Gadget

Battle Xiaomi Mi Smart Band 6 vs Huawei Band 6, Harga Terjangkau Fitur Melimpah

Xiaomi Mi Smart Band 6 vs Huawei Band 6, pilih mana?

Agung Pratnyawan

Xiaomi Mi Smart Band 6 vs Huawei Band 6.(HiTekno.com)
Xiaomi Mi Smart Band 6 vs Huawei Band 6.(HiTekno.com)

Hitekno.com - Xiaomi Mi Smart Band 6 vs Huawei Band 6, dua smartband dengan harga terjangkau namun memiliki fitur berlimpah. Pilih mana di antara dua produk ini?

Penggemar gadget Tanah Air tentunya tidak asing lagi dengan smartband atau gelang pintar. smartband kini semakin populer karena menawarkan banyak fitur menarik. Banyak vendor smartphone yang kini berlomba-lomba meluncurkan produk smartband-nya.

Xiaomi dan Huawei merupakan dua vendor yang paling rajin mengeluarkan model smartband dengan teknologi unggulan. Keduanya menghadirkan model terbaru dari produk band mereka dengan kode serupa, yakni Xiaomi Mi Smart Band 6 dan Huawei Band 6.

Sama-sama memiliki angka 6 yang artinya keduanya merupakan generasi ke 6 dari masing-masing vendor. Keduanya juga sama-sama memiliki fitur touchscreen, mode olahraga yang beragam, serta baterai yang awet.

Lantas bagaimana perbandingan Xiaomi Mi Smart Band 6 vs Huawei Band 6? Dua smartband yang merek ternama dengan harga terjangkau namun punya fitur melimpah.

Berikut battle Xiaomi Mi Smart Band 6 vs Huawei Band 6 yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Spesifikasi Xiaomi Mi Smart Band 6 vs Huawei Band 6

Xiaomi Mi Smart Band 6 memiliki dimensi 47,4 x 18,6 x 12,7 mm dengan layar AMOLED 1,56 inci dengan delapan pilihan warna mulai dari black, white, orange, coklat, biru, hijau, kuning dan silver.

Berbicara tentang rasio layar terhadap bodi, Huawei Band 6 unggul 64 persen, sedangkan Xiaomi Mi Smart Band 6 hanya 60,9 persen.

Xiaomi Mi Smart Band 6. (Xiaomi Indonesia)
Xiaomi Mi Smart Band 6. (Xiaomi Indonesia)

Sedangkan Huawei Band 6 memiliki dimensi 43 x 25,4 x 10,99 mm dengan layar AMOLED 1,47 inch dalam pilihan warna Amber Sunrise, Forest Green, dan Graphite Black. Desain layarnya sedikit berbeda dengan smartband pada umumnya, tidak memanjang tapi membesar seperti layar smartwatch dengan resolusi 194 x 368-pixel (282 ppi).

Dari segi aspect ratio layar Xiaomi Mi Smart Band 6 memiliki ratio 29:9,  sedangkan Huawei Band 6 hanya memiliki rasio 17:9. Tapi bicara rasio screen to body, Huawei Band 6 unggul dengan 64 persen, sedangkan Xiaomi Mi Smart Band 6 hanya sebesar 60.9 persen.

Xiaomi Mi Smart Band 6 masih mengandalkan layar sentuh. Ketahanan air juga tidak berubah dari generasi sebelumnya. Cukup dengan mengantongi sertifikat 5 ATM. Sedangkan Huawei Band 6 dibekali tombol fisik yang berfungsi untuk membangunkan layar dan bertindak sebagai pintasan. Gabungan tombol dengan layar sentuh bisa digunakan untuk menavigasi menu.

Keduanya sudah dibekali akselerometer 3 sumbu dan giroskop 3 sumbu, bersama dengan detak jantung PPG dan sensor SpO2. Masa pakai baterai Xiaomi Mi Band 6 adalah 125mAh, sedangkan Huawei Band 6 sebesar 180mAh. Meski begitu, keduanya mampu bertahan hingga dua minggu dengan sekali pengisian daya.

Xiaomi Mi Smart Band 6 dibekali 30 mode olahraga, 6 diantaranya merupakan pengenalan otomatis. Xiaomi menanamkan Personal Activity Intelligence atau PAI untuk mengukur tingkat aktivitas dengan seberapa keras detak jantung bekerja sepanjang hari. Mereka juga mengaku telah meningkatkan keakuratan statistiknya.

Huawei Band 6. (Huawei Indonesia)
Huawei Band 6. (Huawei Indonesia)

Pelacakan tidur mencakup kualitas pernapasan tidur melalui sensor oksigen darah, sehingga berpotensi mengenali Sleep Apnea. Sedangkan Huawei Band 6 mampu melacak kadar oksigen darah sepanjang waktu tanpa perlu menekan tombol apapun. Total mode olahraga di perangkat mencapai 96, di mana 11 merupakan bawaan dan 85 lainnya dapat diunduh melalui aplikasi smartphone.

Keduanya memiliki kecerdasan pelacak kebugaran. Sedangkan fitur non-kebugaran termasuk pemberitahuan untuk panggilan dan pesan serta fungsi untuk mematikan panggilan, pemberitahuan aplikasi, kontrol musik, alarm, temukan telepon saya dan banyak lagi.

Untuk harga, Xiaomi Mi Smart Band 6 dan Huawei Band 6 memiliki kisaran harga yang sama di toko online atau marketplace, yaitu sekitar Rp550.000. Itulah battle Xiaomi Mi Smart Band 6 vs Huawei Band 6. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi untuk pilihan tergantung pada kebutuhan dan budget kamu. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait