Gadget

Apple Siapkan Chip Baru, Hanya Dipakai Model iPhone Pro

Ada perubahan strategi penjualan iPhone Pro baru?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi iOS 16. (Apple)
Ilustrasi iOS 16. (Apple)

Hitekno.com - Rumor baru mengklaim kabar soal chip baru yang tengah disiapkan Apple. Menariknya, Chip baru Apple ini nantinya akan digunakan hanya pada model iPhone Pro saja.

Diwartakan Suara.com, rumor chip baru Apple ini senada dengan kabar strategi yang disiapkan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut untuk penjualan iPhone.

Selama ini Apple menyamakan chip atau prosesor baru di seri iPhone terbaru mereka.

Sebagai contoh, chip A15 Bionic sama-sama dipakai untuk iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Diungkap analis Apple, Ming-Chi Kuo, ke depannya Apple hanya akan memberikan chip terbaru untuk seri Pro. Ini mulai berlaku untuk jajaran iPhone 14.

Itu artinya iPhone 14 dan iPhone 14 Max masih menggunakan chip A15 Bionic seperti di iPhone 13. Sementara iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max bakal merasakan prosesor terbaru A16 Bionic.

Nah, penyesuaian chipset ini kemungkinan juga berlaku untuk model selanjutnya, yang mana iPhone 15 model non-pro bakal menggunakan prosesor A16, seperti dilaporkan XDA Developers, Kamis (7/7/2022).

iPhone 13 Pro Max. (Apple)
iPhone 13 Pro Max. (Apple)

Dengan demikian, konsumen yang membeli model iPhone Pro bakal mendapatkan lebih banyak keunggulan dibanding model non-pro.

Sebab selama ini perbedaan fitur kedua seri IPhone tersebut memang cukup tipis.

Sebagai contoh, model non Pro hanya mengusung dua kamera dan baterai lebih kecil.

Sementara di iPhone Pro, kameranya lebih baik dengan tiga lensa dan baterai lebih besar.

Apple sebenarnya juga menerapkan strategi serupa untuk perangkat iPad dan Mac.

Jadi masuk akal apabila Apple mau menerapkannya juga di model iPhone.

Kita nantikan saja sampai Apple resmi meluncurkan iPhone baru nantinya. Apakah ada chip baru Apple yang khusus untuk iPhone Pro mendatang. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait