Eropa Wajibkan HP Memakai Charger USB type-C, Termasuk iPhone?

Pada 2024 mendatang, Uni Eropa akan mewajibkan HP memakai charger USB type-C. Apple terpaksa harus tinggalkan Lightning?

Agung Pratnyawan
Rabu, 05 Oktober 2022 | 07:41 WIB
USB C atau USB type-C. (Pixabay)

USB C atau USB type-C. (Pixabay)

Hitekno.com - Uni Eropa telah menyepakati akan menjadikan USB-C atau USB type-C sebagai standar pengisian daya smartphone. Yang nantinya, semua HP yang dipasarkan di Eropa wajib menggunakan charger USB type-C.

Kebijakan ini akan diangkat menjadi undang-undang yang akan diterapkan pada akhir 2024 mendatang, yang kini telah mendapatkan dukungan besar dari parlemen Uni Eropa.

Baca Juga: - USB4 Versi 2 Mulai Unjuk Gigi, Apa yang Spesial? Ini Keunggulannya - Setelah Eropa, Kini Brazil Desak Apple Ganti Lightning ke USB C di iPhone - Tinggalkan Port Lightning, iPhone 15 Pro Gunakan USB C - Uni Eropa Sepakat Paksa Apple Ganti ke USB C, iPhone Tinggalkan Lightning?

Selama satu dekade ini anggota parlemen Uni Eropa telah mendorong tindakan penanggulangan limbah elektronik. Sehingga suara pleno afirmatif besar-besar mendapati 602 mendukung, hanya 13 menentang ditambah delapan abstain.

Mayoritas anggota perlemen ini juga mendorong memperluas aturan pengisian daya umum, untuk memasukkan lebih banyak jenis perangkat elektronik konsumen portabel (termasuk laptop).

Arahan itu belum sepenuhnya menjadi hukum dan masih membutuhkan persetujuan akhir oleh Dewan.

Tapi langkah itu dianggap sebagai formalitas mengingat kesepakatan politik sementara yang telah dicapai antara anggota legislator musim panas ini.

Setelah Dewan menandatangani, arahan tersebut akan mulai berlaku 20 hari setelah publikasi di Jurnal Resmi Uni Eropa dan negara-negara Anggota kemudian akan memiliki 12 bulan untuk mengubah aturan dan 12 bulan setelah periode transposisi berakhir untuk menerapkannya.

Lightning, USB C atau USB Type-C, Micro USB atau USB Type-B. (Pixabay)
Lightning, USB C atau USB Type-C, Micro USB atau USB Type-B. (Pixabay)

Tampaknya, akan mulai diterapkan menjelang akhir 2024 ketika semua HP, tablet, dan kamera yang dijual di UE harus dilengkapi dengan port pengisian daya USB Type-C.

Setelah itu, ada tenggat waktu kedua, musim semi 2026, ketika kewajiban charger USB type-C akan diperluas ke laptop.

Produk yang ditempatkan ke pasar Uni Eropa sebelum tanggal penerapan arahan, tidak akan termasuk dalam cakupan.

Apakah iPhone akan Beralih ke USB type-C juga?

Sebagaimana melansir laman Techcruch, Rabu (5/10/2022), hal ini juga akan ada banyak perhatian pada apa yang dilakukan pembuat iPhone milik Apple.

Sebarapa cepat Apple bisa mengadopsi USB-C atau USB type-c pada seluruh rangkaian smartphonenya. Mengingat selama ini Apple ngotot untuk tetap mempertankan Lightning seagai port pengisian daya mereka.

"Terlepas dari produsennya, semua HP baru, tablet, kamera digital, headphone dan headset, konsol videogame genggam dan speaker portabel, e-reader, keyboard, mouse, sistem navigasi portabel, earbud dan laptop yang dapat diisi ulang melalui kabel kabel, beroperasi dengan pengiriman daya hingga 100 Watt, harus dilengkapi dengan port USB Type-C," tulis parlemen dalam siaran pers.

"Semua perangkat yang mendukung pengisian cepat sekarang akan memiliki kecepatan pengisian yang sama, memungkinkan pengguna untuk mengisi daya perangkat mereka pada kecepatan yang sama dengan pengisi daya yang kompatibel." lanjut siaran pers tersebut.

Uni Eropa mengharapkan kewajiban pengisi daya bersama untuk mendorong penggunaan kembali pengisi daya yang lebih besar, mengurangi dampak lingkungan dari pembelian elektronik.

Kita nantikan saja bagaimana Apple akan menganti port Lighting pada iPhone menjadi USB type-C untuk pasar Eropa. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait

TERKINI

Sebagian fitur Huawei Mate X3 bocor ke publik.
gadget | 18:11 WIB
Lengkap jadwalnya, ini Link Live Streaming Piala Dunia 2022 hari ini 28 November 2022.
gadget | 18:07 WIB
Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro diduga kaan meluncur bersamaan dengan MIUI 14.
gadget | 17:42 WIB
Tonton pertandingan hari ini melalui Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Brasil vs Swiss berikut.
gadget | 17:15 WIB
Wajib dicatat agar tidak ketinggalan, berikut link live streaming Piala Dunia 2022 Korea Selatan vs Ghana hari ini.
gadget | 17:03 WIB
Redmi K60 series mengusung fitur serba premium.
gadget | 16:57 WIB
Spesifikasi Lenovo Yoga Slim 7 Pro OLED sangat menarik di kelasnya.
gadget | 14:20 WIB
Rekomendasi HP MediaTek Helio G99 berisikan perangkat terbaik harga mulai dari Rp 2 jutaan.
gadget | 13:12 WIB
Beberapa netizen mengaku terkejut mengetahui bahwa aktris cantik tersebut menggunakan HP Android untuk keperluan sehari-hari.
gadget | 12:18 WIB
Agar tidak ketinggalan untuk menyaksikan pertandingan dari Grup G ini, berikut link live streaming Piala Dunia 2022 Kamerun vs Serbia hari ini.
gadget | 09:07 WIB
Bersih-bersih, gunakan cara menghapus kontak WhatsApp yang mudah.
gadget | 20:30 WIB
Berikutbeda cara daftar IMEI HP lewat Bea Cukai, operator, dan Kemenperin,seperti yang dijelaskan dari akun Twitter Bea Cukai.
gadget | 17:59 WIB
Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Spanyol vs Jerman berikut pastinya legal dan aman.
gadget | 17:28 WIB
Resmi dan legal, Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Kroasia vs Kanada yang bisa kamu akses.
gadget | 16:51 WIB
Bukan Yalla Shoot, berikut daftar link live streaming Piala Dunia 2022 legal dan resmi.
gadget | 15:45 WIB
Sebelumnya muncul laporan yang mengklaim kalau Apple berminat untuk membeli Manchester United seharga 7 miliar dolar AS atau Rp 109 triliun.
gadget | 15:06 WIB
Berikut terdapat link live streaming Belgia vs Maroko dan statistik kedua tim.
gadget | 14:51 WIB
Meluncur di bulan Desember, iQOO 11 diklaim siap membawa pengguna ke level eksplorasi selanjutnya dengan teknologi berperforma ekstrim dan daya kerja yang sangat efisien.
gadget | 14:42 WIB
Tampilkan lebih banyak