Gadget

Fokus Truecaller di Indonesia dan Pandangan pada Keamanan Data Pengguna

Kenapa Truecaller menyasar Indonesia dan sektor apa saja yang dicakup?

Agung Pratnyawan

Logo Truecaller. (Truecaller)
Logo Truecaller. (Truecaller)

Hitekno.com - Truecaller selaku penyedia layanan caller ID dan spam blocking app mulai merambah pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hadir menawarkan solusi dalam masalah komunikasi yang aman dan efisien.

Tim HiTekno.com berkesempatan untuk interview secara tertulis demgam Hitesh Raj Bhagat, Global Head of Corporate Communications at Truecaller tentang fokus Truecaller di Indonesia, terutama dalam sisi bisnis yang mereka jalanai.

Tidak hanya sektor apa saja yang disasar bisnis layanan caller ID dan aplikasi spam blocking ini, namun juga tanggapan mereka soal keamanan data pengguna. Bagian yang penting dan sedang hangat jadi pembicaraan.

1. Truecaller memberikan layanan kepada pengguna individu dan bisnis. Layanan apa yang menjadi fokus Truecaller di Indonesia?

Hitesh Raj Bhagat menjawab kalau layanan untuk individu maupun bisnis menjadi fokus utama Truecaller di Indonesia. Juga menargetkan Indonesia sebagai target pasar terbesar Truecaller di kawasan Asia Tenggara.

Beberapa alasan Truecaller memilih Indonesia sebagai target pasar utama adalah:

  • Pertumbuhan smartphone yang besar dan kesadaran pengguna akan teknologi digital
  • Populasi anak muda dan tech savvy yang besar
  • Berdasarkan laporan Truecaller, Indonesia menjadi negara terbesar yang memiliki ancaman panggilan Spam. Truecaller berkomitmen membantu pengguna Indonesia memerangi spam.
  • Penetrasi Android yang besar dibandingkan iPhone. Beberapa layanan Truecaller tidak bisa dijalankan di iPhone karena diberikan lebih banyak keterbatasan.

Layanan Truecaller untuk pengguna individu memungkinkan pengguna untuk melaporkan nomor-nomor yang berpotensi memberikan kerugian dengan berbagai macam metode penipuan. Semakin banyak individu yang berperan aktif dalam melaporkan nomor-nomor ini, semakin tinggi kepercayaan masyarakat dalam berkomunikasi.

Sementara itu, Layanan Truecaller for Business berguna bagi pelaku bisnis, termasuk lebih dari 65 juta pelaku UMKM di Indonesia, dalam menjangkau pelanggannya. Sebagai negara dengan spam terbesar di dunia, banyak konsumen menghindari panggilan nomor telepon tidak dikenal dari perusahaan karena berpotensi spam. Inilah alasannya Truecaller for Business juga diperkenalkan di Indonesia pada awal tahun 2021. Dengan mendaftarkan nomor perusahaan di Truecaller, pelanggan akan mendapatkan keterangan nama dan logo perusahaan setiap kali perusahaan menghubungi mereka. Selain itu, dengan adanya fitur Call Reasons, perusahaan dapat memberikan keterangan tambahan tentang alasan mereka menelfon.

Pengguna layanan Truecaller for Business berasal dari berbagai macam industry seperti perusahaan publik, digital natives, startups, e-commerce, lembaga pendidikan, layanan kesehatan, lembaga keuangan dan perbankan, dan lain sebagainya.

Pelaku bisnis yang telah melakukan verifikasi identitas di platform Truecaller akan memiliki badges berwarna hijau lengkap dengan nama dan logo perusahaan. Namun, komunitas memiliki kekuatan untuk melaporkan nomor tersebut apabila perusahaan melanggar aturan privasi dan melakukan spam kepada pelanggannya.

Truecaller. (Google Play Store)
Truecaller. (Google Play Store)

2. erdasarkan Truecaller Insight, panggilan Spam di Indonesia didominasi oleh layanan keuangan (40%) dan Asuransi (23%). Apakah Truecaller mendapat respons negative dari dua sektor bisnis tersebut?

Layanan Truecaller sejauh ini mendapatkan response yang positif. Setiap bisnis menilai bahwa dapat dikenali oleh pelanggannya menjadi hal yang sangat penting. Dengan melakukan verifikasi data di Truecaller, perusahaan dapat menjangkau pelanggan mereka dengan lebih baik dan menghindari pihak lain melakukan kejahatan yang mengatasnamakan mereka.

Di sisi lain, Truecaller juga mempercayai bahwa tidak ada satu bisnis pun yang dapat dibenarkan apabila melakukan spam kepada pelanggannya. Oleh karena itu, Truecaller memberikan kekuatan kepada komunitas untuk melaporkan nomor-nomor bisnis yang menganggu mereka. Dengan demikian, Truecaller dapat membantu terciptanya lingkungan yang memungkinkan komunikasi secara lebih cerdas, aman, dan efisien.

3. Truecaller memungkinkan pelanggan untuk mengelola pesan mereka secara efektif. Apakah aplikasi ini dapat membaca pesan yang dikirimkan pengguna? Bagaimana Truecaller memenuhi aturan privasi dan keamanan data pengguna?

Biasanya, pengguna menerima pesan dari bebagai macam layanan bisnis (perbankan, kartu kredit, penawaran sales, dan sebagainya). Truecaller membantu melakukan filter pada pesan yang masuk dengan melakukan kategorisasi pada setiap pesan yang diterima.

Terucaller dapat melakukan kategorisasi ini tanpa membaca pesan dari pengguna. Semua proses terjadi di perangkat pengguna, tidak ada pesan yang diunggah dan dikirimkan ke server. Truecaller membangun Machine Learning (ML) model yang canggih yang memungkinkan semua proses ini berlangsung secara online.

Truecaller membuat kebijakan privasi perusahaan secara sederhana agar mudah dimengerti pengguna. Anda dapat membaca kebijakan privasi tersebut di sini: LINK

Selain itu, aplikasi ini juga telah memenuhi standar keamanan data dan privasi paling ketat di Eropa.

Truecaller telah berdiri sejak tahun 2009. Truecaller  mulai dengan menyelesaikan masalah paling umum yang dialami masyarakat – mengindentifikasi identitas penelpon. Sebelumnya Truecaller dapat ditemukan di berbagai perangkat seperti Palm, Symbian, dan Balckberry. Kini, Truecaller telah menjadi platform komunikasi yang juga menyediakan layanan panggilan telepon, instant messaging, group chat, SMS blocking, dan sebagainya. Truecaller telah membantu memberantas pelecehan seksual melalui telepon dan SMS kepada perempuan di seluruh dunia, serta membantu melindungi pengguna dari robocall, fraud, dan upaya penipuan.

Berita Terkait