Gadget

Apa Itu NFT, Lengkap Fungsi dan Cara Kerjanya

Ketahui apa itu NFT dan fungsinya.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi NFT. (Pixabay)
Ilustrasi NFT. (Pixabay)

Hitekno.com - Baru-baru ini NFT sedang ramai diperbincangkan di jagat media sosial. Namun tahukah kamu apa Itu NFT, istilah yang sedang digaungkan.

NFT atau non-fungible token adalah salah satu aset digital yang tengah naik daun. NFT adalah aset digital yang mewakili aset di dunia nyata. Ini seperti sertifikat digital bagi mereka yang memiliki foto, video atau bentuk virtual lainnya.

Bahkan tak hanya sekadar karya seni, NFT juga diprediksi akan jadi bagian masa depan industri game. Hal ini akan tercatat di blockchain. Bila sudah dienkripsi di blockchain, pihak lain tidak dapat menduplikasi atau mereplikasi aset tersebut. Sebenarnya, NFT sudah ada sejak tahun 2014.

Namun, NFT baru populer akhir-akhir ini karena mulai banyak seniman digital yang memperdagangkan produknya. Setiap karya seni, hanya ada satu NFT dan hal itu ditunjukkan lewat kode identitas yang unik.

Sederhananya, apa itu NFT merupakan item layaknya koleksi fisik, namun bentuknya saja yang berbeda, yakni digital.

Jadi, jika kamu biasanya mendapatkan lukisan dalam bentuk fisik, kali ini kamu akan mendapatkan file digital jika membeli NFT. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan hak milik, jadi NFT tersebut hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja.

Karenanya, tak heran jika karya seni digital ini banyak yang bernilai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Ilustrasi NFT. (Pixabay)
Ilustrasi NFT. (Pixabay)

Cara kerja NFT

Cara kerja NFT tersedia di blockchain, yakni buku kas besar atau ledger yang mencatat setiap transaksi yang terjadi di jaringan tersebut. Kamu yang bermain dengan kripto mungkin sudah tak asing lagi dengan blockchain yang menjadi proses persyaratan yang dapat membuat mata uang kripto terealisasikan.

Transaksi NFT sendiri biasanya dilakukan melalui blockchain ethereum. Dengan membeli NFT, kamu bisa mendapatkan hak milik dan menjadi satu-satunya orang yang memiliki suatu karya seni yang kamu beli.

Fungsi NFT

NFT berfungsi untuk menandai kepemilikan dari sebuah item secara digital. Kita dapat membedakan mana pemilik asli mana yang menjualnya melalui NFT. Di era digital seperti sekarang ini, kita bisa mendapatkan gambar, lagu, video dan lain sebagainya dengan mudah. Hal ini membuat banyaknya item asli yang di duplikat.

Hadirnya NFT bisa menutup kebiasaan ini karena tidak bisa diubah atau disalin sebagai token yang baru serta bersifat unik sehingga kita bisa dengan mudah mengecek mana berkas asli dan mana yang palsu.

Proses verifikasi yang ditawarkan pun semakin mudah karena NFT tersedia secara publik namun tetap aman. Jadi kita tidak perlu repot-repot menghubungi institusi terkait seperti perusahaan label untuk mengklaim sebuah item.

Itulah penjelasan apa itu NFT, teknologi baru lengkap dengan cara kerja dan fungsinya.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait