Gadget

4 Rekomendasi HP RAM 12 GB, Handal untuk Multitasking

Cari HP RAM 12 GB untuk menjalankan banyak aplikasi bersamaan? Cek rekomendasi ini.

Agung Pratnyawan

Oppo Reno6 Pro 5G. (Oppo Indonesia)
Oppo Reno6 Pro 5G. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Daftar rekomendasi HP RAM 12 GB yang harus kamu ketahui supaya kamu tidak bingung saat ingin membeli HP baru yang memiliki kapasitas RAM besar.

Setuju tidak kalau RAM merupakan salah satu spesifikasi yang harus diperhatikan disaat kamu ingin membeli HP baru? Karena dengan ukuran RAM yang besar maka kamu bisa dengan puas menjalankan berbagai macam aplikasi apapun pada HP kamu secara bersamaan tanpa takut lemot ataupun bisa kamu gunakan untuk bermain game.

RAM atau Random Access Memory adalah sebuah tempat penyimpanan data sementara dari aplikasi yang dijalankan pada suatu HP. Ukuran RAM pada HP cukup beragam mulai dari 2 GB, 4 GB, 6 GB, 8 GB, hingga 12 GB.

Seperti yang kita ketahui, semakin besar ukuran RAM pada sebuah HP bisa membuat HP tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

Saat ini HP dengan ukuran RAM yang terbesar yaitu 12 GB, namun untuk mendapatkan HP dengan kapasitas RAM yang besar maka kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam.

HP dengan kapasitas RAM 12 GB terkenal dibanderol dengan harga yang tinggi yaitu mulai dari Rp 5 Jutaan keatas, diantaranya sebagai berikut:

  1. Realme X3 SuperZoom
  2. Xiaomi 11T Pro
  3. OPPO Reno6 Pro 5G
  4. Vivo X70 Pro

Nah supaya kamu tidak penasaran, berikut ini rekomendasi HP RAM 12 GB yang dijamin bisa mendukung segala aktivitas kamu mulai dari multitasking hingga bermain game dengan stabil :

1. Realme X3 SuperZoom

Realme X3 SuperZoom. (Realme)
Realme X3 SuperZoom. (Realme)

Realme X3 SuperZoom merupakan rekomendasi HP RAM 12 GB yang bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 5.3 Jutaan saja.

HP ini sudah dilengkapi lensa periskop yang bisa melakukan zoom optik 5 kali dan zoom hibrida hingga 60 kali, serta didukung empat kamera belakang yang terdiri dari 64 MP + 8 MP + 8 MP + 2 MP dan dua kamera depan yang berukuran 32 MP + 8 MP.

2. Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T Pro - Moonlight White. (Mi.co.id)
Xiaomi 11T Pro - Moonlight White. (Mi.co.id)

Xiaomi 11T Pro hadir dengan varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB yang siap membantu meningkatkan kinerja dari prosesor Snapdragon 888 yang merupakan prosesor 5G dengan arsitektur 5nm.

Rekomendasi HP RAM 12 GB yang dibanderol dengan harga RP 6.9 Jutaan ini mengusung layar AMOLED berukuran 6.67 inci dengan kapasitas resolusi FHD+ dan sudah mendukung refresh rate 120Hz serta dilapisi Corning Gorilla Glass Victus.

Pada bagian kameranya terdapat lensa 108 MP pro-grade dengan lensa ultra lebar, kamera tele macro 5 MP, dan kamera ultra-wide 8 MP. Untuk baterainya berkapasitas 5.000 mAh yang didukung teknologi HyperCharge 120W yang mampu mengisi daya hanya dalam waktu sekitar 17 menit saja.

3. OPPO Reno6 Pro 5G

Oppo Reno6 Pro 5G. (Oppo Indonesia)
Oppo Reno6 Pro 5G. (Oppo Indonesia)

OPPO Reno6 Pro 5G merupakan rekomendasi HP RAM 12 GB yang hadir dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp 7 Jutaan saja namun tetap dilengkapi oleh spesifikasi yang mumpuni.

Pada HP OPPO Reno6 Pro 5G ini sudah membawa chipset Snapdragon 870 5G (7 nm), baterai 4500mAh Fast charging 65W dan untuk bagian layarnya sudah menggunakan layar AMOLED berukuran 6,55 inci dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, refresh rate 90Hz serta mengadopsi dukungan sistem operasi android versi anyar Android 11, dengan tampilan antarmuka ColorOS 11.3.

Pada bagian belakangnya memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari 64MP + 8MP + 8MP + 2MP, dan pada kamera depannya memiliki resolusi 32MP.

4. Vivo X70 Pro

Vivo X70 Pro. (Vivo Indonesia)
Vivo X70 Pro. (Vivo Indonesia)

Vivo X70 Pro merupakan salah satu rekomendasi HP RAM 12 GB yang sudah dirancang dengan performa tinggi sehingga dijamin kamu tidak akan lagi menemui lag ketika membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan.

Bahkan HP yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 10 Jutaan ini juga menyediakan fitur Extended RAM 2.0 yang berfungsi untuk menambah RAM dengan mengubah sebagian ruang di dalam memori internal menjadi memori virtual.

Selain itu Vivo X70 Pro juga sudah menggunakan SoC premium MediaTek Dimensity 1200, dan software (antarmuka) Funtouch OS yang cukup ringan.

Itulah beberapa rekomendasi HP RAM 12 GB yang bisa jadi pilihan kamu pada saat ingin membeli HP baru. Namun sebelum menentukan HP mana yang ingin kamu beri dari daftar rekomendasi HP RAM 12 GB diatas, jangan lupa pastikan budget yang kamu miliki cukup ya!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait