Gadget

Cara Setting APN XL, untuk HP Android dan iOS

Gunakan cara Setting APN XL berikut ini. Mudah kok.

Agung Pratnyawan

Logo XL Axiata. (XL Axiata)
Logo XL Axiata. (XL Axiata)

Hitekno.com - Beginilah cara Setting APN XL untuk koneksi internet yang cepat dan stabil buat kamu yang sering mengalami internet lambat atau lemot.Jaringan internet yang lambat pasti sangat menyebalkan ya? Bisa jadi kendala saat kamu browsing, nonton YouTube, streaming film, atau download. 

Jika kamu ingin memperoleh kecepatan dan kestabilan koneksi internet sesuai dengan yang kamu inginkan maka kamu perlu Setting APN XL pada HP kamu.

APN adalah Access Point Name. APN sangat penting untuk menyambungkan perangkat HP kamu dengan jaringan internet. Penggunaan APN yang tepat sesuai dengan layanan operator yang kamu gunakan bisa memberikan layanan internet terbaik dan paling aman.

Setting APN pada setiap operator atau penyedia layanan internet itu berbeda – beda, termasuk setting APN pada operator XL. PT XL Axiata Tbk, atau disingkat XL adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta ketiga yang menyediakan layanan telepon seluler GSM di Indonesia.

Setting APN XL bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa harus datang ke Gerai XL. Apabila kamu melakukan Setting APN XL dengan cara yang tepat pada HP kamu maka kamu tidak akan mengalami gangguan koneksi internet lagi.

Nah untuk melakukan Setting APN XL di hp android kamu bisa ikuti langkah - langkah berikut ini :

  1. Buka menu pengaturan ( setting ) pada HP android kamu
  2. Setelah masuk ke menu pengaturan ( setting ), pilih opsi Mobile Network
  3. Lalu Masuk ke menu setting SIM Card yang berisi operator XL
  4. Pilih menu Advance
  5. Kemudian pilih opsi APN ( Access Point Names )
  6. Klik simbol “+” yang berada di pojok kanan atas atau menu NEW APN, Setelah itu kamu bisa mengedit isinya dengan memasukkan APN XL baru kamu
  7. Apabila sudah selesai memasukan APN XL yang cocok dengan jaringan internet kamu, lali klik Save
  8. Selesai ! sekarang setting APN XL pada HP android kamu sudah berhasil

Jangan lupa, pastikan untuk mengikuti langkah - langkah di atas dengan benar, karena kesalahan dalam melakukan setting APN XL bisa menyebabkan HP android kamu tidak terhubung pada jaringan internet.

Sementara jika kamu pengguna HP dengan sistem iOS, untuk cara setting APN XL kamu bisa mengikuti langkah - langkah berikut ini :

  1. Masuk ke menu Pengaturan ( Settings ) pada ponsel iOS kamu
  2. Setelah itu kamu pilih menu Cellular
  3. Klik menu Cellular Data Options
  4. Setelah muncul dialog lanjutan, pilih menu Cellular Data Network
  5. Kemudian pilih opsi APN ( Access Point Names )
  6. Pada bagian ini kamu bisa memasukan dan mengatur APN XL baru kamu yang sesuai dengan jaringan internet kamu
  7. Jika sudah klik save
  8. Sekarang proses setting APN XL kamu sudah selesai

Itu dia cara Setting APN XL pada Android dan iOS dengan mudah. Sekarang jaringan internet kamu sudah cepat dan stabil kan ? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait