Gadget

Lihat Iklan Komputer Jadul 1983, Netizen: Murah Tapi Tak Terbeli

Spesifikasi komputer jadul sangat berbeda jauh dibandingkan PC zaman now.

Rezza Dwi Rachmanta

Iklan komputer jadul tahun 1983. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)
Iklan komputer jadul tahun 1983. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Hitekno.com - Spesifikasi komputer atau PC mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Sebuah iklan jadul yang menampakkan komputer di era 1980-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional membagikan iklan yang pernah dimuat oleh surat kabar lawas pada tahun 1983.

"Sebuah iklan produk komputer dan printer pada tahun 1983 yang dapat dibeli pada The Computer Store di lantai 2, Pusat Perbelanjaan Ratu Plaza" tulis akun Perpustakaan Nasional pada caption-nya.

Netizen dibuat salfok dengan banderol harga dari komputer dan printer era lawas tersebut. Meski harganya "cukup murah" di era sekarang, namun komputer lawas itu terhitung sangat mahal di masanya.

Hanya orang-orang tertentu yang bisa memiliki komputer hingga motor pada periode tersebut. Beberapa monitor nampak dibanderol dengan harga mulai dari Rp 169 ribu hingga Rp 400 ribuan. Sementara paket lengkap dengan CPU bisa dibeli dengan harga Rp 3,3 juta.

Iklan komputer jadul tahun 1983. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)
Iklan komputer jadul tahun 1983. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Printer Epson Versatile MX-100 diiklankan dengan harga Rp 1,1 juta. Tak sedikit netizen bernostalgia mengenai sistem operasi MS-DOS pada komputer jadul.

Pada iklan lawas yang beredar sebelumnya, kita juga pernah menemui produk Maruda LP 286 dan Compaq LTE 286 yang dirilis pada 1989. Pada iklan, tertulis bahwa laptop tersebut mempunyai layar LCD beresolusi 700 x 400 piksel.

Spesifikasi lain termasuk RAM 1 MB, hard disk 40 MB, dan juga prosesor 12 Mhz. Postingan iklan mengenai komputer jadul di tahun 1980-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Murah tapi tak terbeli oleh masyarakat ekonomi menengah ke bawah," tulis T**fiq Ah**d.

Iklan laptop jadul ini bikin netizen auto salfok. (Instagram/ sobatmasakecil)
Iklan laptop jadul ini bikin netizen auto salfok. (Instagram/ sobatmasakecil)

"Komputer semakin murah seharusnya, sebelum demam menambang kripto menyerang," pendapat A**i Gu**wan.

"Mudah dimiliki tapi nggak mudah pakainya. Paling males gue sama kode-kode kalau ngetik untuk italic, bold dan underline. Nyebelin juga bunyi printer dot matrix-nya. Gue kursus komputer di Lembaga Penelitian UI, nggak lulus-lulus untuk dBase dan Lotus 1-2-3," kenang Dw* Sl**et.

"Waktu SMA ada pelajaran komputer, belajar DOS aja kok udah ngeselin ya. Itu zaman disket masih lebar dan tipis yang kapasitasnya seuprit. Jadi kalau belajar komputer harus bawa banyak disket," balas U**u Ra**a. Itulah tadi postingan iklan jadul komputer tahun 1980-an, bagaimana pendapat kalian?

Berita Terkait