uber untuk memastikan pelayanan kepada para mitra pengemudi dan konsumen tetap berjalan seperti biasa," jelas Ridzki.

Sementara layanan Uber Eats akan tetap beroperasi hingga akhir Mei dan setelahnya rekanan pengantaran dan restoran Uber akan pindah ke platform GrabFood.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak