Gadget

Tutorial Cara Menambahkan Catatan Kaki di Microsoft Word denan Cepat

Mudah dan cepat, ini cara menambahkan catatan kaki di Microsoft Word.

Agung Pratnyawan

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara menambahkan catatan kaki di Microsoft Word dengan cepat. Berikut ini tim HiTekno.com merangkum tutorial Microsoft Word bagaimana bisa melakukannya.

Catatan kaki atau Footnote berfungsi untuk memberikan keterangan lebih lanjut mengenai hal atau informasi untuk menunjukan asal sumber yang diambil serta memperkuat dari bagian teks tersebut.

Oleh karena itu, cara menambahkan catatan kaki di Microsoft Word harus kamu ketahui untuk melengkapi dokumen yang kamu buat seperti skripsi, makalah, penelitian, dan lain-lain agar dokumen tersebut lebih teratur.

Cara penulisan catatan kaki tidak bisa sembarangan karena memiliki aturan tertentu yang harus dipenuhi, mulai dari penulisan nama secara lengkap namun tidak menambahkan gelar yang dimiliki oleh penulis tersebut, memperhatikan ejaan yang tepat dari judul tulisan, pemberian tahun terbit buku atau kutipan yang digunakan hingga mencantumkan nomor halaman pada kutipan yang diambil.

Berbagai aturan tersebut tentu melelahkan apabila harus diketik secara manual satu per satu, dan juga bisa saja kamu melakukan kesalahan dalam mengurutkan superscript tanda bahwa ada teks yang akan dijelaskan pada catatan kaki.

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Nah agar lebih mudah, ikuti cara menambahkan catatan kaki di Microsoft Word berikut ini :

  1. Buka dokumen Microsoft Word yang ingin kamu tambahkan catatan kaki
  2. Lalu letakkan kursor pada tempat yang kamu inginkan untuk memunculkan catatan kaki
  3. Kemudian klik tab References dan pada menu Footnotes, klik opsi menu Insert Footnote maka secara otomatis Angka catatan kaki akan disisipkan dan bilah pemisah akan ditambahkan ke bagian bawah halaman
  4. Kursor secara otomatis akan diarahkan ke catatan kaki di bagian bawah halaman sehingga kamu bisa langsung mengetik sumber referensi pada area catatan kaki tersebut
  5. Apabila kamu ingin menambahkan kembali catatan kaki, ulangi langkah-langkah diatas maka tanda superscript akan mengikuti secara otomatis menjadi kedua, ketiga, dan seterusnya. Selain itu setiap kali kamu melakukan perintah Insert Footnote maka kursor secara otomatis akan beralih ke area catatan kaki sehingga kamu bisa langsung mengetik sumber referensi berikutnya
  6. . Selesai!

Itulah cara menambahkan catatan kaki di Microsoft Word yang harus kamu kuasai untuk memperjelas informasi yang menjadi sumber referensi dari dokumen yang kamu buat.

Sekarang dokumen yang kamu buat jadi terlihat lebih rapi dan profesional bukan? Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait