Gadget

Oppo Reno7 Siap Rilis Global Sebentar Lagi, Proses Desainnya Terungkap

Oppo Reno7 series membawa teknologi pemrosesan desain mirip di industri penerbangan.

Rezza Dwi Rachmanta

Oppo Reno7 series versi global dengan proses LDI. (Oppo)
Oppo Reno7 series versi global dengan proses LDI. (Oppo)

Hitekno.com - Oppo Reno7 series sudah meluncur pertama kali di China pada November 2021. Perusahaan telah mengunggah poster resmi yang menyuratkan perilisan global dari Oppo Reno7 series.

Perlu diketahui, keluarga Oppo Reno7 series terdiri dari Oppo Reno7, Oppo Reno7 Pro, dan Oppo Reno7 FE. Perangkat bakal memulai perilisan global di India pada 4 Februari 2022.

Tak menutup kemungkinan bahwa HP premium ini juga bakal menyambangi beberapa negara lain. Menjelang perilisan global, perusahaan memamerkan proses desain teknologi LDI pada Reno7 series varian global.

LDI adalah singkatan dari Laser Direct Imaging. Itu adalah teknologi yang digunakan untuk mendesain PCB di industri penerbangan.

Oppo mengklaim bahwa para ilmuwannya telah bekerja selama 3 tahun untuk menerapkan LDI. Ini memungkinkan mereka membuat 1,2 juta micro-etching dengan lebar 20 mikron di seluruh permukaan panel belakang smartphone.

Oppo Reno7 series versi global dengan proses LDI. (Oppo)
Oppo Reno7 series versi global dengan proses LDI. (Oppo)

Bodi belakang ponsel bakal menampilkan ilusi visual dan tekstur bintang jatuh yang disebut Oppo sebagai "Desain Bintang Jatuh Aircraft Grade".

Dikutip dari GSMArena, perusahaan menjelaskan bahwa Oppo Reno7 Pro akan memiliki bezel lensa berlapis keramik berwarna yang terbuat dari zirkonia.

Sebagai informasi tambahan, zirkonia memiliki tingkat kekerasan 8.5 atau lebih tinggi dibanding angka 5.5 milik baja tahan karat. Perusahaan telah mengonfirmasi bahwa Oppo Reno7 Pro varian global akan datang dengan chipset Dimensity 1200-MAX.

Fitur lainnya termasuk pengisian daya 65 W, ketebalan 7.45 mm, dan sensor IMX709 serta IMX766. Jika masih ingat, varian Oppo Reno6 di China berbeda dibanding perangkat yang masuk ke Indonesia.

Oppo Reno6 versi Indonesia membawa chipset Qualcomm Snapdragon 720G, sementara versi China mengusung chipset MediaTek Dimensity 900. Tak menutup kemungkinan bahwa perbedaan spesifikasi bakal terjadi lagi pada Oppo Reno7.

Spesifikasi Oppo Reno7 varian China

Tampilan Oppo Reno7 SE. (JD.com)
Tampilan Oppo Reno7 SE. (JD.com)

 

Oppo Reno7 varian standar mengusung layar AMOLED 6,43 inci beresolusi Full HD+ dengan refresh rate 90 Hz. HP baru ini ditenagai chipset Snapdragon 778G 5G dengan dukungan RAM 8 GB atau 12 GB.

Perangkat mempunyai tiga kamera belakang berkonfigurasi 64 MP + 8 MP + 2 MP dan kamera selfie 32 MP. Saat pertama kali rilis di China.

Oppo Reno7 dibanderol sebesar 2.699 yuan atau Rp 6,1 juta. Model Pro mengusung dapur pacu Dimensity 1200 sementara varian terjangkaunya, Reno7 SE ditenagai Dimensity 900.

Terdapat perbedaan pada sisi kamera di mana Oppo Reno7 Pro membawa kamera primer Sony IMX766 50 MP dan Oppo Reno7 SE mengandalkan kamera Sony IMX581 48 MP. Oppo Reno7 SE merupakan model perangkat yang paling terjangkau dengan banderol 2.199 yuan atau Rp 5 juta.

Berita Terkait