Gadget

5 Tips Agar Foto Aesthetic dan Instagramable dengan Smartphone

Ingin membuat foto aesthetic hanya dengan kamera HP? Bisa, ikuti tips ini.

Agung Pratnyawan

Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)
Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)

Hitekno.com - Tips agar foto aesthetic dan instagramable dengan kamera HP cenderung gampang-gampang susah. Aesthetic atau Estetika adalah seperangkat prinsip yang membuat sesuatu menjadi indah.

Tentu saja, setiap orang memiliki prinsip indah yang berbeda-beda. Jadi hampir tidak mungkin setiap orang, bisa setuju bahwa suatu foto tertentu indah.

Sebelum membahas tips agar foto aesthetic, penting bagi kamu untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang membuat sebuah foto aesthetic.

Karena selera itu subjektif dan setiap orang menganggap gambar yang berbeda menarik, tidak ada satu definisi fotografi estetika tunggal.

Ini sebenarnya lebih tentang bagaimana kamu menciptakan suasana hati dan membangkitkan emosi menggunakan kombinasi unik dari pilihan teknis, desain, dan selera pribadi.

Secara umum, ketika orang berbicara tentang estetika dalam fotografi, mereka biasanya berbicara tentang faktor-faktor yang membentuk sebuah gambar, warna, komposisi, tekstur, dan lain-lain.

Agar berhasil mengambil foto aesthetic dan instagramable, kamu perlu berlatih dan banyak melihat referensi foto di Instagram atau Pinterest.

Berikut tips agar foto aesthetic dan instagramable dengan kamera HP yang Tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Pilih Konsep

Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)
Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih konsep. Memutuskan konsep sebelum mengambil gambar akan membantu kamu dengan persiapan yang mungkin kamu perlukan. Kamu dapat mengetahui apa yang terbaik untuk mengambil foto aesthetic.

2. Gunakan Cahaya Alami

Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)
Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)

Cahaya alami tidak pernah gagal untuk memberikan foto aesthetic yang kita cari. Over-lighting atau over-editing akan membuat foto kamu buruk dan tidak terlihat aesthetic.

Untuk mendapatkan cahaya alami, akan lebih baik jika kamu melakukan pemotretan pada saat golden hour saat matahari terbenam atau akan terbit. Jika tidak, kamu dapat mencoba melakukan pemotretan pagi hari sekitar jam 9 jika kamu ingin lebih banyak cahaya.

3. Jangan Mengedit Berlebihan

Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)
Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)

Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang ketika datang ke proses pengeditan. Ketika mereka melihat foto yang terlihat terlalu gelap, mereka segera meningkatkan kecerahan atau kontras dan itu salah. Gambar yang indah adalah tentang tampilan dan komposisi alami.

Kamu tidak perlu mengeditnya secara berlebihan. Proses editing masih diperlukan untuk melakukan touch-up seperti color correction atau cropping. Selain itu, kamu tidak perlu menambahkan efek apa pun untuk membuat foto terlihat aesthetic karena tidak berfungsi.

4. Jadilah Kreatif dengan Sudut

Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)
Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)

Sebagai seorang fotografer, sudut adalah kunci untuk mendapatkan foto aesthetic. Kamu harus kreatif dalam menemukan sudut yang tepat di mana kamu bisa mendapatkan sudut pandang yang berbeda.

Biasanya, sebagian besar foto aesthetic diambil dari sudut rendah daripada sudut tinggi. Anda dapat mencoba mengambil kedua sudut untuk mempelajari perbedaan dan menemukan perbandingannya.

5. Fokus pada Detail

Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)
Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan dalam mengambil foto aesthetic adalah fokus pada detail. Jika kamu akan mengambil gambar objektif, fokuslah pada detail objek.

Untuk modelnya, kamu bisa mencoba fokus pada beberapa bagian tubuh seperti mata, tangan, kaki, tumit, dan masih banyak lagi. Detail dapat menunjukkan pesan yang ingin kamu sampaikan melalui foto.

Itulah tips agar foto aesthetic dan instagramable dengan kamera HP yang bisa kamu praktikan dan pelajari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait