Gadget

Cara Setting APN 3 untuk Pengaturan Lebih Optimal

Dapatkan jaringan lebih optimal dengan cara setting APN 3 ini.

Agung Pratnyawan

Logo 3 Indonesia. (3 Indonesia)
Logo 3 Indonesia. (3 Indonesia)

Hitekno.com - Inilah cara setting APN 3 yang harus kamu lakukan untuk menyambungkan perangkat yang kamu gunakan dengan jaringan internet.

Seperti yang telah kamu ketahui peran APN sangatlah penting, karena apabila kamu keliru dalam melakukan pengaturan APN maka bisa menyebabkan permasalahan koneksi internet pada perangkat seluler kamu.

Access Point Name atau APN adalah nama gerbang antara jaringan seluler baik berupa GSM, GPRS, 3G, 4G ataupun jaringan komputer lain. Perangkat seluler yang membuat koneksi data harus dikonfigurasi dengan APN untuk ditampilkan ke operator, tidak terkecuali dengan operator seluler 3.

3 adalah merk jaringan telekomunikasi seluler yang menyediakan teknologi 2G, 3G/WCDMA, dan 4G LTE GSM yang dikuasai oleh CK Hutchison Holdings.

Jadi apakah kamu sudah melakukan setting APN pada kartu 3 kamu? Kalau belum simak cara setting APN 3 berikut ini :

  • Masuk ke dalam menu Setting pada HP kamu
  • Kemudian klik menu Mobile Networks
  • Lalu pilih slot SIM di HP kamu yang terdapat kartu 3
  • Selanjutnya pilih menu Access Point Names atau APN
  • Setelah masuk ke menu APN, kamu tinggal klik tombol tambah (+) yang berada di bagian kanan atas untuk membuat profil baru
  • Lalu isi settingan APN dengan data berikut :
    APN : 3data
    Username : 3data
    Password : 3data
  • Apabila kamu telah memastikan data yang kamu masukkan benar, Klik simpan dan tutup menu Setting pada HP kamu
  • Setelah itu coba gunakan koneksi internet kamu apakah sudah berjalan lancar atau belum. Apabila koneksi internet kamu masih lambat, maka coba aktifkan mode pesawat (airplane mode) selama 10-20 detik lalu matikan kembali atau kamu juga bisa mencoba merestart HP kamu untuk merefresh settingan pada HP kamu
  • Selesai! Sekarang kamu bisa menikmati koneksi internet yang makin cepat

Itulah cara setting APN 3 yang harus kamu ketahui karena penggunaan APN yang tepat, bisa memberikan layanan internet terbaik dan paling aman pada perangkat yang kamu gunakan. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait