Tips Beli HP Murah Berkualitas Secara Aman

Ingin beli HP murah, baca tips ini dulu.

Agung Pratnyawan
Minggu, 19 September 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)

Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)

Hitekno.com - Tak seperti dulu, sekarang ini orang-orang cenderung sering berganti-ganti HP layaknya fashion. Tujuan orang berganti HP pun tak selalu karena alasan fungsionalitas. Berganti-ganti HP seperti ini tentu bisa cukup menguras kantong, apalagi jika HP yang dibeli memang termasuk varian smartphone mahal. Tak heran jika sebagian orang memilih beli HP murah atau second.

Apalagi sudah banyak produk smartphone dari berbagai kelas yang di jual di pasaran, mulai dari HP murah sampai yang mahal, semua tersedia dalam banyak model dan varian.

Seperti yang diketahui beli HP murah atau second bisa dibilang cukup berisiko. Sebab, pembeli tak tahu pasti komponen apa saja yang rusak atau diganti sebelum HP yang dibeli.

Baca Juga: 10 HP Murah RAM 4 GB Rp 1 Jutaan, Rekomendasi September 2021

Berbeda dengan membeli HP flagship yang kemungkinan mendapatkan "zonk"-nya kecil, mencari HP murah terbaik butuh ketelitian dan pengetahuan lebih. Apalagi kalau sudah memasuki ranah spesifikasi smartphone.

Berikut tips beli HP murah yang HiTekno.com rangkum untuk Anda.

Tips Beli HP Murah Secara Aman

Baca Juga: 6 HP Murah Baterai Jumbo Terbaik, Harga Mulai Rp 1 Jutaan

Ilustrasi HP. (pexels/Daria)
Ilustrasi HP. (pexels/Daria)

1. Kenali Reputasi Toko atau Seller

Tips beli HP murah yang pertama adalah kenali reputasi dan biografi seller, pasalnya online shop dan marketplace di Indonesia saat ini tumbuh dengan pesat. Beberapa diantaranya bahkan menawarkan harga HP di bawah pasaran, tentu saja membuat siapapun tertarik untuk melakukan pembelian.

Namun, jangan terkecoh mengenai penawaran harga. Anda wajib melakukan pengecekan terkait reputasi situs tersebut agar mendapatkan produk HP yang sesuai keinginan dan harapan, juga melindungi transaksi dengan sistem keamanan yang terjamin.

Baca Juga: 8 Pilihan HP Murah RAM 3GB Terbaik, September 2021

2. Jangan Takut untuk Bertanya

Tips beli HP murah ini, Anda bisa menanyakan segala macam hal pada seller terkait barang yang diincar. Selain itu, interaksi dengan seller akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan komplain bila terjadi kesalahan pada saat pengiriman, atau bila barang yang diterima rusak.

3. Bandingkan Fitur dan Harga

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Murah Kamera Bagus, Hingga 48MP

Saat ingin beli HP murah, tentu saja kemudahan untuk menentukan HP akan jauh lebih mudah ketimbang membelinya di toko offline. Di sini, Anda bisa menentukan harga HP sesuai anggaran, spesifikasi HP sesuai kebutuhan dan garansi HP sebagai layanan purna jual.

4. Belanja Melalui Aplikasi Resmi

Tidak hanya memungkinkan konsumen transaksi melalui website, beberapa online shop kini membuat aplikasi mobile untuk mendukung kemudahan konsumen untuk bertransaksi melalui HP tanpa harus membuka desktop atau laptop.

5. Belanja Melalui Aplikasi Resmi

Beli HP online melalui aplikasi resmi terkadang harganya sedikit lebih murah daripada membelinya lewat website karena beberapa marketplace menyediakan kode voucher diskon yang hanya bisa diaplikasikan melalui aplikasi resmi.

6. Cek Deskripsi Barang dengan Jelas

Deskripsi HP perlu Anda ketahui dengan jelas sebelum melakukan pembelian HP secara online. Tips beli HP murah ini dikarenakan sebuah produk bisa memiliki spesifikasi berbeda-beda yang harus diketahui sejak awal sebelum keputusan pembelian.

Dengan membaca deskripsi pada sebuah iklan HP, Anda bisa mengetahui detail spesifikasi yang ditawarkan, pastikan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan produk yang Anda inginkan, juga sesuai dengan harga yang harus dibayarkan.

Perbedaan spesifikasi perlu Anda ketahui sedari awal untuk memastikan Anda mendapatkan produk yang sesuai harapan. Selain itu, cek juga garansi HP pada deskripsi iklan, apakah HP yang akan dibeli dilindungi garansi resmi atau hanya garansi distributor saja.

7. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Nyaman

Metode pembayaran yang disediakan oleh sebuah online shop sangatlah variatif. Beberapa diantaranya menawarkan metode pembayaran dengan kartu debit, transfer bank, kartu kredit, kredit tanpa kartu kredit (beli hp online kredit) bahkan cash on delivery (COD) yang memungkinkan Anda membayar sewaktu barang diterima.

8. Pilih Metode Pengiriman Terbaik

Memilih metode pengiriman atau shipping merupakan tahap akhir tips beli HP murah. Di sini, Anda bisa memilih berbagai jasa ekspedisi yang sudah bekerjasama dengan marketplace dengan biaya yang berbeda dan layanan yang juga berbeda.

Sebagai pertimbangan dalam memilih metode pengiriman, Anda bisa melihat ketersediaan jalur komunikasi dari masing-masing ekspedisi, pilih yang paling mudah dihubungi sehingga tidak menyulitkan Anda saat terjadi masalah dalam proses pengiriman.

Tips beli HP murah diatas sekedar panduan agar Anda setidaknya mendapatkan gambaran atau pengetahuan tentang smartphone yang akan dibeli. Selamat memilih. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha
Berita Terkait
TERKINI

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB

Redmi A3, HP murah baru dari Xiaomi Indonesia....

gadget | 18:09 WIB

Apa saja HP baru dari Redmi Note 13 Series ini?...

gadget | 12:05 WIB

Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional....

gadget | 18:59 WIB

POCO C65 resmi dipasarkan, kini tersedia di berbagai toko online....

gadget | 16:15 WIB

POCO Indonesia menyiapkan harga spesial untuk POCO M6 Pro....

gadget | 17:22 WIB

Cek apa saja fitur Samsung Galaxy A25 5G yang menunjang untuk main game....

gadget | 18:45 WIB
Tampilkan lebih banyak