Gadget

Oppo Find N Resmi Dirilis, HP Layar Lipat Harga Mulai dari Rp 17 Jutaan

Cek seperti apa spesifikasi Oppo Find N ini.

Agung Pratnyawan

HP layar lipat Oppo Find N. (Oppo)
HP layar lipat Oppo Find N. (Oppo)

Hitekno.com - Akhirnya Oppo resmi mengenalkan HP layar lipat atau foldable phone pertama mereka. Yakni Oppo Find N yang resmi dikenalkan melalui Oppo INNO Day 2021.

HP layar lipat ini merupakan hasil riset Oppo selama empat tahun serta pengembangan enam generasi prototype. Sekaligus menjadikan Oppo sebagai jajaran produsen smartphone dengan layar lipat.

Pendiri & Chief Executive Officer OPPO, Tony Chen menyampaikan, pihaknya terus berupaya membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui pengembangan teknologi dan produk inovatif.

"Meskipun perjalanan menuju setiap terobosan teknologi penuh dengan tantangan, kami konsisten untuk melanjutkannya selangkah demi selangkah, untuk mencapai ‘Inspiration Ahead’ seperti yang tertuang dalam brand proposition OPPO," kata Chen dalam rilis yang diterima, Rabu (15/12/2021).

Spesifikasi Oppo Find N

HP layar lipat Oppo Find N. (Oppo)
HP layar lipat Oppo Find N. (Oppo)

Oppo Find N membawa dua layar yang ada di sisi belakang dan depan, mirip Samsung Galaxy Z Fold 3. Layar dalamnya berjenis LTPO AMOLED berukuran 7,1 inci, resolusi 1.792 x 1.920 piksel, refresh rate adaptive 120Hz, touch sampling rate 1.000Hz, kecerahan 1.000 nits, dan kerapatan piksel 370ppi.

Sementara layar berjenis AMOLED berukuran 5,49 inci, resolusi 1.972 x 988 piksel, refresh rate 60Hz, kerapatan piksel 402ppi, dan dilapisi Corning Gorilla Glass Victus.

Salah satu yang diunggulkan dalam Oppo Find N adalah Flexion Hinge atau engsel melengkung. Komponen ini menyatukan 136 komponen dengan sangat presisi hingga 0,01 mm, membuatnya dapat bergerak dengan mulus layaknya pergerakan sendi dalam tubuh manusia.

Flexion Hinge pada OPPO Find N berfungsi sebagai penyangga saat layar terlipat. Dengan demikian, lengkungan pada layar menjadi tidak terlalu terlihat hingga 80 persen dibandingkan dengan perangkat lain (berdasarkan penilaian TUV).

Selain itu, Flexion Hinge juga menghilangkan celah antara layar saat dilipat. Sehingga menawarkan tampilan yang lebih terintegrasi dan dapat melindungi layar dalam dari goresan.

HP layar lipat Oppo Find N. (Oppo)
HP layar lipat Oppo Find N. (Oppo)

Di bagian belakang, Oppo Find N membawa kamera utama Sony IMX 766 50 MP, kamera ultrawide 16 MP, dan kamera telefoto 13 MP. Sementara kamera depannya berukuran 32 MP, yang mana lensa ini ada di layar dalam dan luar.

Di sektor mesin, Oppo Find N ditenagai Snapdragon 888 dengan opsi penyimpanan 8GB/256GB dan 12GB/512GB. Sementara baterainya berkapasitas 4.500mAh dengan fast charging 33W.

Harga Oppo Find N di China dijual 7.699 yuan atau Rp 17,3 jutaan untuk 8GB/256GB dan 8.999 yuan atau Rp 20,3 jutaan untuk 12GB/512GB. Ponsel ini tersedia dalam varian warna Black, Ceramic White, dan Purple.

Sayangnya, Oppo Find N hanya tersedia di China dan tidak ada rencana untuk memperkenalkan HP layar lipat itu ke negara lainnya.

Kita nantikan saja apakah Oppo Find N ini akan meluncur di luar China atau tidak. Dan bsiakah menyaingi HP layar lipat dari pabrikan lain? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait