Gadget

Cara Mematikan Update Windows 10, Mudah Gunakan Langkah-langkah Ini

Namun ingat, ada risiko di balik mematikan update Windows 10.

Agung Pratnyawan

Microsoft Windows 10. (Amazon)
Microsoft Windows 10. (Amazon)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara mematikan update Windows 10 dengan mudah. Kamu bisa melakukannya sendiri, namun ingat risiko ditanggun sendiri juga.

Pembaruan pada Windows 10 ini bisa memberikan manfaat yang cukup banyak untuk laptop atau PC kalian namun terkadang dengan beberapa alasan kalian memilih untuk mematikan pembaruan otomatis atau auto update di Windows 10 tersebut.

Namun bagaimana cara mematikan update Windows 10 ini? Yuk kita simak langkah-langkahnya.

Beberapa alasan yang mungkin membuat kalian menginginkan untuk mematikan pembaruan update Windows 10 ini karena spesifikasi laptop yang terbilang rendah maupun koneksi internet yang cukup pelan dan membuat kinerja laptop kalian semakin pelan dan berat.

Tentu hal ini terasa sangat mengganggu apalagi jika laptop kalian gunakan untuk keperluan sehari-hari. Berikut beberapa alasan Windows 10 selalu minta update dan cara mematikan update Windows 10:

Cara mematikan Update Windows 10

  1. Pilihlah menu "start" 
  2. Kemudian ketuk kolom pencarian dan masukkan kata kunci "gpedit" dan klik tombol enter pada keyboard kalian
  3. Kemudian akan muncul halaman "Local Group Policy Editor" kemudian pilihlah menu "Computer Configuration" > "Administrative Templates" > "Windows Components" > dan "Windows Update"
  4. Lalu akan muncul menu pop up atau secara mengembang kemudian klik "Disable" > "Apply" dan klik "OK"

Alasan dan Manfaat Update Windows 10

Ilustrasi Windows 10. (Pixabay)
Ilustrasi Windows 10. (Pixabay)

1. Meningkatkan keamanan

Salah satu musuh dari Windows 10 adalah hacker jahil, rupanya para hacker bisa muncul dari berbagai cara salah satunya yakni ketika kalian mengunduh berbagai aplikasi apalagi jika keamanan aplikasi tersebut tidak diketahui bisa menjadi celah Windows 10 kalian bobol di tangan hacker. 

Dengan demikian maka Windows 10 selalu kerap meminta update atau merekomendasikan untuk melakukan auto update agar laptop atau PC kalian tetap aman.

2. Melancarkan Sistem Operasi

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Windows 10 adalah selalu terbuka dengan masukan masukan dari para pengguna Windows 10 tersebut.

Seperti halnya memberikan masukan seperti keluhan atau fitur-fitur yang diinginkan oleh para pelanggan jika dirasa fitur tersebut bisa bermanfaat maka Windows 10 akan melakukan update fitur sesuai dengan keinginan para pelanggan.

3. Memperbaiki error

Salah satu fitur yang ada di Windows 10 adalah error reporting yang bisa melaporkan permasalahan atau error yang ada di Windows 10 secara otomatis kepada para pengembang (developer) maka orang tersebut akan segera diteliti dan akan melakukan perbaikan.

Nah itulah cara mematikan update Windows 10 dan alasan jika kalian melakukan update pada Windows 10 tersebut. Apakah kalian lebih memilih untuk menghentikan update Windows 10 ini?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait