Dereta Fitur MIUI yang Memaksimalkan Pemakaian POCO X3 GT

Apa saja yang ditawarkan MIUI 12.5 Enhanced untuk POCO X3 GT ini?

Agung Pratnyawan
Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:14 WIB
POCO X3 GT. (Poco Indonesia)

POCO X3 GT. (Poco Indonesia)

Hitekno.com - POCO sebagai brand di bawah Xaiomi juga menggunakan sistem operasi Android MIUI terbaru pada smartphone mereka. Salah satunya adalah POCO X3 GT yang menjadi produk andalan brand satu ini.

Beberapa smartphone terbaru mereka, termasuk POCO X3 GT telah mendapatkan sistem operasi Android dengan antarmuka MIUI versi 12.5. Bahkan segera mendapatkan update ke versi 12.5 Enhance dalam waktu dekat ini.

MIUI versi 12.5 Enhanced ini adalah peningkatan berdasarkan MIUI 12.5, dan berfokus pada pengoptimalan sistem yang akan memberi pengalaman mobile yang lebih cepat dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Baca Juga: Berapa Harga POCO X3 Pro dan POCO X3 GT, Duo HP Performa Tinggi

MIUI 12.5 Enhanced akan menawarkan pengoptimalan menyeluruh dari core hingga pengoperasian berbagai aplikasi pada smartphone. Menurut rilis yang dikeluarkan POCO Indonesia, berikut ini beberapa peningkatannya antara lain:

Liquid storage

Mekanisme penyimpanan baru akan membuat sistem ponsel tetap hidup dan responsif dari waktu ke waktu. Efisiensi defragmentasi disk telah meningkat secara signifikan. Bahkan setelah berbulan-bulan digunakan, kinerjanya tetap kuat.

Baca Juga: Spesifikasi POCO X3 GT, HP Rp 4 Jutaan dengan Jeroan Handal

Atomized memory

Fitur ini berfokus pada manajemen memori yang sangat baik, membuat penggunaan RAM lebih efisien. Dengan memisahkan memori aplikasi dan menutup beban kerja yang tidak penting, mekanisme manajemen memori yang dikembangkan ini akan menyederhanakan penggunaan memori.

Algoritma terfokus

Baca Juga: Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Poco X3 GT Rp 4,2 Jutaan

Algoritma baru dari versi MIUI ini akan secara dinamis mengalokasikan sumber daya sistem berdasarkan skenario penggunaan, memastikan pengalaman yang lancar di perangkat smartphone.

Skenario kinerja core dipercepat dengan lancar dan penuh, memprioritaskan proses yang paling jelas dirasakan oleh pengguna saat ini sesuai dengan skenario, dan meminimalkan dampak aplikasi tertentu di latar belakang. Penggunaan CPU berkurang, sementara penghematan daya ditingkatkan.

POCO X3 GT. (Poco Indonesia)
POCO X3 GT. (Poco Indonesia)

Memaksimalkan Produktivitas dengan MIUI

Baca Juga: Realme 8 5G vs POCO X3 Pro, HP Rp 3 Jutaan Mana yang Layak Kamu Beli?

Sistem operasi Android besutan Xiaomi ini memiliki segudang fitur yang sangat berguna bagi penggunanya dan banyak yang belum diketahui, khususnya untuk seri POCO X3 GT.

Jika pengguna ingin merasakan semua fitur MIUI ini, diharapkan untuk memperbarui ke versi terbarunya terlebih dahulu dengan memastikan beberapa hal. Yang pertama adalah pastikan baterai smartphone masih terisi minimal 60 persen. Kemudian pastikan lagi file sampah di ponsel sudah bersih agar proses reboot ponsel bisa menjadi lebih cepat.

Selanjutnya, sisakan minimal 4GB Storage untuk melakukan pembaruan parsial atau 5GB Storage untuk pembaruan besar. Pastikan koneksi jaringan internet yang stabil pada smartphone sebelum masuk ke setelan pembaruan. Setelah di menu tersebut, pengguna bisa mengupdate ke versi MIUI terbarunya.

Setelah proses pembaruan ini selesai, pengguna dapat mencoba beberapa fitur MIUI yang dapat memaksimalkan pengalaman penggunaan di POCO X3 GT dan seri-seri lainnya. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Fitur pertama adalah Font. Untuk MIUI versi lama, pilihan font dari ThemeStore masih terbatas tetapi sejak MIUI 12 dan MIUI 12.5, ThemeStore MIUI telah menyediakan banyak pilihan font yang menarik. Pengguna bisa akses pilihan font ini dari tampilan di menu penyetelan atau bisa akses langsung dari ThemeStore.
  2. Selanjutnya ada Sound Effect. Fitur ini bisa ditemukan di menu Sound & Vibration yang ada di dalam menu pengaturan. Bagi pengguna POCO X3 GT, akan mendapat tambahan Dolby Effect karena POCO X3 GT telah didukung oleh Dolby Atmos. Pengguna bisa menggunakan pengaturan standar suara maupun manual sesuai selera. Selain itu, ada Mi Sound yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas perangkat earphone yang digunakan.
  3. Selain itu, ada fitur-fitur spesial seperti Game Turbo, Video Toolbox, Floating Windows, dan Second Space. Fitur-fitur tersebut sudah ada pada hampir semua seri POCO. Bahkan, fitur Game Turbo di POCO X3 GT memiliki fungsi lebih selain untuk meningkatkan performa sebuah game, yaitu kalian bisa mengaktifkan fitur Floating Windows dalam game-game tertentu. Hal Ini akan sangat membantu pengguna yang ingin bertukar pesan melalui aplikasi percakapan sambil bermain game. Lebih lagi, Game Turbo di POCO X3 GT ini juga sudah didukung fitur pengubah suara.
  4. Melengkapi fitur sebelumnya, Video Toolbox telah disediakan di dalam MIUI. Fitur ini memiliki banyak fungsi mulai dari perekaman, screenshot, memproyeksikan tampilan layar smartphone ke perangkat layar lain, memutar video dalam keadaan layar mati, hingga mengaktifkan fitur Floating Windows. Bahkan sekalipun POCO X3 GT ini sudah mendukung Floating Windows, fitur Split Screen masih tersedia.
  5. Satu fitur yang terpenting adalah Second Space yang populer digunakan oleh para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android MIUI. Fitur ini merupakan fitur yang membuat sebuah smartphone seolah-olah memiliki dua sistem. Ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin tetap privasi terjaga ketika ponselnya digunakan oleh orang lain.
  6. Kemudian fitur Dual Apps yang menjadi salah satu senjata andalan di MIUI. Fitur berguna ini memang jadi idola karena memungkinkan pemilik smartphone dengan MIUI untuk bisa menjalankan dua aplikasi dengan akun yang berbeda, misalnya WhatsApp, BBM, Instagram dan lain-lain. Hal ini memudahkan pengguna untuk bisa berganti akun dengan lancar dan mudah diantara aplikasi-aplikasi tersebut.
  7. Selanjutnya, fitur keren yang hanya ada di POCO X3 GT dan belum ada di seri POCO lainnya adalah Memory Extension. Fitur ini bisa diakses dari menu Pengaturan Tambahan yang ada menu Pengaturan. Memory Extension ini fungsinya adalah untuk menambah kapasitas RAM sebesar 2GB yang diambil dari ruang penyimpanan (ROM). POCO X3 GT yang pada dasarnya sudah kencang dengan RAM 8GB ini akan lebih kencang dengan lagi dengan adanya tambahan RAM sebesar 2GB.
  8. Terakhir adalah fitur Double Tap Fingerprint yang fungsinya mirip dengan gesture shortcut. Ada beberapa pilihan shortcut yang bisa pengguna pilih, seperti membuka Google Assistant, screenshot, senter, kalkulator, kamera, dan aplikasi lainnya. Selain itu, ada tambahan fitur Partial Screenshot yang fungsinya untuk mengambil screenshot hanya di bagian tertentu sesuai keinginan pengguna.
     

Masih banyak fitur-fitur MIUI lainnya lagi yang bermanfaat bagi pengguna POCO X3 GT. Diharapkan, para POCO Fans yang menggunakan fitur-fitur tersebut akan mendapatkan pengalaman penggunaan smartphone POCO Indonesia dengan maksimal.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak