Gadget

Spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core dan Harga, HP Murah Android 10 Go

Cek Spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core ini, HP murah dengan sistem operasi Android 10 Go.

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy A01 Core untuk tugas sekolah. (Samsung)
Samsung Galaxy A01 Core untuk tugas sekolah. (Samsung)

Hitekno.com - Rilis pada Juli 2020, Samsung Galaxy A10 Core masih menjadi incaran sebagian orang. HP murah ini hadir dengan sistem operasi Android 10 Go Edition. Seperti apa Spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core ini?

Meskipun spesifikasi hardware yang dibawanya tidak terlalu tinggi, namun Samsung mengklaim bahwa sistem operasinya sudah dirancang untuk mampu berjalan dengan lancar pada smartphone dengan RAM 1 GB atau 512 MB.

Dibanderol dengan harga yang super murah, dapat dipastikan jika perangkat satu ini akan mengisi lini HP murah Samsung dengan rentang harga Rp 1 jutaan saja saat rilis. Berikut spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core varian RAM 1GB dan 2GB tetap diperkuat dengan prosesor MediaTek MT6739. Ruang penyimpanan ponsel 32GB bisa diperluas hingga 512GB dengan microSD.

Hadir dengan layar 5,3 inci PLS HD+ yang diklaim dapat menghadirkan kenyamanan pengguna saat meeting kantor maupun belajar online. Kamera belakangnya sebesar 8MP (f/2.2) yang dilengkapi LED Flash dan kamera depan 5MP (f/2.4).

Samsung Galaxy A01 Core. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy A01 Core. (Samsung Indonesia)

Dengan kekuatan baterai 3000 mAh, Galaxy A01 Core dilengkapi dengan sistem operasi Android Go yang dikombinasikan tampilan antarmuka One UI.

Diklaim menghadirkan tampilan premium yang simpel sehingga memungkinkan navigasi dengan satu tangan. Tidak hanya sistem operasi, beberapa aplikasi bawaan juga menggunakan embel-embel ‘Go’ di antaranya YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go, dan Google Go.

Kata 'Go' ini diklaim dapat membantu pengguna untuk menghemat kuota internet. Samsung Galaxy A01 Core juga dibekali dengan fitur Face Unlock yang memungkinkan pembukaan kunci layar hanya menggunakan wajah.

Perangkat ini juga hadir dengan dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, dan Bluetooth. Galaxy A01 Core varian 2GB punya desain kekinian rhytmical pattern. Ada tiga pilihan warna yaitu hitam, biru, dan merah.

Spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core

  • OS: Android 10 (Go edition)
  • Chipset: MediaTek MT6739WW (28 nm)
  • CPU: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8100
  • RAM: 1 GB
  • Internal Memory: 16 GB
  • Layar: 5,3 inci, 720 x 1480 piksel, 18.5:9 ratio
  • Kamera utama: 8 MP
  • Kamera depan: 5 MP
  • Baterai: 3.000 mAh
  • Konektivitas: microUSB 2.0, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0
  • Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Warna: Hitam, Biru, Merah
Samsung Galaxy A01 Core. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy A01 Core. (Samsung Indonesia)

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy A01 Core

Walaupun membawa fitur Face Unlock, namun Samsung terpaksa tidak menghadirkan fitur sensor fingerprint pada Galaxy A01 Core untuk menekan harganya menjadi murah. Padahal beberapa smartphone merek lain dengan harga yang setara sudah ada yang menggunakan sensor ini.

HP murah Samsung Galaxy A01 Core juga hanya dilengkapi dengan kamera 5 MP yang resolusinya di bawah rata-rata smartphone masa kini yang sudah punya resolusi lebih dari 8 MP. Belum mengikuti desain kekinian, layarnya masih mempunyai bezel yang besar di bagian atas dan bawahnya.

Dengan harga yang hanya Rp 900 ribuan, rasanya memang agak sulit untuk Samsung menyematkan spesifikasi hardware dan fitur yang lebih tinggi pada smartphone ini. Namun dengan hadirnya Android 10 Go Edition, membuat perangkat ini seharusnya dapat berjalan dengan cukup lancar. 

Melihat spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core di atas, berminat dengan HP murah ini?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait