Gadget

Ternyata Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Duduk di Laptop

Sering lihat kucing suka duduk di laptop dan apa alasannya?

Agung Pratnyawan

Kucing Suka Duduk di Laptop. (unsplash/ Trà My)
Kucing Suka Duduk di Laptop. (unsplash/ Trà My)

Hitekno.com - Ada alasan ilmiah mengapa kucing suka duduk di laptop atau sekitar laptop. Ternyata ini hanya masalah suhu tubuh.

Bagi kamu pecinta kucing, mungkin sedang bertanya-tanya tentang alasan paling masuk akal mengapa kucing kesayangan suka mengganggu ketika di depan laptop.

Ya, banyak kasus menunjukkan jika seseorang yang sedang mengerjakan tugas atau laporan di laptop, maka kucing kesayangannya akan mendekat.

Sebagian orang risih karena merasa pekerjaannya terganggu karena hal tersebut. Namun menurut ahli perilaku hewan, ternyata hal tersebut wajar lho.

Seorang konsultan perilaku kucing bersertifikat bernama Marci Koski mengatakan bahwa kucing bukan hanya butuh perhatian.

Namun secara biologis, kucing juga membutuhkan kehangatan lebih dari apa yang bisa manusia berikan.

Ini berkaitan dengan zona termonetral kucing. Hewan yang masih satu family dengan macan tersebut memerlukan panas untuk menghangatkan tubuhnya.

Kucing Suka Duduk di Laptop. (unsplash/ Simon Haslett)
Kucing Suka Duduk di Laptop. (unsplash/ Simon Haslett)

"Ini berkaitan dengan zona termonetral kucing atau dikenal sebagai kisaran suhu di mana mereka tidak perlu menghasilkan panas untuk tetap hangat atau mengeluarkan energi untuk mendinginkan," kata Koski.

"Suhu yang membuat kucing nyaman adalah antara 86 hingga 100 derajat Fahrenheit."

"Kucing menyukai hal-hal yang jauh lebih hangat daripada manusia, dan untuk mendapatkan kehangatan ekstra itu, mereka senang duduk di atas benda-benda seperti ventilasi panas, karpet yang dihangatkan oleh matahari, dan laptop!" tambahnya.

Para ahli perilaku kucing juga memberi saran yang baik tentang bagaiman menjauhkan kucing dari laptop, terlebih jika keberadaannya sudah menganggu.

Pertama tentu saja memberikan kucing mainan yang dia suka di tempat yang berbeda. Selain itu, kamu juga harus memberikan tempat nyaman untuk si kucing.

Karena kucing secara alami tertarik pada hal-hal yang memberi mereka kehangatan, seperti laptop, Koski merekomendasikan untuk menyediakan tempat istirahat alternatif yang ada pemanasnya.

"Jika kucing Anda mencari sesuatu yang hangat, coba letakkan tempat tidur kucing berpemanas di dekatnya sehingga kucing Anda dapat tetap hangat sambil tetap berada dalam jangkauan Anda untuk kesempatan mengelus," tandasnya.

Itulah alasan ilmiah kenapa kucing suka duduk di laptop menurut ahli perilaku hewan. 

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait