Gadget

Cara Mudah Menghapus Kolom dan Baris Kosong di Excel, Cell Terpisah?

Gunakan cara mudah menghapus kolom dan baris kosong di Excel ini untuk mempercepat pekerjaan kamu.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Untuk mempercepat pekerjaan kalian dalam mengelola data di Microsoft Excel, ketahui bagaimana cara mudah menghapus kolom dan baris kosong di Excel. Manfaatkan trik Microsoft Excel ini dengan baik.

Kalian tengah membuat data pada Microsoft Excel? Namun ketika menginput data pada beberapa kolom atau baris kalian memang sengaja tidak mengisi cell tersebut atau memang tidak membutuhkannya.

Namun sayangnya ternyata cell atau kolom dan baris yang kosong cukup susah jika handak dihapus dnegan tujuan setelah dihapus posisinya bisa lebih tertata dengan rapi. Berikut cara mudah menghapus kolom dan baris kosong di Excel.

Apalagi jika cell yang kosong berada di titik-titik yang berbeda dan telah terpisah dengan berapa tulisan atau angka-angka lainnya tentu akan semakin menyulitkan lagi proses untuk menghapusnya.

Namun kebanyakan kasus, jika kolom dan baris yang kosong berada dalam satu area atau berjajar-jajar. Berikut cara mudah menghapus kolom dan baris di Excel:

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)
Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Berikut cara mudah menghapus kolom dan baris kosong di Excel dengan menggunakan fitur "Go To Special":

  1. Bukalah aplikasi Microsoft Excel yang ada di laptop atau PC kalian
  2. Kemudian bukalah file yang telah kalian buat sebelumnya sesuai dengan format dan kebutuhan masing-masing
  3. Kliklah pada salah satu cell (kolom/baris)
  4. Kemudian pilih dan klik kolom "Home" 
  5. Setelah itu pilih dan klik menu di bagian pojok kanan atas "Find  & Select" > "Go To Special"
  6. Lalu akan muncul beberapa menu lainnya lalu pilih "Blank" > "Ok" tunggulah beberapa saat hingga muncul kolom berwarna abu-abu pada cell (kolom dan baris) yang kosong
  7. Kemudian klik "Home" dan carilah menu pilihan "Delete" dengan icon tabel bersilangan merah
  8. Lalu pilihlah "Delet Cells" kemudian akan muncul beberapa pilihan kembali secara pop atau mengambang
  9. Kalian bisa memilih salah satu antar "Shift cells left" (tulisan yang ada di cell sebelah kanan akan berpindah ke cell yang baru saja dihapus) atau "Shift cells up" (tulisan yang ada di cell sebelah atas akan berpindah turun ke cell yang baru saja dihapus) 

 

Nah itulah cara mudah menghapus kolom dan baris kosong di Excel serta menghapus posisi cell yang terpisah kalian juga tetap bisa menghapusnya secara bersamaan dalam step yang sama. Bagaimana nih apakah kalian tertarik untuk mencoba trik Microsoft Excel di atas?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait