Gadget

Sharp Mulai Incar Segmen Entry Level Lewat Aquos V6, Ini Alasannya

Sharp Aquos V6 dibanderol dengan harga Rp 2 juta.

Rezza Dwi Rachmanta

Sharp Aquos V6 series memiliki fitur NFC. (Sharp)
Sharp Aquos V6 series memiliki fitur NFC. (Sharp)

Hitekno.com - Tak terlalu banyak teaser, Sharp meluncurkan Aquos V6 series ke pasar Indonesia. Terdapat alasan khusus mengapa mereka akhirnya menggarap segmen entry level.

Sharp membeberkan data terkait rata-rata penjualan HP di Indonesia yang menyentuh 4 juta unit per bulan. Dari angka 4 juta tersebut, lebih dari 50 persen atau sekitar 2 juta merupakan pasar entry-level.

Mereka menargetkan dapat menjual HP entry-level terbaru mereka di angka 100 ribu unit. Melihat peluang tersebut, guna melengkapi line-up produknya, Sharp Indonesia merilis Aquos V6 & Aquos V6 Plus untuk memenuhi kebutuhan sebuah produk smartphone yang tangguh dengan harga terjangkau.

Sharp sebelum ini memang cenderung menyasar segmen menengah ke atas. Perusahaan sebelum ini sudah mengenalkan Sharp Aquos Zero 2 dan Aquos R3 yang menyasar segmen premium.

Mereka turut merilis Aquos Sense4 Plus yang ditujukan untuk pasar mid-range pada tahun lalu. "Menyasar kelas Entry-level dan Mid-range, AQUOS V6 dan AQUOS V6 Plus ini diproduksi secara ekslusif hanya di Indonesia. Mengusung kualitas Jepang, Smartphone line-up terbaru dari Sharp khusus disiapkan sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia”, kata Ardy selaku Head of Marketing AUVI Product Strategy Group PT Sharp Electronics Indonesia.

Sharp Aquos V6 series memiliki fitur NFC. (Sharp)
Sharp Aquos V6 series memiliki fitur NFC. (Sharp)

Spesifikasi Sharp Aquos V6 Series

Kedua perangkat membawa desain yang hampir sama, namun mempunyai spesifikasi berbeda terkait kamera, kapasitas memori, dan kecepatan pengisian daya.

Sharp Aquos V6 series memiliki layar 6,52 inci beresolusi HD+ dengan kecerahan 450 nits dan rasio layar-ke-tubuh mencapai 89 persen. Kedua perangkat ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G25. Itu adalah chipset bersistem fabrikasi 12 nm dengan prosesor octa-core Cortex A53 hingga 2.0 GHz.

Sharp Aquos V6 versi standar mempunyai tiga kamera belakang berkonfigurasi 13 MP (primer) + 2 MP (makro) + 2 MP (depth sensor). Poni waterdrop di bagian depan digunakan sebagai tempat kamera selfie 5 MP.

Sharp Aquos V6. (Jd.id)
Sharp Aquos V6. (Jd.id)

Model Plus mengusung spesifikasi kamera yang lebih baik. Sharp Aquos V6 Plus memiliki tiga kamera belakang dengan susunan 50 MP (primer) + 2 MP (makro) + 2 MP (depth sensor). Perusahaan menyediakan sensor kamera 8 MP di bagian depan.

Versi standar memiliki RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB sementara Sharp Aquos V6 Plus mempunyai RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Pengguna bisa menambah memori eksternal melalui slot microSD hingga 512 GB. Cukup menarik, Sharp Aquos V6 series sudah dibekali dengan fitur NFC. Perangkat memiliki baterai 5.000 mAh di mana model Plus sudah mendukung fast charging 15 W.

Harga Sharp Aquos V6 (3GB/32GB) dibanderol sebesar Rp 1.949.000. Sementara Sharp Aquos V6 (4GB/64GB) dapat dibeli dengan harga Rp 2,5 juta. Penjualan Sharp Aquos V6 dilakukan secara eksklusif melalui platform e-commerce JD.id.

Berita Terkait