Kelebihan Snapdragon 7 Plus Gen 2, Chipset Andalan POCO F5

QualcommSnapdragon 7 Plus Gen 2 chipset kelas high-range akan debut dan jadi andalan POCO F5.

Agung Pratnyawan
Selasa, 06 Juni 2023 | 17:56 WIB
Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2. (POCO)

Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2. (POCO)

Hitekno.com - Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 menjadi chipset yang akan melakukan debutnya di POCO F5. Menjadi chipset high-range yang menarik dengan peforma tingginya.

POCO F5 yang akan dirilis di pasar global termasuk POCO Indonesia menjadi tempat debut dari chipset terbaru Qualcomm tersebut. Apa yang ditawarkan Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 pada POCO F5 tersebut?

Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 ini memiliki berbagai macam kelebihan yang jauh lebih unggul dibandingkan pendahulunya, bahkan mungkin bisa disejajarkan dengan seri-seri di atasnya.

Baca Juga: Dimensity 1080 vs Snapdragon 778G, Chipset Mana yang Lebih Bertenaga?

Penasaran dengan keunggulan chipset Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 yang dipakai POCO F5 ini? Yuk, kita simak sama-sama.

Performa Snapdragon 7 Plus Gen 2

Sejumlah peningkatan pada Snapdragon 7 Plus Gen 2 tampak signifikan dibanding Snapdragon 7 Gen 1, pendahulunya. Pada prosesor (CPU), contohnya, kecepatan clock Snapdragon 7 Plus Gen 2 mencapai 2,92 GHz, atau lebih cepat hingga 50%*.

Baca Juga: Snapdragon 7+ Gen 2 Setara Dimensity Seri Berapa?

Ini adalah kali pertama Snapdragon 7-series menggunakan Arm Cortex X-series untuk core CPU-nya, sama dengan yang digunakan oleh seri flagship Snapdragon 8 Gen 1.

Kalau dirinci, delapan core Snapdragon 7 Plus Gen 2 terdiri atas 1 core utama berbasis Arm Cortex X2, 3 core untuk performa berbasis Arm Cortex A710, dan 4 core untuk efisiensi berbasis Arm Cortex A510.

Dengan begini, konfigurasi core di CPU Qualcomm Kryo milik Snapdragon 7 Plus Gen 2 menjadi sama dengan milik Snapdragon 8 Gen 1. Bahkan kecepatan clock masing-masing core di antara kedua chipset tersebut terpaut sangat tipis. Berikut ini perbandingannya.

Baca Juga: Harga Oppo Reno 10 5G Dibanderol Rp 5 Jutaan, Bawa Snapdragon 778G dan RAM 12 GB

Perbandingan core Snapdragon 7 Plus Gen 2 dengan Snapdragon 8+ Gen 1 tiap cluster­-nya.

Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia, mengungkapkan, "Snapdragon 7 Plus Gen 2, tuh, unik benget. Berada di kelas high-range, kalau dibandingkan dengan chipset flagship Snapdragon 8+ Gen 1, tipis banget beda kecepatannya. Beneran Snapdragon 7 Plus Gen 2 ini chipset high-range rasa flagship!"

Sebagai tambahan info, Snapdragon 7 Plus Gen 2 dibangun di atas proses manufaktur 4nm TSMC, arsitektur 64-bit, dengan dukungan 5G, dan secara keseluruhan, konsumsi daya Snapdragon 7 Plus Gen 2 lebih hemat 13% dibanding pendahulunya.

Baca Juga: Qualcomm Snapdragon 782G vs MediaTek Dimensity 1100, Mana yang Lebih Oke?

Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2. (POCO)
Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2. (POCO)

Pengalaman gaming memukau

Selain peningkatan clock CPU, divisi pengolah grafis (GPU Adreno) di Snapdragon 7 Plus Gen 2 pun diklaim 2X kali lebih cepat dibanding Snapdragon 7 Gen 1.

Pada aspek gaming, Snapdragon 7 Plus Gen 2 dilengkapi fitur Auto Variable Rate Shading untuk secara cerdas merender dengan resolusi tinggi pada bagian yang sedang difokuskan, sementara bagian lainnya di render dengan resolusi lebih rendah. Tujuannya agar visual game terlihat mengagumkan, sekaligus berjalan mulus dan menjaga efisiensi daya.

Kemudian fitur Adreno Frame Motion Engine yang secara efektif meningkatkan fps (frame per second) buat menciptakan aksi yang mulus, dan Volumetric Rendering buat meningkatkan detail gambar, seperti kabut dan asap, menjadi begitu nyata.

