Gadget

Cara Merawat Baterai iPhone Agar Tahan lama

Ingin baterai iPhone tahan lama? Berikut ini cara merawatnya?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi iPhone 5. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Ilustrasi iPhone 5. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Hitekno.com - Berikut ini cara merawat baterai iphone agar tahan lama dan lebih awet tentunya, ikuti beberapa hal penting ini maka Iphonemu lebih awet.

Pasti kamu sudah tahu kan kalau ponsel iphone lebih boros baterai? Ya benar, iPhone memang dikenal sebagai ponsel yang boros dalam mengkonsumsi daya baterai. 

Sebagian besar iPhone harus diisi ulang setiap beberapa jam sekali. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan hingga membuat daya tahan baterai menurun yaitu menggunakan ponsel saat isi ulang daya baterai, sehingga akan membuat baterai ponsel kamu cepat panas karena bekerja keras dalam pengisian. Panas akibat penggunaan tersebut akan membuat iPhone cepat rusak.

Kamu tidak mau ponsel iphone kamu rusak kan? Untuk beberapa iPhone versi lebih baru terdapat fitur untuk menampilkan kesehatan baterai dan memberitahukan apabila baterai harus diganti. Nah, agar ponsel iphone kamu bisa tahan lama dan terhindar dari kerusakan. Inilah cara merawat baterai iphone yang harus kamu lakukan :

1. Selalu gunakan charger iPhone yang original

Hal utama yang paling penting tentang cara merawat baterai iPhone adalah dengan selalu menggunakan charger iphone original Apple. Charger original menjamin arus yang dialirkan ke baterai selalu stabil, jadi baterai iPhone kamu akan terisi dengan baik. 

Maka dari itu jika charger original iphone kamu sudah rusak atau hilang, kamu disarankan untuk membeli lagi charger original di toko yang sudah authorized Apple. Charger dan kabel yang bukan original iPhone biasanya tidak sesuai dengan voltase perangkat iPhone, sehingga perlahan-lahan menurunkan kesehatan bahkan sampai merusak baterai.

2. Jangan melakukan pengisian daya sampai iPhone mati

Jangan sampai baterai kamu sudah 5% baru kamu melakukan pengisian daya ya. Ponsel iPhone biasanya memberikan notifikasi saat daya baterai sisa 20%. Sebaiknya kamu segera lakukan pengisian daya saat menerima notifikasi tersebut. 

Jika menunggu sampai perangkat mati dulu, maka akan berpengaruh pada pengurangan sel baterai iPhone dan jika hal itu sering dilakukan, maka lama-lama sel baterai akan habis.

Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)

3. Jangan menggunakan iPhone sambil melakukan pengisian daya.

Sebaiknya kamu hindari menggunakan iPhone sambil melakukan pengisian daya. Hal ini menyebabkan mesin iPhone menjadi panas, IC charger, IC USB, dan pastinya baterai akan rusak karena memaksa iPhone bekerja lebih keras.

4. Usahakan untuk Menonaktifkan iPhone saat Dicas

Kamu disarankan untuk mengecas iPhone dalam keadaaan mati. Hal ini bertujuan agar suhu baterai iPhone tetap stabil ketika dicas, dengan demikian baterai iPhone akan awet tahan lama. Hal ini terbukti karena saat dicas baterai iPhone akan terisi dengan sempurna.

5. Jangan mengisi daya iPhone di mobil

Tegangan di mobil sangat tidak stabil sehingga dapat merusak baterai iPhone. Jika dalam keadaan terpaksa, sebaiknya lakukan pengisian daya pada mobil yang sudah dilengkapi dengan inverter.

6. Batasi pengisian daya iPhone menggunakan power bank

Power bank memang sangat membantu jika sedang dalam perjalanan dan daya baterai iPhone sudah habis. Namun, perlu diketahui bahwa power bank dapat membuat baterai iPhone menjadi lebih boros. 

Jadi, sebisa mungkin gunakan power bank untuk kebutuhan yang sangat mendesak dan bukan untuk mengisi baterai setiap harinya.

Ilustrasi iPhone. (pexels/Marc Mueller)
Ilustrasi iPhone. (pexels/Marc Mueller)

7. Jangan mengisi daya baterai iPhone sampai 100%

Membiarkan daya baterai iPhone terisi hingga 100% bisa menyebabkan daya tampung baterai perlahan-lahan menurun, membiarkan iPhone dengan kondisi daya penuh untuk waktu yang lama justru akan membuat baterai kehilangan sebagian kapasitasnya, dan berujung pada kekuatan baterai yang lebih pendek. Apple sudah menanamkan fitur pengoptimalan baterai di iOS 13 yang akan membatasi pengisian daya hanya sampai 80% saja.

8. Lepaskan casing tertentu saat mengisi daya iPhone

Mengisi daya perangkat iPhone saat tertutup casing tertentu dapat menumpuk panas secara berlebih yang berakibat pada kesehatan baterai. Jadi, selalu ingat untuk melepaskan iPhone terlebih dahulu dari casing-nya saat melakukan pengisian daya.

9. Jangan menyimpan iPhone dalam keadaan baterai kosong sepenuhnya.

Jika iPhone disimpan dalam keadaan baterai yang benar-benar kosong sepenuhnya, maka baterai iPhone bisa masuk ke keadaan pengosongan dalam yang bisa membuatnya tidak mampu menyimpan energi sama sekali. 

Jika ingin menyimpan iPhone dalam waktu yang lama, maka isilah daya ponsel tersebut hingga 50% setiap beberapa bulan sekali.

10. Jauhkan iPhone dari suhu lingkungan yang ekstrem

Perangkat iPhone dirancang untuk beroperasi dengan baik pada zona nyaman yang ideal. Produk iPhone bisa digunakan secara optimal dalam suhu 0° sampai 35° C (32° - 95° F). 

Sedangkan untuk ruang penyimpanan, direkomendasikan ada di suhu –20° sampai 45° C (–4° sampai 113° F). Kamu juga sangat tidak disarankan untuk menggunakan perangkat iPhone dengan suhu lingkungan lebih dari 35° C. Karena suhu di atas 35° C dapat merusak kapasitas baterai di iPhone secara permanen.

11. Optimalkan Pengaturan Brightness dan Low Power Mode

Silakan atur Brightness alias kecerahan layar senyaman yang kamu inginkan untuk membuat baterai tetap hemat di iPhone. Kamu juga bisa menggunakan pengaturan Auto-Brightness di perangkat iOS untuk membuat penyesuaian cahaya layar secara otomatis, sesuai dengan lingkungan sekitar. 

Low Power Mode adalah fitur baru di iOS 9 atau lebih baru yang dapat digunakan untuk menghemat penggunaan baterai di saat kamu perlukan. Dengan menggunakan Low Power Mode, iOS akan secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar, mengoptimalkan performa perangkat iOS dan mengurangi bagian animasi tampilan.

12. Lakukan Kalibrasi Baterai iPhone

Banyak yang belum tahu mengenai fitur kalibrasi baterai pada iPhone. Kalibrasi baterai adalah sebuah proses untuk mengkondisikan ulang baterai seperti saat masih baru dan membuat sistem operasi dapat membaca kapasitas baterai seperti seharusnya. Kalibrasi baterai iPhone sangat ampuh untuk mengatasi kurang sinkronnya hardware dan software iPhone.

Itulah cara merawat baterai iphone yang bisa kamu lakukan agar ponsel iphone kamu lebih tahan lama. Selamat mencoba !

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait