Review POCO F6: Performa Gahar, Fitur Lengkap, Benarkah Flagship Killer?

Performa POCO F6 tak diragukan lagi, tapi sudah layak disebut Flagship Killer?

Agung Pratnyawan

Posted: Rabu, 03 Juli 2024 | 14:14 WIB
Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Hitekno.com - POCO Indonesia mengklaim kalau HP baru mereka ini adalah flagship killer terbaru mereka. Namun sehebat apa POCO F6 dan bisakah disebutkan sebagai flagship killer?

Apakah HP flagship killer baru dari POCO Indonesia ini layak untuk dibeli? Simak pengujian dan review POCO F6 dari HiTekno.com berikut ini.

Tim HiTekno.com mendapatkan kesempatan untuk menguji POCO F6 varian RAM 12 GB memori internal 512 GB dengan warna Green.

Baca Juga: Review POCO X6 5G, Peningkatan Signifikan Berbagai Aspek

Secara tampilan kesan pertama, desain POCO F6 ini bukan selera kebanyakan orang. Dengan warna hijau metalic, modul kamera dua lingkaran besar dengan flashlight berbentuk cincin.

Material body belakang berbahan polycarbonat ini terasa kurang mewah, setara dengan HP kelas bawah. Namun POCO F6 memiliki bobot yang tidak terlalu berat sehingga masih nyaman digenggaman.

Performa dan Gaming POCO F6

Baca Juga: Review Xiaomi 13T, Kolaborasi Leica Bukan Sekadar Gimmick

Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Sebagai HP baru yang diklaim menjadi flagship killer, POCO F6 punya performa yang cukup mumpuni. Berkat chipset Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3.

Performa chipset Snapdragon 8s Gen 3 ini cukup tinggi, bahkan bisa bersaing dengan Snapdragon 8 Gen 2. Terbukti dengan hasil pengujian sintesis AnTuTu Benchmark.

Dalam pengujian HiTekno.com, POCO F6 menghasilkan skor AnTuTu Benchmark tembus 1,4 juta dalam pengaturan performa balance.

Baca Juga: Review POCO F5: Performa Jempolan Bikin Player Genshin Impact Ketagihan, Kelemahannya Tak Terduga

Namun saat pengaturan performa yang terdapat di menu baterai tersebut diubah ke ultimate, bisa dengan muda tembus 1,5 juta skor AnTuTu Benchmark.

Untuk menjaga performa ini tetap stabil, POCO membekali sistem pendingin LiquidCool ology 4.0 dengan IceLoop. POCO F6 masih terasa hangat namun masih nyaman di tangan.

Performa ini juga tercermin dari pengalaman gaming. Berbagai judul game dengan grafis tinggi bisa dimainkan dengan lancar menggunakan POCO F6.

Baca Juga: Review POCO C40: HP Rp 1 Jutaan dengan Baterai Jumbo Tahan Lama

Game PUBG Mobile bisa dimainkan dengan lancar dan stabil dalam pengaturan maksimum, yakni ultra extreme. PUBG Mobile terasa smooth di grafis tertingginya.

Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Genshin Impact bisa dimainkan dengan pengatiran highest 60 FPS. Terasa stabil di atas 50 FPS baik di area terbuka maupun saat dalam ruangan.

Sayangnya di Genshin Impact terasa kurang stabil ketika memutar kamera. Framedrop terasa cukup signifikan, padahal ketika battle terasa lancar.

Tim HiTekno.com juga menjajal untuk game COD Warzone, bisa berjalan lancar pada pengaturan tertinggi. Juga game CarX Street bisa dengan baik dan lancar dimainkan.

Game baru seperti Solo Leveling Arise dan Wuthering Waves juga bukan masalah bagi POCO F6. Keduanya bisa lancar dimainkan pada pengaturan grafis tertingginya.

Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Game-game dengan grafis tinggi tersebut bisa dimainkan dengan lancar, begitu juga dengan game kompetitif populer seperti Free Fire dan Mobile Legends.

Performa setinggi ini bukan hanya karena chipset Snapdragon 8s Gen 3, namun karena dukungan RAM 12 GB LPDDR5X yang cukup kencang.

Juga karena pemakaian memori internal 512 GB dengan jenis UFS 4.0 yang punya performa dan kecepatan tinggi. Juga sistem pendingin yang menjaga suhu tetap nyaman saat main game dalam jangka waktu lama.

Fotografi dan Video

Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Kamera belakang POCO F6 hanya dibekali dua sensor saja, namun soal kualitas tidak diragukan lagi. Kombinasi sensor Sony dengan processing Image dari Snapdragon 8S Gen 3.

Dari foto, kamera utama dengan sensor Sony IMX882 50 MP ini menghasilkan gambar dengan tone warna yang natural. Skin tone yang tidak lebay, juga tidak terlalu merah.

Untuk fokus, kamera utama POCO F6 tidak hanya cepat namun juga akurat. Prosesing dari chipset yang dipakai pun sangat membantu dalam urusan fokus ini.

POCO F6 juga dibekali dengan kamera ultrawide dengan kualitas yang cukup berkat sensor 8 MP dari Sony. Namun sayang masih timpang jauh tertinggal dari kualitas kamera utama.

Review POCO F6 - sampel foto. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6 - sampel foto untuk liputan doorstop - Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Untuk perekaman video, kamera utama POCO F6 sangat bisa diandalkan untuk merekam kualitas 4K 60 fps. Hasilnya bisa sangat baik, termasuk untuk urusan dynamic range.

Soal stabilizer, juga bisa diandalkan berkat teknologi OIS dan EIS yang menjaga rekaman tetap stabil dengan rapi.

Sedangkan kamera ultrawide ini bisa merekam video hanya 1080p 30 fps saja. Beda dengan kamera selfie 20 MP, bisa merekam video hingga 1080p 60 fps.

POCO F6 juga dibekali dengan lampu flash berbentuk cincin dengan ukuran yang cukup besar. Hasilnya, pencahayaan lebih merata.

Yang disayangkan dari kamera POCO F6 ini adalah absennya kamera telephoto. Salah satu kamera yang penting jika ingin mengabadikan konser.

POCO F6 memang dibekali zoom 2x sampai 10x, namun hanya crop digital dari sensor utamanya. Karena itu kualitas dari zoom tersebut mengalami penurunan signifikan.

Review POCO F6 - sampel foto. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6 - sampel foto. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

 

Review POCO F6 - sampel foto. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6 - sampel foto ultrawide. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Kualitas Layar

HP baru POCO Indonesia ini memakai layar 6,67 inci dengan panel Flow AMOLED DotDisplay dengan resolusi 2.712x1220 piksel.

Hasil review POCO F6 dari HiTekno.com mendapati layar ini sangat memanjakan mata dengan visual yang tajam, jernih dan warna yang akurat.

Layar POCO F6 ini juga memiliki refresh rate 120 Hz yang bisa menampilkan efek animasi smooth. Pengalaman gamin juga lebih nyaman.

Panel AMOLED yang disuguhkan juga memiliki tingkat kecerahan bisa cukup tinggi. Sehingga tampilan tetap nyaman baik di dalam maupun luar ruangan yang terik.

Soal warna, panel POCO F6 juga mampu menampilkan gamut DCI-P3, mendukung HDR10+. Juga telah tersertifikasi TÜV Rheinland untuk keamanan dan kenyamanan mata.

Baterai dan Charger

Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

POCO F6 dibekali dengan baterai 5.000 mAh yang sudah menjadi standar perangkat saat ini. Soal daya tahan baterai, perangkat ini tergolong irit.

Baterai berkapasitas 5.000 mAh tersebut sangat aman untuk pemakaian sehari-hari dengan aktivitas sosial media, main game dan komunikasi.

Hasil pengujian HiTekno.com, memainkan Genshin Impact pengaturan tertinggi selama 30 menit saja, baterai POCO F6 hanya turun sampai 15 persen saja.

POCO Indonesia juga membekali paket penjualan HP flagship killer ini dengan charger bawaan dengan daya yang cukup besar.

Dalam kotak penjualan POCO F6, sudah tersedia kepala charger 90 watt. Kecepatan yang sangat tinggi, terbukti bisa mengisi 0 sampai penuh dalam 35 menit saja.

Kelengkapan Fitur

Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Fitur lengkap juga dihadirkan POCO F6, mulai dari NFC, Bluetooth 5.4, sertifikasi IP64 yang tahan cipratan air, proteksi Gorilla Glass Victus untuk layar.

POCO F6 juga memakai sensor fingerprint on display yang sangat cepat, mendukung teknologi Dolby Vision, hingga motor getar X-axis yang sekelas HP flagship.

Soal audio, HP baru ini memakai stereo speaker di bagian bawah dan atas dan mendukung Dolby Atmos. Sayangnya tidak ada jack audio 3,5 mm.

Konektivitas jelas mendukung jaringan 5G, memakai dual SIM tanpa slot microSD, WiFi a/b/g/n/ac/ax, IR blaster,

Namun ada beberapa fitur yang harus diperhatikan, seperti USB type-C masih 2.0 sehingga belum mendukung display out. Lalu kualitas speaker stereo cukup bertenaga namun kurang di bass.

Juga rating IP64 yang cukup untuk tahan dari cipratan air, namun bukan untuk masuk ke air.

Masih Ada Iklan dan Bloatware?

Ya, POCO F6 masih menampilkan iklan di aplikasi bawaannya seperti Mi Video dan Security. Namun di luar aplikasi bawaan tersebut tidak ditemukan iklan.

Soal bloatware, POCO F6 ini memang sudah terpasang berbagai aplikasi tamabahan. Namun menariknya, aplikasi-aplikasi tambahan tersebut bisa dihapus dengan mudah.

Spesifikasi POCO F6

Sistem operasi: Xiaomi HyperOS, Android 14
Chipset: Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3
CPU: Octa-core (1x3.0 GHz Cortex-X4 & 4x2.8 GHz Cortex-A720 & 3x2.0 GHz Cortex-A520)
GPU: Adreno 735
RAM: 12 GB LPDDR5X
Memori: 512 GB UFS 4.0
Kamera Belakang: 50 MP f/1.6 OIS gyro-EIS + 8 MP ultrawide
Kamera Depan: 20 MP f/2.2
Baterai: 5.000 mAh
Charger: 90 watt PD3.0
USB: Type-C 2.0
Infrared: Ya, IR Blaster
NFC: Ya
GPS: GALILEO, GLONASS, QZSS, BDS (B1I+B1c), GPS
Bluetooth: 5.4
SIM: Dual Nano SIM
Seluler: GSM / HSPA / LTE / 5G
WIFI: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band
Port 3,5 mm: tidak ada
Loudspeaker: stereo
Dimensi: 160.5 x 74.5 x 8 mm
Berat: 179 gram

Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Kelebihan POCO F6

  • Performa kencang dan stabil
  • Charger bawaan kencang
  • Kamera depan dan belakang bisa 60 fps
  • Kamera belakang bisa video 4K 60 fps
  • Stabilizer kamera rapi

Kekurangan POCO F6

  • Tidak ada kamera telephoto
  • Material body kurang mewah

Saat penulisan review POCO F6 ini, tim HiTkeno.com belum mendapatkan harga resmi yang akan dibanderol POCO Indonesia.

POCO F6 akan sangat cocok bagi yang mencari HP dengan performa kencang mendekati flagship, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Juga mereka yang membutu kamera yang handal baik untuk foto maupun video, hanya saja harus menerima kamera ultrawide yang biasa saja dan tidak adanya telephoto.

Kesimpulan

POCO F6 adalah merupakan smartphone menarik dalam sisi performa dan pengalaman gaming, bahakan bisa mengejar HP flagship. Juga dengan fitur sangat lengkap.

Namun sayangnya masih belum cukup mencuri perhatian mereka pengguna HP flagship. Terutama dalam sisi kamera yang belum ada di level flagship.

POCO F6 ini cocok bagi Anda yang mencari smartphone dengan performa flagship dengan harga lebih terjangkau. Juga dengan kamera yang mencukupi dan bisa diandalkan.

Itulah hasil review POCO F6, smartphone yang sangat direkomendasikan HiTekno.com untuk pertengahan 2024 ini. Jika berminat, langsung saja sikat jangan sampai kehabisan.

Berita Terkait
Berita Terkini

Cek berapa harga POCO Pad ini....

gadget | 11:17 WIB

Dengan harga terjangkau, cek apa yang ditawarkan POCO F6 dan POCO M6....

gadget | 11:08 WIB

Harga POCO Pad di Indonesia cenderung murah meriah....

gadget | 18:35 WIB

POCO memperkenalkan flagship terbarunya, yakni POCO F6 dan HP stylish dengan value terbaik POCO M6....

gadget | 18:25 WIB

Raline Shah membeberkan bagaimana fitur-fitur Vivo X Fold3 Pro dapat meningkatkan efisiensi, memicu kreativitas, dan mem...

gadget | 11:04 WIB