Gadget

Samsung Galaxy Z Flip3 Diprediksi Jadi HP Lipat Terlaris 2021

Samsung diprediksi bakal menguasai pasar HP lipat dengan pangsa lebih dari 80 persen.

Rezza Dwi Rachmanta

HP lipat Samsung Galaxy Z Flip3. (Samsung)
HP lipat Samsung Galaxy Z Flip3. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung Galaxy Z Flip3 telah dikenalkan ke Indonesia pada 9 September 2021. Berdasarkan laporan dari Display Supply Chain Consultants (DSCC), Galaxy Z Flip3 diprediksi menjadi HP lipat terlaris pada tahun ini.

Riset dari DSCC menyatakan bahwa sebanyak 819 ribu HP lipat telah terjual pada kuartal kedua 2021. Angka tersebut naik 147 persen secara kuartal berurutan namun hanya bertambah 0,3 persen secara YoY.

DSCC menjelaskan bahwa angka-angka itu mengisyaratkan bahwa pertumbuhan besar akan terjadi pada kuartal ketiga (Q3) 2021. Mereka memperkirakan bahwa Samsung bakal menikmati keuntungan yang banyak dari dua HP lipat terbarunya.

Petinggi DSSC menjelaskan bahwa kombinasi pemasaran Samsung dan "harga agresif" Z Flip 3 membuat produk ini dapat diterima di pasar kelas atas.

"Pertumbuhan luar biasa ini merupakan hasil dari peluncuran Samsung Z Flip3 dengan harga agresif 999 dolar AS dan fitur lengkap/multi-fungsi Z Fold 3 pada 1.799 dolar AS. Keduanya merupakan HP lipat pertama yang kedap air di mana Z Fold3 menjadi yang pertama dengan dukungan Pen serta UPC," kata CEO DSCC, Ross Young.

Prediksi pengiriman HP lipat hingga 2026. (DSCC via Phone Arena)
Prediksi pengiriman HP lipat hingga 2026. (DSCC via Phone Arena)

Dilansir dari Phone Arena, CEO DSCC turut menjelaskan bahwa promosi Samsung yang kabarnya mencapai 2 miliar dolar AS atau Rp 28,5 triliun serta aktivitas pemasaran yang agresif dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap jajaran perangkat Samsung, termasuk HP lipat.

Kombinasi permintaan yang tinggi dan harga lebih rendah membuat DSCC memperkirakan peningkatan 232 persen terkait pengiriman HP lipat pada 2021 sehingga angkanya menjadi 7,5 juta unit.

Perusahaan riset ini memperkirakan pengiriman HP lipat pada 2022 menyentuh angka 15,9 juta unit. Pada tahun 2026, DSCC memprediksi terdapat 51 juta unit HP lipat yang akan beredar ke pasar.

DSCC mengatakan bahwa Samsung Galaxy Z Flip3 dengan model clamshell akan menjadi HP lipat terlaris tahun ini. Samsung akan menjadi pemimpin pangsa pasar HP lipat dengan perolehan angka lebih dari 80 persen. Sementara itu, Huawei diprediksi dapat meraih pangsa pasar sebesar 10 persen.

Samsung Galaxy Z Flip3. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Flip3. (Samsung)

DSCC mengatakan bahwa Samsung pada tahun ini akan mendominasi pasar HP lipat dengan pangsa 83,9 persen (10,4 juta panel) naik dari 83,5 persen ( 3,2 juta panel) pada tahun 2020.

Sebagai informasi, beberapa spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3 5G termasuk chipset Snapdragon 888, layar Foldable Dynamic AMOLED 2X sebesar 6,7 inci Full HD+, cover display Super AMOLED 1,9 inci, dua kamera belakang (12 MP + 12 MP) dan kamera depan 10 MP.

HP lipat anyar dari Samsung ini mempunyai baterai 3300 mAh dengan dukungan fast charging 15 W. Dilihat dari spesifikasi di atas, Samsung Galaxy Z Flip3 memiliki dua layar yaitu layar utama sebesar 6,7 inci dan juga cover display 1,9 inci.

Berita Terkait