Gadget

Cara Menjadwalkan Zoom Meeting di HP dan Laptop, Lengkap

Ketahui cara menjadwalkan Zoom Meeting ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Allie)
Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Allie)

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara menjadwalkan Zoom Meeting untuk rapat online. Bisa kamu lakukan lewat laptop dan HP dengan mudah.

Hampir semua orang di belahan dunia kini menggunakan aplikasi meeting online ini untuk rapat, kelas, hingga sekadar berbincang dengan teman tongkrongan. Ada banyak aplikasi video telekonferensi tersedia, yang populer adalah Zoom Meetings.

Meski sempat menuai kontroversi soal keamanan data pengguna, aplikasi ini tetap menjadi pilihan untuk melakukan rapat online atau virtual.

Bahkan, aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Google di Google Play Store. Selain praktis, Zoom juga menyediakan fitur Schedule atau jadwal. Tentu hal ini bisa sangat membantu kamu yang memiliki jadwal yang padat.

Seperti namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat atau menjadwalkan rapat online atau virtual dengan waktu dan durasi yang telah ditentukan.

Menariknya, kamu bisa menggunakan fitur ini baik melalui desktop (PC/laptop) atau mobile (smartphone).

Berikut cara menjadwalkan Zoom Meeting yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Chris Montgomery)
Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Chris Montgomery)

Cara Menjadwalkan Zoom Meeting di Laptop

  1. Cara menjadwalkan Zoom Meeting pertama, kamu perlu mengunduh aplikasi Zoom di komputer, laptop, atau smartphone. Ketika unduhan selesai dan aplikasi telah terpasang, lalu buka aplikasi.
  2. Klik Schedule. Lalu kamu harus mengisi kotak dialog Schedule Meeting sesuai dengan topik, tanggal dan waktu mulai, durasi, serta data lainnya yang sesuai dengan meeting Anda. Kemudian, klik Save.
  3. Cara menjadwalkan Zoom Meeting lalu, pilih akun e-mail yang akan kamu gunakan sebagai host meeting. Jadwal online meeting pun akan tertera pada halaman utama aplikasi Zoom.
  4. Kamu hanya perlu klik Start ketika akan memulai rapat dan kamu dapat menghapusnya dengan klik titik tiga kemudian, klik Delete.
  5. Selama meeting berlangsung kamu dapat mengaktifkan suara, gambar (video), dan berbagi layar dengan audiens melalui fitur Share Screen. Perlu diingat bahwa aplikasi basic atau yang tidak berlangganan hanya dapat melakukan online meeting dengan durasi kurang dari 1 jam atau sekitar 30 – 45 menit saja setiap meeting. Apabila ingin melebihi durasi tersebut, maka Anda harus merogoh kocek untuk meng-upgrade akun ke versi Pro, Business, atau Enterprise.

Cara Menjadwalkan Zoom Meeting di HP

Bagi yang tidak sempat membuka PC atau laptop, kamu juga bisa menjadwalkan pertemuan virtual lewat aplikasi Zoom.

Aplikasi tersebut bisa diunduh di sini (Android) atau di sini (iOS). Caranya pun kurang lebih sama dengan versi PC.

  1. Cara menjadwalkan Zoom Meeting pertama, buka aplikasi tersebut dan klik tombol "Schedule".
  2. Kemudian, isi beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti nama ruangan, waktu, dan durasi meeting, serta preferensi lainnya.
  3. Apabila telah selesai mengatur jadwal meeting, klik tombol "Done" yang terletak di pojok kanan atas tampilan.
  4. Di halaman selanjutnya, kamu bisa membagikan detail ruangan tersebut kepada kerabat via e-mail atau platform lain dengan cara meng-klik tombol "Invite".
  5. Kamu juga bisa meng-klik tombol "Start" untuk memulai kegiatan meeting yang sudah terjadwal.
  6. Untuk memulai rapat, kamu hanya perlu meng-klik tombol "Start" di tampilan utama aplikasi Zoom pada hari selanjutnya.

Cara Join Meeting di Zoom

Setelah mengetahui cara menjadwalkan Zoom Meeting, kini saatnya kamu mengetahui cara memakai aplikasi Zoom, khususnya fitur instant meeting. Fitur ini sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan meeting virtual.

Agar kamu bisa bergabung ke dalam instant meeting Zoom, kamu perlu men-download aplikasinya terlebih dahulu di sini. Berikut cara-caranya.

  1. Langkah pertama untuk menggunakan instant meeting Zoom adalah dengan membuka aplikasi terlebih dahulu di desktop ataupun handphone.
  2. Langkah berikutnya adalah dengan memilih opsinya secara langsung. Kamu bisa langsung klik “Join Meeting” seperti yang sudah tertera di atas. Nantinya, kamu akan diarahkan untuk mengisi ID meeting agar dapat langsung bergabung.
  3. Tanpa memiliki akun, kamu sudah bisa langsung ikut bergabung ke dalam meeting online Zoom.

Kendati demikian, jika kamu ingin memiliki akun Zoom, kamu bisa melakukan sign up terlebih dahulu di laman yang sama.

Itulah cara cara menjadwalkan Zoom Meeting dengan mudah, baik di HP maupun laptop. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait