4 Tips Hindari Burnout Saat Bekerja dari Samsung

4 tips berikut untuk menghindari burnout saat bekerja dengan Samsung Galaxy Z Fold3 5G.

Agung Pratnyawan
Kamis, 11 November 2021 | 19:01 WIB
Ilustrasi wanita mengakses internet dengan laptop. (Pakutaso)

Ilustrasi wanita mengakses internet dengan laptop. (Pakutaso)

Hitekno.com - Pernah merasakah burnout ketika berkerja? Samsung membagikan bagaimana tips untuk menghindari burnout saat bekerja.

Working from home saat ini sudah menjadi kondisi yang dihadapi oleh banyak orang, namun minimnya sekat pemisah antara pekerjaan dan kehidupan personal menjadikan kita semakin sulit untuk benar-benar disconnect setelah seharian telecommuting ke kantor.

Di era digital ini, kemudahan untuk dapat selalu terkoneksi dan produktif menjadi pisau bermata dua karena menjadi alasan untuk harus terus bekerja yang akhirnya dapat memicu stress dan kelelahan fisik serta mental berkepanjangan atau dikenal dengan istilah burnout.

Baca Juga: Bawa Peningkatan, Xiaomi Kembangkan Mi Mix Fold Versi Baru?

Untungnya, saat ini kita bisa tap in ke solusi teknologi dan inovasi yang dibawa smartphone terkini untuk wind down setelah seharian bekerja dan meminimalisir burnout.

"Dalam masa new normal seperti sekarang, penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan mental kita agar dapat menjalankan keseharian dengan maksimal. Samsung memahami hal tersebut, dan karenanya selalu menawarkan perangkat yang tidak hanya memudahkan produktivitas kita, namun juga menjaga kesehatan mental saat kita membutuhkannya. Melalui fitur seperti Digital Wellbeing dan Samsung Health yang ada pada Samsung Galaxy Z Fold3 5G, kami ingin mengajak pengguna untuk memiliki pola konsumsi digital yang baik, demi menjaga kesehatan fisik dan mental mereka," ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Simak 4 tips berikut untuk menghindari burnout saat bekerja dengan Samsung Galaxy Z Fold3 5G!

Baca Juga: Laris, Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 Laku 1 Juta Unit di Negara Ini

1. Disconnect. Buat Me-time dengan Lakukan Hal-Hal Favorit Kamu

Bekerja secara terus menerus tidak baik untuk kesehatan mentalmu, bahkan untuk menjawab WhatsApp, e-mail, maupun panggilan saja. Ada baiknya kamu mengambil waktu tenang untuk memberi reward kepada diri sendiri dengan sedikit me-time.

Salah satu cara untuk disconnect adalah dengan mengatur screen time kamu dengan perangkat smartphone-mu. Menghitung waktu screen-time secara manual, bisa saja menjadi tantangan tersendiri. Namun kini banyak cara untuk bisa melakukannya, termasuk pada Samsung Galaxy Z Fold3 5G memiliki cara mudah untuk mengukur screen time-mu.

Baca Juga: Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3 Thom Browne Edition Ludes Terjual

Kamu cukup mengakses menu Digital Wellbeing melalui menu Settings, kemudian pilih Digital Wellbeing and Parental Control, kemudian pilih Digital Wellbeing. Pada menu tersebut kamu bisa memilih App Timer untuk memberikan timer pada aplikasi-aplikasi tertentu sehingga kamu bisa secara leluasa mengatur screen time setiap aplikasi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengakses menu fokus mode dan mematikan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang kamu inginkan. Sebagai contoh kamu bisa mematikan notifikasi e-mail, WhatsApp, dan Microsoft Teams ketika sedang ada dalam waktu me-time.

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir ada pesan undangan meeting yang masuk ketika kamu sedang asyik-asyiknya berkebun dan merawat tanaman Aglaonema sambil menonton YouTube tutorial cara membuat kebun tanaman hias di rumah, atau saat lagi nonton episode baru drama Korea favoritmu di Netflix atau aplikasi streaming lainnya.

Baca Juga: Bawa Desain Trendy dan Jeroan Apik, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3

Terlebih pada Samsung Galaxy Z Fold3 5G sudah dilengkapi dengan layar Dynamic AMOLED 2X dan Under Display Camera yang membuat pengalaman menonton tanpa interupsi, yang didukung dengan speaker Dolby Atmos yang semakin membuat pengalaman menonton menjadi semakin imersif.

2. Jangan Lupa Menjaga Kebugaran Tubuh

Ilustrasi Yoga di rumah. (Pixabay)
Ilustrasi Yoga di rumah. (Pixabay)

Percaya tidak percaya, kesehatan mental yang baik, juga diawali dengan fisik yang prima lho! Dengan secara rutin menjaga agar badan tetap fit, kamu sudah satu langkah lebih dekat untuk lebih sehat secara mental juga. Bagi kamu yang hobi berolahraga ataupun hanya untuk menjaga kesehatan, aplikasi Samsung Health bisa membantu kamu untuk tetap menjaga kebugaran kamu.

Mulai dari mengatur pola makan dan pola gerak yang teratur, Samsung Health bisa memonitor seberapa banyak langkah yang sudah kamu lakukan hari ini, untuk membantumu tetap berada pada target 15.000 langkahmu. Kamu juga dapat mengecek calorie intake-mu dengan meregister makanan serta minuman yang kamu konsumsi.

Tidak berhenti disana, Samsung Health juga bisa membantu kamu untuk merekam berat badan, dan apabila kamu juga memiliki Samsung Galaxy Watch4 untuk di pairing dengan Samsung Galaxy Z Fold3 5G kamu, Samsung Health dapat memonitor kualitas tidur kamu dengan akurat.

Berolahraga memang lebih seru ketika dilakukan bersama-sama, namun masa new normal ini membuat kamu lebih terbatas untuk berolahraga bersama teman-teman. Tapi jangan khawatir, dengan fitur Together yang ada pada Samsung Health, kamu bisa berkompetisi dengan temanmu dan melihat siapa yang dapat mencapai health-goal mereka paling cepat! Bahkan dengan memanfaatkan Multi-Active Window dan Flex-Mode kamu bisa berolahraga bareng teman-temanmu dengan video call, sambil menonton instruksi HIIT Favoritmu.

3. Ekspresikan diri untuk melepaskan diri dari stress

Main game dengan  Samsung Galaxy Z Fold3 5G. (Samsung)
Main game dengan Samsung Galaxy Z Fold3 5G. (Samsung)

Salah satu  cara untuk mengatasi emosi yang berlebihan adalah dengan menemukan cara yang sehat untuk mengekspresikan diri. Membuat jurnal untuk mengekspresikan apa yang kamu rasakan dengan tulisan atau gambar dengan bebas dapat membantumu memahami lebih baik apa yang menjadi masalah kamu, mengurangi overthinking dan mengatur emosi dengan lebih baik.

Membuat jurnal dimanapun kamu inginkan dengan Samsung Galaxy Z Fold3 5G dengan layar 7,6 inci yang responsif serta form factornya yang ringkas dibawa-bawa, dikombinasikan dengan S Pen dengan latensinya yang rendah sehingga coretan-coretan perasaan dan keterbukaan bisa dilakukan dengan nyaman seperti di atas kertas.

Tak hanya sebagai wadah untuk menuangkan pikiran dan perasaan pribadi, journaling juga sangat bisa dimanfaatkan untuk mengasah kreativitas dan sebagai hiburan.

4. Sempatkan Waktu Bersama Support System Kamu

Video call dengan Samsung Galaxy Z Fold3 5G. (Samsung)
Video call dengan Samsung Galaxy Z Fold3 5G. (Samsung)

Bercerita kepada seseorang mengenai masalah kamu merupakan salah satu cara melepas stress. Coba ceritakan perasaanmu kepada orang-orang terdekat yang dapat kamu percaya. Meski tidak selalu mendapatkan solusi, cara ini dapat membantu melepaskan emosi negatif dan mengurangi stres pekerjaan.

Sekedar bercengkrama dengan keluarga bisa mengurangi beban mental yang dirasakan. Atau kalau sudah berlarut-larut, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Channel yang paling sering digunakan di era new normal ini adalah melalui video call.

Dengan Samsung Galaxy Z Fold3 5G kamu tidak perlu khawatir akan kualitas dari video call kamu, dengan kamera beresolusi 10MP dipastikan sudah lebih dari cukup untuk membuat gambar kamu terlihat jernih. Jangan lupa dengan layarnya yang lebih luas, Samsung Galaxy Z Fold3 5G juga membuat kamu lebih leluasa untuk melihat setiap anggota dalam video call, sehingga momen kebersamaannya lebih terasa.

Nah, dengan Rp24.999.000, kamu sudah dapat mendapatkan Samsung Galaxy Z Fold3 5G yang dapat menjadikan pengalaman me-time kamu semakin maksimal. Spesial hari ulang tahun Samsung Electronics, bagi kamu yang membeli Samsung Galaxy Z Fold3 5G akan mendapatkan perlindungan Samsung Care+ hingga 6 bulan senilai Rp1.699.000 gratis! Promo ini hanya berlaku dari tanggal 1 hingga 24 November 2021, lho!

Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak