Karya Xiaomi Fans, Ini Cerita di Balik Desain Boks Redmi A1

Sigit Setyo Nugroho menceritakan bagaimana ia membuat desain boks Redmi A1.

Agung Pratnyawan
Selasa, 25 Oktober 2022 | 17:34 WIB
Sigit Setyo Nugroho desainer boks Redmi A1. (Xiaomi Indonesia)

Sigit Setyo Nugroho desainer boks Redmi A1. (Xiaomi Indonesia)

Hitekno.com - Xiaomi Indonesia telah meluncurkan HP baru mereka, yakni Redmi A1. Menariknya, Redmi A1 ini memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 40.3%,

Di balik pencapaian bersejarah dari sisi manufaktur dan teknologi, ada hal lain yang juga tak kalah menariknya dari produk yang akan meluncur pada Jumat, 28 Oktober 2022 itu.

Desain boks Redmi A1 tergolong spesial. Berbeda dengan berbagai produk smartphone yang telah diluncurkan Xiaomi Indonesia sebelumnya, boks Redmi A1 memiliki desain khas Indonesia, karya seorang fans Xiaomi yang bernama Sigit Setyo Nugroho.

Baca Juga: Xiaomi 12 Lite 5G NE Siap Meluncur di Pasar Global, Rebrand Civi 2?

Berawal dari undangan di forum Xiaomi Community, pria asal Yogyakarta yang akrab disapa Sigit itu tergerak untuk mengajukan desainnya karena melihat tema yang diminta oleh Xiaomi Indonesia.

"Lumayan putar otak sebenarnya tema apa yang cocok, karena inspirasi kreatif gak bisa ditebak kapan datangnya. Apalagi ketika para Xiaomi fans lain sudah mulai mengajukan submission karya desain mereka di forum, tambah pressure jadinya," kenang Sigit ketika bercerita tentang inspirasi awal desain boks Redmi A1.

Sigit Setyo Nugroho desainer boks Redmi A1. (Xiaomi Indonesia)
Sigit Setyo Nugroho desainer boks Redmi A1. (Xiaomi Indonesia)

Ketika Sigit Setyo Nugroho diberitahu bahwa smartphone yang nantinya diluncurkan merupakan bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk percepatan 4G di Indonesia, baru lah Sigit mulai mendapatkan inspirasi untuk menciptakan karya desain yang "Indonesia banget".

Baca Juga: Cocok untuk Daily Driver, Ini 4 Keunggulan Redmi A1 yang Perlu Kamu Tahu

"Sengaja ambil latar di luar Jawa. Ada elemen gambar rumah adat Toraja karena dulu sering melihat acara ekspedisi nusantara di televisi. Budayanya unik dan desanya begitu cantik," kata Sigit mengomentari soal empat rumah adat yang menjadi latar belakang utama desain boks Redmi A1.

Sigit Setyo Nugroho menambahkan bahwa dia ingin mengangkat sisi Indonesia yang asri, ditambah dengan simbolisasi tentang pemerataan jaringan yang tidak hanya berpusat kepada sentra bisnis, tetapi daerah terpencil yang ada di seluruh nusantara.

"Kalau internet bisa kencang, harusnya tempat seperti Toraja dan wilayah eksotik lainnya di Indonesia bisa lebih terlihat di mata dunia," tegas Sigit.

Baca Juga: Murah Meriah Rp 1 Jutaan, Redmi A1 Plus Resmi Meluncur dengan Baterai Jumbo

Dengan mengusung kamera ganda AI 8MP, baterai besar 5.000 mAh, layar lebar 6,52", dan fitur ekspansi RAM yang mencapai 5GB pada varian tertingginya.

Xiaomi Redmi A1. (Xiaomi Indonesia)
Xiaomi Redmi A1. (Xiaomi Indonesia)

HP baru Redmi A1 memiliki desain yang menarik dengan tekstur kulit yang membuat tampilan fisiknya lebih premium dan tampak elegan untuk smartphone di kelasnya.

HP baru Redmi A1 juga akan menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang ingin melakukan upgrade dari feature phone ke smartphone ataupun bagi mereka yang hendak memiliki smartphone untuk pertama kalinya.

Baca Juga: TKDN Sampai 40 Persen Lebih, Xiaomi Hadirkan Redmi A1 yang Bikin Penasaran

Untuk memperkuat elemen Indonesia dari smartphone pertama yang melampaui TKDN 40% tersebut, Redmi A1 akan memiliki tema khas dan wallpaper khusus Indonesia.

Lewat berbagai kelebihan yang dimiliki, Redmi A1 merupakan hape smart, pilihan tepat bagi masyarakat Indonesia.

Berita Terkait
TERKINI

Vivo X Fold3 Pro, smartphone lipat yang dinanti-nanti kehadirannya....

gadget | 10:41 WIB

Dell AI Factorydengan NVIDIA mengintegrasikan portofolio AI terdepan Dell denganplatformperangkat lunakNVIDIA AI Enterpr...

gadget | 10:28 WIB

Dukungan MediaTek untuk NVIDIA TAO akan menciptakan sebuah pengalaman mulus bagi para pengembang....

gadget | 10:09 WIB

Berikut ini jajaran monitor baru yang diluncurkan Samsung untuk 2024....

gadget | 10:31 WIB

Bergabung dengan Arm Total Design, MediaTek ingin mendorong pembentukan masa depan komputasi AI....

gadget | 10:21 WIB

MediaTek memamerkan deretan teknologi baru yang disiapkan untuk Chromebook dan smart TV di COMPUTEX 2024....

gadget | 10:24 WIB

Apa saya yang turun harga, cek daftar harga produk Xiaomi Indonesia untuk Juni 2024 ini....

gadget | 10:46 WIB

Cek seperti apa Realme GT 6 yang diklaim sebagai flagship killer ini....

gadget | 10:34 WIB

Vivo Y28 diklaim cocok dalam menunjang berbagai aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan....

gadget | 10:12 WIB

Selama update Honkai Impact 3 v7.5, 10 pembukaan pertama Battlesuit Crate Lantern didiskon 50%....

gadget | 10:00 WIB

Melanjutkan kesuksesan HP Xiaomi Indonesia sebelumnya, kini Redmi 13 hadir dengan inovasi terbaru yaitu kamera beresolus...

gadget | 10:25 WIB

MediaTek Dimensity 7300 dan MediaTek Dimensity 7300X, dua chipset baru yang memberikan dorongan performa AI dan mobile g...

gadget | 10:15 WIB

Berbekal kesuksesan Realme GT Series sebelumnya, seri flagship killer dari Realme ini diklaim akan kembali menghadirkan ...

gadget | 10:40 WIB

Samsung menghadirkan Galaxy AI di perangkat smartwatch Galaxy Watch, meningkatkan fitur kesehatan yang dirasakan penggun...

gadget | 10:31 WIB

Samsung bersama RRQ menggelar program RRQ MABAR School Roadshow....

gadget | 10:08 WIB

HDD Portable WD My Passport,WD_BLACK P10 Game Drive, danSanDisk Professional G-DRIVE ArmorATD dari Western Digital kini ...

gadget | 10:33 WIB

Yakni kamera mirrorlessFujifilm X-T50 dan Fujifilm GFX100S II, juga lensa Fujinon XF16-50mmF2.8-4.8 R LM WR, dan Fujinon...

gadget | 09:51 WIB

Cek apa saja yang ditawarkan Huawei Watch Fit 3....

gadget | 11:03 WIB
Tampilkan lebih banyak