Gadget

HP Misterius Lolos Sertifikasi, Keberadaan Xiaomi 12 Terungkap?

Bocoran fitur Xiaomi 12 telah muncul ke publik.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)

Hitekno.com - HP misterius Xiaomi dengan kode 2201123C dan 2112123AC telah menerima sertifikasi dari otoritas CMIIT China. Leaker populer Digital Chat Station menyebut kedua perangkat dengan L3 dan L3A.

Kabar dari leaker ini memancing rumor mengenai keberadaan Xiaomi 12. Perangkat yang disebut di atas diprediksi merupakan salah satu varian dari Xiaomi 12.

Daftar CMIIT belum mengungkapkan informasi apa pun tentang spesifikasi perangkat. Salah satu cuitan dari akun @Xiaomiui pernah membocorkan mengenai HP baru "L3A". Spekulasi yang beredar mengklaim bahwa itu bisa menjadi Xiaomi 12 dengan kode Psyche.

Sebuah penampakan perangkat yang diduga sebagai Xiaomi 12 juga telah dibocorkan oleh leaker bernama Mukul Sharma. Leaker saat itu memamerkan HP baru dengan bodi memanjang.

Dikutip dari Gizmochina, perangkat terbaru dari Xiaomi dikabarkan membawa layar Full HD+ yang mendukung fitur refresh rate 120 Hz. Perangkat diprediksi mengusung chipset kelas atas Snapdragon 8-series.

Bocoran Xiaomi 12. (Twitter/ @stufflistings)
Bocoran Xiaomi 12. (Twitter/ @stufflistings)

Terdapat tiga kamera belakang di mana kamera utama dispekulasikan membawa sensor 200 MP. Kamera primer bakal bersanding dengan lensa ultrawide dan kamera mikro.

Fitur lain yang diharapkan termasuk OIS dan pemindai sidik jari di dalam layar. Laporan terbaru mengklaim bahwa Xiaomi sedang mengembangkan Xiaomi 12 series dan jajaran Redmi K50.

Beberapa hal di atas masih sebatas bocoran dan prediksi sehingga kita perlu menunggu konfirmasi langsung dari perusahaan dalam beberapa waktu ke depan.

Xiaomi Mi 11. (Xiaomi Indonesia)
Xiaomi Mi 11. (Xiaomi Indonesia)

Xiaomi Mi 11 dikenalkan pertama kali pada Januari 2021. Jika memperhatikan siklus tahunan, perusahaan dapat merilis Xiaomi 12 pada kuartal pertama 2022.

Namun terdapat rumor yang mengklaim bahwa perusahaan kemungkinan bakal mengenalkan Xiaomi 12 lebih awal di China, pada kisaran Desember 2021. Sama seperti HP baru Xiaomi lain, perusahaan akan menghilangkan kata "Mi" pada flagship teranyar mereka.

Beberapa spesifikasi yang diusung oleh Xiaomi Mi 11 termasuk layar AMOLED 6,8 inci, chipset Snapdragon 888 5G, tiga kamera belakang (108 MP + 13 MP + 5 MP) dan kamera depan 20 MP. Fitur dan bocoran lain terkait Xiaomi 12 diharapkan bakal muncul pada beberapa pekan ke depan.

Berita Terkait