Gadget

Berapa Hari Kerja yang Dibutuhkan untuk Bisa Beli iPhone di Indonesia?

Sedang menabung untuk beli iPhone? Cek laporan ini.

Agung Pratnyawan

iPhone 13 Pro. (Apple)
iPhone 13 Pro. (Apple)

Hitekno.com - Sedang menabung untuk beli iPhone 13 Pro, atau mau tahu berapa waktu untuk menabung agar bisa membeli smartphone terbaru dari Apple tersebut?

Laporan terbaru dari Picodi.com mendapatkan berapa hari kerja di Indonesia agar seseorang bisa beli iPhone 13 Pro terbaru.

Dalam laporan berjudul Indeks iPhone 2021 ini, Picodi.com membandingkan Tim Picodi.com membandingkan harga iPhone 13 Pro (128 GB) dan rata-rata pendapatan di berbagai negara untuk menghitung beraoa hari kerja yang dibutuhkan untuk membelinya.

Di Indonesia, harga resmi iPhone 13 Pro (128 GB) adalah Rp 18,499,000. Sama dengan tahun sebelumnya, pembeli tidak akan mendapatkan pengisi daya maupun earphone dalam kotak produk.

Pengecualian hanya terjadi di Prancis, dimana hukum yang berlaku mewajibkan Apple untuk menyediakan earphone.

Berdasarkan data terbaru dari BPS, rata-rata gaji bersih di Indonesia adalah Rp.2,736,463. Ini artinya secara statistik orang Indonesia butuh bekerja selama 142 hari untuk dapat membeli iPhone 13 Pro (diasumsikan seluruh pendapatan digunakan).

Dibandingkan dengan Indeks iPhone tahun lalu, hasil menunjukkan sedikit kenaikan 1.1 hari.

Berapa hari kerja yang dibutuhkan seseorang untuk beli iPhone 13 Pro di Indonesia. (Picodi.com)
Berapa hari kerja yang dibutuhkan seseorang untuk beli iPhone 13 Pro di Indonesia. (Picodi.com)

Berapa hari kerja yang dibutuhkan untuk bisa beli iPhone 13 Pro di Indonesia? Berikut adalah Indeks iPhone dalam beberapa tahun sebelumnya:

  • 2018 – 157 hari
  • 2019 – 133.3 hari
  • 2020 – 140.9 hari
  • 2021 – 142 hari

Orang Swiss dapat mengumpulkan uang untuk membeli iPhone terbaru paling cepat — hanya 4.4 hari. Rata-rata Orang Amerika dapat membeli gadget terbaru setelah bekerja selama 5.9 hari, dan Orang Australia — 6.4 hari.

Diantara negara yang dianalisa, hasil terburuk selain di Indonesia adalah di Turki yang menempati posisi kedua, dimana iPhone berharga setara dengan 92.5 hari kerja. Posisi ketiga dan keempat terburuk ditempati oleh Filipina dan Brazil — 90.2 dan 79.2 hari secara berurutan.

Itulah laporan terkini yang mendapati kalau Indonesia berada di peringkat teratas Indeks iPhone 2021 ini. Atau dengan kata lain menjadi negara yang membutuhkan hari kerja terlama untuk seseorang bisa beli iPhone 13 Pro.

Picodi.com melaporkan untuk bisa beli iPhone 13 Pro terbaru, seseorang menjalani 142 hari kerja di Indonesia. Simak lebih lengkap laporan ini DI SINI.

Berita Terkait