Hasilnya, experience waktu memainkan game-game berat terasa lebih nyaman.

Qualcomm AI Engine

Qualcomm AI Engine pada Snapdragon 7 Plus Gen 2  pun punya performa artificial intelligence hingga 2X lebih baik daripada Snapdragon 7 Gen 1, dan dibekali berbagai fitur menarik: Advance Rendering with Anti-cheat Extension, yakni algoritma AI untuk menyulitkan hacker yang ingin berbuat curang dalam game, dan AI super resolution yang secara cerdas menciptakan kualitas visual superior (1080p hingga 4K) pada adegan game maupun foto beresolusi rendah.

Nggak ketinggalan, fitur AI antenna tuning technology. Sebenarnya antena terletak di beberapa lokasi pada ponsel. Fitur ini akan mengenali kebiasaan tangan pengguna saat menggenggam ponsel, dan mengaktifkan penerimaan sinyal pada antena di lokasi yang tidak tertutup tangan. Pada Snapdragon 7 Plus Gen 2, akurasi dalam mendeteksi genggaman tangan meningkat 30%.

Bagian dari teknologi AI lainnya, Qualcomm Sensing Hub, mampu melacak kegiatan dan lingkungan pengguna. Dan Qualcomm mengklaim bahwa kinerja AI di Snapdragon 7 Plus Gen 2 punya efisiensi alias performance to watt 40% lebih baik daripada pendahulunya.

Kamera Triple ISP

Snapdragon 7 Plus Gen 2 mendukung Triple 18-bit ISP (image signal processor) dengan fleksibilitas tinggi untuk berpindah-pindah di antara tiga lensa termasuk zoom-nya secara mulus.

Berkat ISP 18-bit, chipset Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 ini pun sanggup menangkap data warna 4096X lebih banyak dibanding ISP 14-bit, atau hingga sekitar 3.0 Gigapiksel per detik.

Hasilnya, foto dan video dengan dynamic range yang ekstrim serta warna yang cerah dan jelas, termasuk peningkatan 5X lebih baik untuk night mode (dalam kondisi low light).

Selain ditambah dukungan 18-bit RAW, kehadiran AI bikin fitur auto-exposure, auto-focus, dan auto-face detection kian canggih, menghadirkan pengalaman fotografi yang makin intuitif.

Buat merekam video, bisa dilakukan hingga format 4K HDR. Dikombinasikan dengan teknologi Video Super Resolution yang menyajikan kemampuan digital zoom, hasilnya adalah footage yang tajam dan jernih, bahkan dari jarak jauh.

Kualitas audio

Pada unsur audio, Snapdragon 7 Plus Gen 2 punya kemampuan baru, yaitu menghadirkan kompresi lossless untuk menyajikan musik dengan kualitas suara setara CD.

Nggak ketinggalan pastinya suara yang jernih saat menelepon dan video call, koneksi audio yang solid, dan komunikasi suara dalam game tanpa lag.

Security ibarat lemari besi

Sistem keamanan berbasis hardware, yakni Qualcomm Processor Security pada Snapdragon 7 Plus Gen 2, bikin kita ibarat memiliki lemari besi.

Didesain untuk memproteksi data dan privasi pengguna, teknologi ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk penguncian pada aplikasi premium, pokoknya nggak akan bisa dibongkar menggunakan software-software tool, bahkan di-flash sekalipun.

Juga, untuk digital key di mobil dan rumah, serta SIM (Surat Izin Mengemudi) dan dompet digital, hingga solusi e-money.

Koneksi ngebut

Chipset ini mengusung Snapdragon X62 5G Modem-RF System. Dan dibanding pendahulunya, Snapdragon 7 Plus Gen 2 sudah mendukung 5G/4G DSDA (dual SIM dual active) serta memiliki kecepatan download hingga 4,4 Gbps.

Sementara untuk Wi-Fi, menggunakan Qualcomm FastConnect 6099 Mobile Connectivity System yang mendukung Wi-Fi 6/6E, 4-stream DBS, dan kecepatan hingga 3,6 Gbps.

"Segala kelebihan Snapdragon 7 Plus Gen 2 ini berhasil mengoptimalkan kinerja dan performa dari POCO F5, yang saat ini sudah rilis di pasar global," ujar Andi,

"Nggak heran Seri POCO F menjadi salah satu smartphone terbaik dan paling dicari di tahun ini! POCO memang selalu kasih dobrakan melalui smartphone yang extreme performance dan extreme price!" lanjutnya.

Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak