Games

Laris Manis di Dunia, PlayStation 5 Kurang Diminati di Jepang

Penjualan PlayStation 5 di enam minggu pertama bahkan kedua paling rendah jika dibandingkan dengan seri PlayStation sebelumnya.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

PlayStation 5. (PlayStation Asia)
PlayStation 5. (PlayStation Asia)

Hitekno.com - Usai resmi dirilis pada November 2020 lalu, PlayStation 5 banjir peminat di seluruh dunia. Sayangnya, konsol game ini justru kurang diminati di negara asalnya yaitu Jepang.

Saat pertama kali diperkenalkan pada November 2020 lalu, penjualan PlayStation 5 di Jepang memang banyak peminat hingga mengalahkan penjualan Xbox Series X. Penjualan perdana konsol game ini bahkan ludes sebanyak 118 ribu unit dalam empat hari.

Sayangnya, angka peminat ini justru menurun seiring berjalannya waktu. Melansir dari CBR, jika dibandingkan dengan penjualan seri sebelumnya, penjualan PlayStation 5 ini justru tidak memuaskan.

Berdasarkan laporan Gamesindustry.biz.japan, penjualan PlayStation 5 di enam minggu pertama bahkan kedua paling rendah jika dibandingkan dengan seri PlayStation sebelumnya yang telah diperkenalkan.

Sebagai informasi, PlayStation 4 dijual sebanyak 300 ribuan unit hanya pada pekan pertamanya. Mengenai kegagalan Sony ini, seorang analis kenamaan memberikan analisanya.

PlayStation 5. (Sony)
PlayStation 5. (Sony)

 

Adalah Hideki Yasuda, seorang analis Ace Economic Research Institute. Menurutnya, kegagalan penjualan PlayStation 5 ini karena Sony tidak memprioritaskan Jepang sebagai pasar utama konsol game tersebut.

Bukan tanpa alasan, menurut Hideki Yasuda, Sony tidak menyiapkan alokasi unit yang cukup untuk PlayStation 5 saat peluncurannya di Jepang beberapa waktu lalu.

Hal ini jelas saja berkaitan dengan keputusan Sony untuk memindahkan pabrik Sony Interactive Entertainment di Tokyo ke California, Amerika Serikat.

Walaupun penjualan PlayStation 5 di Jepang justru tidak diminati, penjualan PlayStation 5 secara global tetap menakjubkan dan banyak peminat.

Berita Terkait