Gadget

Perbandingan Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23

Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23, mana yang lebih cocok untuk kamu?

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23. (HiTekno.com)
Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Perbandingan Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23 menarik untuk diperbincangkan. Samsung Galaxy A22 dan Samsung Galaxy A23 rilis pada tahun yang cukup jauh.

HP Samsung Galaxy A22 ini rilis pada tahun 2021 dan Samsung Galaxy A23 rilis pada tahun 2022. Kedua HP Samsung ini hadir untuk meramaikan pasar segmen kelas menengah.

Perbandingan Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23 jika dilihat dari segi harga tentu Samsung Galaxy A22 lebih murah. Keduanya diklaim memiliki performa gahar di kelasnya.

Dari segi desain, keduanya memiliki tampilan yang elegan dan menyasar pada kalangan muda. Dari segi desain Samsung Galaxy A22 dan Samsung Galaxy A23 sebenarnya tidak banyak perbedaan yang dimiliki.

Baik Samsung Galaxy A22 dan Samsung Galaxy A23 sama-sama memiliki desain bodi yang serupa, hadirkan modul kamera dengan warna yang selaras dengan opsi warna panel belakang.

Bedanya, Samsung Galaxy A22 terlihat lebih tradisional karena menyusun keempat kameranya dalam bentuk 4 x 4, berbeda dengan Samsung Galaxy A23 yang tampilkan tiga lensa besar di sisi kiri secara vertikal, dengan satu lensa kecil di sisi kanan beserta lampu LED Flash.

Bentuk poni waterdrop notch pada Samsung Galaxy A22 pun lebih membulat, menyerupai huruf O. Samsung Galaxy A23 juga tampilkan notch serupa walaupun dengan desain yang lebih menyerupai huruf V.

HP Samsung Galaxy A23 juga hadir dalam varian warna Peach alias salem yang begitu chic dan stylish. Adapun warna lain yang tak kalah menariknya yaitu Black, White, dan juga Blue.

Sementara pada Samsung Galaxy A22, hadir dengan pilihan warna Black, White, Mint, dan juga Violet. Karakteristik warna yang ditampilkan smartphone ini juga terlihat soft. Lantas bagaimana perbandingan Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23 ini?

Berikut perbandingan Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23 yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Spesifikasi Samsug Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23n

Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23. (HiTekno.com)
Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23. (HiTekno.com)

Dari segi layar Samsung Galaxy A22 rupanya hadir dengan panel layar yang lebih baik ketimbang Samsung Galaxy A23. Ini karena Samsung Galaxy A22 sudah menggunakan panel Super AMOLED dengan tingkat kecerahan dan kejernihan lebih tinggi dibandingkan PLS (plane lane switching) LCD pada Samsung Galaxy A23.

Saat layar menampilkan warna hitam, layar Super AMOLED akan mematikan lampu pada bagian layar sehingga menimbulkan kontras rasio antara hitam dan putih yang begitu signifikan, sekaligus menjadikannya jauh lebih hemat daya. Kedua layar juga diketahui mampu berjalan pada refresh rate tinggi 90 Hz, yang notabene 50% lebih tinggi dibandingkan 60 Hz konvensional.

Selain gunakan panel layar yang berbeda, kedua smartphone Samsung ini juga memiliki ukuran yang berbeda. Samsung Galaxy A22 memiliki ukuran panel lebih kecil yaitu 6,4 inci, sementara Samsung Galaxy A23 sedikit lebih besar di angka 6,6 inci. Tambah lagi, Samsung Galaxy A22 hanya berjalan pada layar beresolusi HD+ 720p dengan kerapatan piksel 274 ppi.

Besaran resolusi tersebut tentu tidak sebaik Samsung Galaxy A23 yang berada di resolusi Full HD+ 1080p dengan kerapatan piksel mencapai 400 ppi.

HP Samsung Galaxy A22 ini dilengkapi dengan system on chip (SoC) berupa MediaTek Helio G80 dan Galaxy A23 ditopang dengan Qualcomm Snapdragon 680. Kedua chipset ini biasa ditemukan pada jajaran smartphone di segmen entry-level.

Kedua smartphone ini memiliki RAM 4 GB yang berada pada jenis LPDDR4x serta memori internal berstandar eMMC 5.1 pada kapasitas 128 GB. Tak lupa, tersedia pula slot microSD eksternal pada slot khusus hingga 1 TB.

Samsung Galaxy A23 juga disinyalir memiliki kemampuan penambahan RAM secara virtual hingga 6 GB. Sehingga, total RAM yang didapat adalah 12 GB.

Kamera dan Fitur Lain Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23

Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23. (HiTekno.com)
Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23. (HiTekno.com)

Di sektor kamera, kedua HP Samsung ini sama-sama hadirkan fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang dapat menstabilkan pemotretan sekalipun sambil berjalan atau bahkan berlari.

Pada Samsung Galaxy A22, kamera utama yang ditampilkan memiliki resolusi 48 MP sedangkan Samsung Galaxy A23 hadirkan sensor utama berkekuatan 50 MP.

Adapun untuk sensor ultra-wide-nya, Samsung Galaxy A22 berada pada resolusi 8 MP sementara Samsung Galaxy A23 miliki resolusi 5 MP. Sensor ultra-wide kedua HP mendukung bidang keluasan sebanyak 123 derajat.

Untuk sensor ketiga dan keempatnya, Samsung Galaxy A22 dan Samsung Galaxy A23 dilengkapi dengan kamera 2 MP makro dan 2 MP depth sensor.

Kemudian, Samsung Galaxy A22 hadir dengan sensor depan dengan resolusi lebih tinggi, yaitu 13 MP sementara Samsung Galaxy A33 hanya unggulkan kamera 8 MP. Selain itu, Samsung Galaxy A22 dan Samsung Galaxy A23 juga menyematkan fitur-fitur yang menarik dalam smartphone terbaik ini.

Kedua smartphone ini ditopang dengan baterai Li-Polymer berkapasitas 5.000 mAh. Samsung mengklaim bahwa kedua smartphone ini bisa tahan selama setidaknya dua hari pada pemakaian normal.

Dua-duanya juga diketahui sama-sama memiliki tipe port pengisian daya USB-C 2.0. Samsung Galaxy A23 telah dilengkapi fast charging 25 W. Kondisi fast charging pada Samsung Galaxy A22 sedikit lebih lambat, karena hanya gunakan daya 18 W saja.

Fitur lain dari Samsung Galaxy A22 adalah Side-Fingerprint, audio jack 3,5 mm, USB tipe-C, Bluetooth 5.0. Sedangkan Samsung Galaxy A23 dilengkapi dengan NFC, Side-Fingerprint, audio jack 3,5 mm, USB tipe-C, Bluetooth 5.0.

Dari segi harga Samsung Galaxy A23 memang dibanderol dengan harga yang lebih mahal, yakni sekitar Rp 3,5 jutaan, sementara untuk Samsung Galaxy A22 bisa dibeli dengan harga yang lebih murah, yakni sekitar Rp 3 jutaan. Kamu bisa mempertimbangkan sendiri fitur dan spesifikasi yang dibutuhkan antara keduanya. 

Itulah perbandingan Samsung Galaxy A22 vs Samsung Galaxy A23 yang bisajadi pertimbangan kamu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait