Metaverse Adalah Dunia Virtual yang Sedang Ramai, Berikut Penjelasannya

Metaverse adalah dunia virtual, namun apa yang akan ada di sana?

Agung Pratnyawan
Rabu, 09 Februari 2022 | 14:57 WIB
Metaverse Decentraland. (Decentraland)

Metaverse Decentraland. (Decentraland)

Hitekno.com - Apa itu Metaverse, sebuah jargon baru yang sedang ramai jadi pembicaraan saat. Sebenarnya, metaverse adalah dunia virtual yang diciptakan dengan mengambil berbagai aspek dari dunia nyata.

Menurut Wikipedia, meta semesta atau metaverse adalah bagian Internet dari realitas virtual bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata dalam dunia internet tahap kedua.

Kata metaverse akhir-akhir ini menjadi topik hangat diperbincangkan masyarakat. Nama Metaverse mulai buming semenjak Facebook mengumumkan rebranding yang mereka lakukan menjadi Meta istilah Metaverse menjadi trending topic.

Baca Juga: CEO Apple Sebut Teknologi Metaverse Punya Banyak Potensi

Lalu apa itu Metaverse yang sedang ramai ini? Nama tersebut merupakan rebranding dari fokus perusahaan yang kini melebarkan sayapnya dengan membuat dunia virtual yang disebut Metaverse.

Facebook bukan satu-satunya perusahaan yang melirik dan mengembangkan metaverse. Dunia virtual ini juga menarik perhatian perusahaan teknologi lainnya.

Namun baru Facebook yang secara gamblang mengungkapkan visi misi dan rencana mereka akan metaverse ini hingga mencuri perhatian dunia.

Baca Juga: 7 Film tentang Metaverse Selain Ready Player One

Istilah Metaverse merujuk secara luas pada gagasan tentang dunia virtual yang dapat diakses oleh banyak orang walaupun menggunakan perangkat berbeda. Metaverse digambarkan sebagai ranah online yang sepenuhnya imersif, terlihat mirip dengan dunia nyata, tetapi dihasilkan oleh komputer.

Ilustrasi sebidang tanah di Metaverse. (Sandbox)
Ilustrasi sebidang tanah di Metaverse. (Sandbox)

Metaverse sendiri juga merupakan ruang virtual yang diciptakan sebagai versi digital dari berbagai aspek yang ada di dunia nyata, baik itu interaksi antara manusia maupun fungsi ekonomi.

Dalam Metaverse, manusia akan mengenal istilah virtual reality (VR) yang ditandai dengan pemakaian dunia virtual yang lebih berkelanjutan.

Baca Juga: Sama-sama Proyek Metaverse, Ini 4 Perbedaan Decentraland vs The Sandbox

Facebook bukan satu-satunya perusahaan yang mengembangkan teknologi Metaverse ini. Namun perusahaan Mark Zuckerberg yang kini bernama Meta ini menjadi salah satu yang mempopulerkannya.

Metaverse Decentraland. (Decentraland)
Metaverse Decentraland. (Decentraland)

Visi Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg mengatakan metaverse adalah evolusi selanjutnya untuk jejaring sosial. Untuk mewujudkannya, orang perlu memakai headset VR atau kacamata augmented reality yang menempatkan dunia digital ke dunia nyata. Mungkin juga ada hologram manusia hidup yang dipancarkan ke dunia nyata dari sistem proyeksi mutakhir.

Baca Juga: Mengenal Sandbox Metaverse, Game yang Bisa Bikin Kamu Dapat Uang Kripto

"Ketika Anda bermain game dengan teman-teman Anda, Anda akan merasa seperti berada di sana bersama di dunia yang berbeda, tidak hanya di komputer Anda sendiri," kata Zuckerberg.

"Dan ketika Anda sedang rapat di metaverse, Anda akan merasa seperti berada di ruangan bersama-sama melakukan kontak mata, memiliki rasa ruang yang sama, dan tidak hanya melihat kisi-kisi wajah di layar," sambungnya.

Bahkan di Metaverse ini para arsitek juga bisa mendesain bangunan digital. Tak hanya itu konser juga dapat dilakukan tanpa harus berada di lokasi secara fisik. Sistem ekonomi baru, berdasarkan cryptocurrency dan koleksi digital yang dikenal sebagai NFT, akan memungkinkan orang membeli serta menjual barang dan jasa.

Metaverse Decentraland. (Decentraland)
Metaverse Decentraland. (Decentraland)

Apakah Metaverse Akan Menggantikan Internet?

Mark  Zuckerberg memberikan gambaran Metaverse sebagai "internet yang akan diwujudkan," yang pada dasarnya adalah versi internet yang ditingkatkan. Penggunanya dapat memiliki pengalaman berbeda yang tidak didapatkan pada aplikasi atau halaman web 2D, dirangkum dari The Verge, Rabu (22/12/2021).

Di masa depan, teknologi metaverse ini dimungkinkan bisa digunakan untuk membawa barang-barang secara virtual. Sebagai contoh adalah saat kamu membeli satu pakaian dari sebuah aplikasi dan dipindahkan ke aplikasi lainnya. Tidak hanya kemeja yang ringan dan bisa digenggam, barang sebesar mobil pun kabarnya bisa diperlakukan serupa.

Melalui inovasi, teknologi-teknologi baru dalam metaverse mungkin terdengar seperti mustahil. Namun, kita tidak bisa menutup mata bahwa internet terus berkembang. Kejadian-kejadian yang tidak mungkin di masa lampau, bisa menjadi kenyataan di masa kini.

Itulah apa itu Metaverse dan perkiraan perkembangan kedepannya. Bahkan disebut-sebut metaverse adalah kelanjutan dari internet di masa depan.

Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak