Gadget

Trik Word, Cara Membuat Halaman Portrait dan Landscape dalam Satu Dokumen

Trik Microsoft Word yang sangat berguna, kamu tinggal ikuti cara membuat halaman portrait dan landscape dalam satu dokumen.

Agung Pratnyawan

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Secara default orientasi format yang ditampilkan pada layout di program Microsoft Word merupakan orientasi portrait. Oleh karena itu cara membuat halaman portrait dan landscape dalam satu dokumen wajib untuk kamu kuasai karena dalam pembuatan suatu dokumen.

Karena  terkadang kita ingin membuat dokumen tersebut dalam format layout yang berbeda, ada yang berbentuk portrait dan ada juga yang berbentuk landscape.

Portrait adalah pengaturan kertas dalam posisi tegak atau vertikal, sedangkan Landscape adalah pengaturan kertas dengan posisi halaman yang memiliki ukuran lebar lebih panjang daripada ukuran tingginya atau biasa juga disebut halaman horizontal atau mendatar.

Keduanya tentu memiliki tampilan yang berbeda. Dan akan membutuhkan pengaturan khusus untuk dijadikan dalam satu dokumen.

Nah sebenarnya kamu tidak perlu membuat 2 file yang berbeda secara terpisah hanya karena kamu memiliki halaman yang berbeda, karena kamu bisa kok membuat halaman portrait dan landscape dalam satu dokumen.

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Cara membuat halaman portrait dan landscape dalam satu dokumen, bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka program Microsoft Word pada komputer ataupun laptop yang kamu gunakan
  2. Maka secara otomatis program Microsoft Word tersebut akan menampilkan halaman dengan format layout portrait
  3. Lalu untuk menambahkan halaman baru, klik menu Layout pada menu bar yang ada pada bagian atas
  4. Kemudian pilih menu Breaks
  5. Selanjutnya pilih pada opsi menu Next Page
  6. Maka akan muncul halaman baru yang dibuat dalam format layout portrait dan untuk mengubahnya dengan tampilan halaman yang berbeda yaitu menjadi format layout landscape, kamu tinggal klik menu Layout
  7. Selanjutnya pilih menu Orientation
  8. Setelah itu pilih layout Landscape, maka secara otomatis halaman baru tersebut akan muncul dalam format layout landscape
  9. Selesai! Kamu sudah berhasil membuat halaman dengan format layout portrait dan landscape dalam satu dokumen

Itulah cara membuat halaman portrait dan landscape dalam satu dokumen yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Apabila kamu ingin membuat halaman yang berbeda dengan jumlah banyak maka kamu tinggal mengulangi langkah-langkah seperti diatas saja ya. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait