Gadget

Desain Paten HP Xiaomi Beredar, Bawa Layar Lengkung dan Lensa Zoom

Desain paten ini menampilkan bentuk kamera unik di bagian belakang smartphone.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi diketahui telah mengajukan paten untuk HP terbaru perusahaan. Desain paten menampakkan layar melengkung bersama dengan kamera zoom telefoto periskop khusus.

Lensa tersebut dapat menawarkan fitur pembesaran untuk menunjang kebutuhan fotografi mobile. Laporan dari LetsGoDigital mengungkap bahwa Xiaomi telah mengajukan paten desain pada The Hague International Design System dan WIPO (World Intellectual Property Office).

Desain paten memperlihatkan HP dengan beberapa sudut membulat dan layar melengkung. Perangkat juga mempunyai bezel cukup sempit di bagian atas dan bawah. Layar dengan sudut melengkung turut menyematkan punch-hole yang ada di posisi sudut kiri atas.

Di bagian belakang, terdapat modul kamera unik yang menampung tiga sensor sekaligus. Sensor adalah lensa terbesar yang ditempatkan di atas modul yang ditumpuk secara vertikal.

Sementara sensor bawah memiliki bentuk persegi panjang. Dikutip dari Gizmochina, kamera utama kemungkinan merupakan sensor gambar beresolusi tinggi sedangkan sensor di bagian bawah adalah lensa telefoto periskop.

Desain paten Xiaomi dengan layar lengkung yang bocor pada Oktober 2021. (LetsGoDigital)
Desain paten Xiaomi dengan layar lengkung yang bocor pada Oktober 2021. (LetsGoDigital)

Lensa perikop tersebut diharapkan menawarkan fitur pembesaran digital dan optik. Ini masih sebatas desain paten sehingga kita belum mengetahui apakah perangkat dapat meluncur secara komersial atau berakhir sebagai prototipe saja.

Desain paten tersebut tak terlalu anti mainstream sehingga masih cukup masuk akal apabila meluncur di pasar komersial. Xiaomi sebelum ini juga pernah mengajukan paten HP dengan desain modular pada Mei lalu.

Sebagai informasi, desain modular sendiri merupakan prinsip desain yang memecah sistem menjadi bagian-bagian lebih kecil. Bagian lebih kecil itu disebut modul di mana mereka bisa dimodifikasi, diganti, atau ditukar secara independen dengan modul lain.

Bocoran desain paten HP modular Xiaomi. (Lets Go Digital)
Bocoran desain paten HP modular Xiaomi. (Lets Go Digital)

Modul pertama berisi motherboard dan sistem kamera sedangkan modul kedua berisi baterai. Selain itu, modul ketiga akan membentuk bagian bawah smartphone. Modul ini mudah dipertukarkan dan memiliki fungsi tambahan.

Misalnya, pengguna bisa memakai modul speaker atau modul kamera zoom. Terdapat pilihan untuk mengganti menggunakan kamera zoom atau modul kamera biasa. Dua desain paten yang bocor pada Mei dan Oktober ini cukup unik apabila diaplikasikan pada HP flagship selanjutnya dari Xiaomi.

Berita Terkait