Gadget

Tutorial Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis di Microsoft Word

Ikuti tutorial Microsoft Word ini, bagaimana Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis.

Agung Pratnyawan

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara membuat daftar tabel otomatis di Microsoft Word dengan mudah. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Microsoft Word membuat daftar tabel otomatis.

Untuk kamu yang sedang mengerjakan makalah, skripsi, atau laporan lainnya, menguasai cara membuat daftar tabel otomatis di Microsoft Word sama pentingnya dengan membuat daftar gambar atau daftar isi.

Hal ini karena keberadaan daftar tabel pada suatu dokumen akan sangat membantu kamu untuk melihat kelengkapan tabel pendukung yang dimuat dalam dokumen yang kamu buat.

Daftar tabel adalah kumpulan beberapa urutan tabel agar memudahkan pembaca untuk menemukan tabel yang ada dalam suatu dokumen.

Daftar tabel berisi tentang nomor tabel, judul tabel, serta nomor halaman untuk setiap tabel yang ada pada suatu dokumen.

Oleh karena itu judul tabel pada daftar harus sama dengan judul yang terdapat dalam makalah, skripsi, atau laporan lainnya yang kamu buat agar pada saat pencarian tabel menjadi lebih akurat.

Dengan membuat daftar tabel secara otomatis maka kamu bisa mempercepat proses penyelesaian dokumen tersebut karena tidak perlu mengetik secara manual satu per satu.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Cara membuat daftar tabel otomatis di Microsoft Word bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah tutorial Microsoft Word berikut ini :

  • Buka file berisi semua tabel yang ingin kamu buat daftar tabelnya
  • Kemudian beri keterangan pada semua tabel dengan cara klik kanan pada tabel lalu pilih opsi Insert Caption
  • Maka akan muncul popup dialog box, pada menu dropdown di kolom label ganti dengan opsi menu tabel dan pada kolom position menu dropdown akan otomatis berubah menjadi Above selected item
  • Selanjutnya klik OK
  • Lakukan langkah-langkah yang sama pada semua dokumen
  • Apabila sudah memastikan semua tabel terisi keterangan, arahkan kursor ke halaman kosong untuk menampilkan daftar tabel yang akan kamu buat
  • Kemudian pilih menu References
  • Lalu pilih opsi menu Insert Table of Figure, pada tahap ini ubah kolom Caption Label menjadi Tabel
  • Setelah itu klik ok dan daftar tabel akan ditampilkan secara otomatis

Itulah beberapa langkah-langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk cara membuat daftar tabel otomatis di Microsoft Word. Jadi jangan membuat daftar tabel secara manual lagi ya karena sudah pasti bentuknya akan terlihat kurang rapi dan memakan waktu yang lama untuk mengerjakannya.

Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas, bagaimana cara membuat daftar tabel otomatis di Microsoft Word dengan mudah.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait