Cara Mengaktifkan Fitur Hotspot di HP Android, Ikuti Langkah Ini

Mudah, gunakan cara mengaktifkan fitur hotspot di HP Android ini.

Agung Pratnyawan
Selasa, 11 Oktober 2022 | 18:30 WIB
Ilustrasi Tethering HP Android. (Pixabay)

Ilustrasi Tethering HP Android. (Pixabay)

Hitekno.com - Cara mengaktifkan fitur hotspot di HP Android sangatlah mudah untuk dilakukan sendiri. Berikut ini tim HiTkeno.com telah merangkum tutorial HP Android untuk menyalakan fitur tersebut.

Sebelum mengaktifkan fitur hotspot di HP Android, pastikan kamu punya sudah memasang kartu SIM dengan paket data aktif terlebih dulu.

Karena fitur hotspot di HP Android, atau juga disebut sebagai Tethering ini memungkinkan kamu membagikan akses internet kepada perangkat lain.

Baca Juga: 5 Chipset HP Android Terbaik Oktober 2022 dengan Skor AnTuTu Tertinggi

Karenanya fitur hotspot Android ini dapat menjadi penyelamat saat dalam keadaan darurat, terutama untuk perangkat yang tidak dapat mengakses internet secara mandiri seperti tablet dan laptop non-seluler.

Hotspot diketahui adalah lokasi fisik tempat orang dapat mengakses Internet, biasanya menggunakan Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) dengan router yang terhubung ke penyedia layanan Internet (ISP). 

Berikut ini tutorial HP Android yang dirangkum tim HiTekno.com, bagaimana cara mengaktifkan fitur hotspot di HP Android dengan mudah.

Baca Juga: Cara Menghubungkan AirPods ke HP Android, Mudah Asal Ada Bluetooth

Cara mengatur fitur hotspot di Android

Ilustrasi Tethering HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi Tethering HP Android. (Pixabay)

Menyiapkan hotspot HP Android pun cukup mudah. Yakni hanya perlu membuka aplikasi Setelan dan mengetuk Jaringan & Internet.

Bagian Jaringan & Internet berisi semua pengaturan yang terkait dengan internet seluler smartphone kamu, panggilan dan pesan teks, Wi-Fi, dan fungsionalitas hotspot portabel, yang kamu inginkan.

Baca Juga: Cara Setting DNS 1.1.1.1 di HP Android, Aman dan Cepat

Dengan beberapa ketukan, kamu dapat menyiarkan sinyal Wi-Fi yang memungkinkan perangkat yang lain terhubung ke internet menggunakan paket data HP Android kamu.

Berikut ini cara mengaktifkan fitur hotspot di Android seperti yang dilansir dari Slash Gear, Selasa (11/10/2022),

  • Ketuk opsi "Hotspot & tethering".
  • Pilih "Hotspot Wi-Fi".
  • Di menu yang terbuka, ketuk sakelar di samping "Gunakan hotspot Wi-Fi".

Sekarang kamu dapat menghubungkan perangkat lain ke hotspot HP Android dengan mengaktifkan Wi-Fi dan memilih jaringan smartphone pada opsi yang tersedia (melalui Google).

Baca Juga: Pakai Chipset MediaTek, Asus ROG Phone 6D Ultimate Jadi HP Android Terkencang

Kamu juga dapat mengubah nama hotspot dan mengatur kata sandi dengan mengubah tingkat keamanan.

Di menu hotspot Wi-Fi, kamu akan melihat opsi yang bertuliskan "Nama hotspot". Ketuk dan ubah dengan mengetikkan nama baru. Setelah selesai, hotspot Android akan muncul di perangkat lain dengan nama yang ditetapkan.

Jika tidak ingin orang lain bergabung dengan hotspot dan menghabiskan kuota data kamu, ketuk keamanan dan pilih WPA2-Personal. Sekarang, ketuk "Kata sandi hotspot" dan ubah kata sandi menjadi sesuatu yang dapat kamu ingat.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan istilah ini, WPA adalah singkatan dari Wi-Fi Protected Access dan merupakan teknologi enkripsi yang membantu mengamankan jaringan nirkabel seluler kamu. Secara default, kata sandi adalah kombinasi acak dari kata dan huruf. Setelah mengatur kata sandi, kamu akan membutuhkannya untuk mengakses hotspot dari perangkat apa pun.

Cara Bagikan internet dari HP Android dengan Tethering

Ilustrasi pengguna HP. (Pixabay)
Ilustrasi pengguna HP. (Pixabay)

Selain menyiarkan jaringan hotspot Wi-Fi yang memungkinkan menghubungkan perangkat ke HP Android, kamu juga dapat berbagi internet selueler dengan perangkat lain menggunakan koneksi kabel atau melalui Bluetooth yang disebut sebagai tethering.

Di menu "Hotspot & tethering", kamu akan menemukan opsi USB tethering. Dengan mengaktifkan pengaturan tersebut, kamu dapat berbagi broadband seluler HP Android dengan perangkat yang terhubung melalui kabel USB.

Fitur tersebut dengan menghubungkan Google Pixel 6a yang menjalankan Android 13 dengan laptop Windows melalui kabel USB-C ke USB-A. Koneksi kabel muncul di bagian Jaringan di Windows.

Selain itu, telepon mengisi daya saat terhubung ke komputer, menghindari jatuhnya baterai dari hotspot. Perbedaan antara hotspot nirkabel portabel dan tethering kabel adalah bahwa beberapa perangkat dapat mengakses yang pertama secara bersamaan, tetapi hanya satu perangkat yang dapat ditambatkan pada satu waktu dengan kabel USB.

Ada opsi lain yang disebut Bluetooth tethering, yang membagikan internet kamu melalui Bluetooth. Meskipun Bluetooth adalah cara terbaik untuk terhubung dengan aksesori seperti headphone, speaker, dan jam tangan pintar, Bluetooth tidak dapat membawa data dengan kecepatan koneksi Wi-Fi atau koneksi kabel, dan oleh karena itu bukan sesuatu yang harus kamu repotkan jika salah satu dari dua opsi lain tersedia.

Itulah bagaimana cara mengaktifkan fitur Hotspot di HP Android dengan mudah. Manfaatkan tutorial HP Android di atas dengan baik. (Suara.com/ Ummi Hadyah Saleh)

 

Dapatkan informasi menarik lainnya melalui Facebook HiTekno.com dalam LINK INI.

Berita Terkait
TERKINI

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB
Tampilkan lebih banyak