Gadget

Ini Cara Setting APN XL 4G, Dapatkan Jaringan Lebih Stabil

Tersedia cara setting APN XL 4G untuk HP Android dan iPhone.

Agung Pratnyawan

Aplikasi myXL. (XL Axiata)
Aplikasi myXL. (XL Axiata)

Hitekno.com - Inilah cara setting APN XL 4G untuk memastikan kalau perangkat seluler yang kamu gunakan terhubung dengan jaringan internet. Sudah tahu apa itu APN? Mungkin diantara kamu masih ada yang asing mendengar istilah APN ya, APN atau Access Point Name adalah suatu gerbang antara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G dan 4G dan jaringan komputer lain.

Perangkat seluler yang membuat koneksi data harus dikonfigurasi dengan APN untuk ditampilkan ke operator. Pengaturan APN di setiap Operator penyedia layanan Internet itu pun berbeda-beda, termasuk pada operator XL.

XL adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang memiliki jaringan luas, sinyal kuat dan stabil, serta kecepatan internet yang bisa menunjang segala aktifitas kamu.

Seperti yang kita ketahui semenjak hadirnya internet membuat segala hal yang dilakukan menjadi lebih mudah, mulai dari belajar, mengerjakan tugas pekerjaan, belanja, dan hampir semua kegiatan bisa dilakukan secara online.

Agar segala kegiatan kamu tetap berjalan lancar tidak terganggu oleh masalah internet yang tidak stabil maka kamu perlu mengatur APN untuk membuat koneksi jaringan 4G kartu XL kamu lebih stabil dan cepat.

Kamu bisa mengatur APN jaringan 4G XL dengan cara yang sangat mudah. Namun sebelum itu, catat format APN XL 4G dibawah ini untuk melakukan cara setting APN XL 4G :

Name : XL 4G
APN : www.xl4g.net
Proxy : 202.152.240.50
Port : 80

Pastikan kamu mengatur APN hingga kolom Server saja, seterusnya tidak perlu kamu ubah ya!

Ilustrasi XL Axiata. (XL Axiata)
Ilustrasi XL Axiata. (XL Axiata)

Jenis smartphone pertama yang akan kita terapkan cara setting APN XL 4G adalah Android. Ikuti langkah berikut ini untuk cara setting APN XL 4G :

  • Buka menu pengaturan atau setting pada smartphone android kamu
  • Setelah masuk ke menu pengaturan, pilih opsi Mobile Network yang ada di bagian atas
  • Kemudian pilih menu SIM, pilih SIM 1 atau Sim 2 yang menjadi tempat SIM kartu XL kamu berada dan pastikan koneksi internet kamu menggunakan kartu XL tersebut
  • Lalu pilih menu APN atau Access Point Name
  • Pada halaman ini kamu akan langsung masuk ke setting standar APN XL. Jangan merubah apapun pada settingan tersebut
  • Klik simbol + atau New APN yang ada di pojok kanan atas untuk masuk ke kotak dialog setting APN yang baru tanpa merubah APN yang lama
  • Pilih settingan APN XL 4G yang sudah kamu catat di atas tadi, lalu masukkan ke dalam kolom-kolom yang sudah tersedia
  • Setelah itu klik simpan, lalu aktifkan settingan APN terbaru kamu

Selain cara setting APN XL 4G pada smartphone Android, bagi kamu pengguna iPhone dengan provider XL pasti pernah juga mengalami masalah internet yang lambat kan? Nah, kamu juga bisa loh mengatur APN XL 4G pada iPhone kamu. Caranya tentu saja akan berbeda dengan Android, berikut ini cara setting APN XL 4G di iPhone yang bisa kamu lakukan :

  • Masuk ke menu Setting pada iPhone kamu
  • Lalu pilih menu Cellular
  • Setelah itu klik menu Cellular Data Network
  • Jangan lupa untuk memastikan kalau kamu sudah menyimpan pengaturan APN XL default yang sebelumnya dengan melakukan screenshot, agar apabila cara setting APN XL 4G ini tidak berhasil maka kamu bisa kembali ke APN awal
  • Kemudian atur APN sesuai dengan daftar format APN XL 4G yang sudah kamu catat sebelumnya
  • Selesai! klik simpan dan aktifkan settingan APN terbaru kamu

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan apabila ingin mengetahui cara setting APN XL 4G agar koneksi internet kamu semakin cepat. Jangan lupa untuk pastikan kalau kamu mengikuti langkah-langkah di atas secara sistematis.

Karena apabila kamu melakukan kesalahan dalam melakukan setting, maka bisa menyebabkan tidak terhubung pada jaringan internet. Kalau hal tersebut terjadi maka lebih baik kamu mengembalikan settingan APN XL ini ke settingan default terlebih dahulu.

Selamat mencoba cara setting APN XL 4G di atas untuk mendapatkan jaringan yang lebih baik.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait